Ayo Ke Bali



PENDAHULUAN

A.    LATAR  BELAKANG
Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang mempunyai beragam budaya, tradisi dan adat istiadat yang khas. Di setiap rumah di Bali terdapat tempat ibadah yang berada di depan rumah penduduk. Penduduk melakukan ritual tersebut secara rutin.  Di Bali juga terdapat adat istiadat yang sangat mencolok yaitu upacara ngaben atau upacara pembakaran mayat. Tidak semua penduduk melakukan upacara tersebut, seringnya dilakukan oleh orang-orang atau keluarga kaya dan keturunan bangsawan.
Mayoritas agama di Bali adalah Hindu, sebagiannya beragama Islam dan Budha. Bali terbagi menjadi 52 kecamatan, yang terdiri dari 8 Kabupaten dan 1 kota Madya yaitu Denpasar. Bali terkenal dengan apresiasi masyarakatnya yang tinggi terhadap karya seni, di antaranya: seni patung, seni pahat, seni lukis, seni musik dan tarian tradisional. Bali disebut juga Pulau Seribu Pura atau Pulau Seribu Candi, karena pura atau candi ditemukan di semua tempat, di pintu gerbang desa, di depan kantor-kantor pemerintah, bahkan di depan rumah penduduk.
Terlepas dari perkembangan dunia modern, namun masyarakatnya mampu menjaga kelestarian dan kelangsungan budaya, keyakinan dan tradisi mereka dalam keasliannya masyarakat Bali. Demikian juga berhubungan dengan pariwisata, Bali merupakan tujuan wisata paling utama dan paling diminati, keindahan alam di Bali dapat berupa pantai, pegunungan, danau dan masih banyak lagi.

B.     TUJUAN STUDY TOUR
Sasaran utama karya tulis adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa-siswi SMA Negeri 1 Nalumsari. Tujuan dari karya tulis antara lain:
1.      Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang kesenian kebudayaan dan adat istiadat di Bali.
1
2.      Untuk melengkapi Tugas karya Tulis Bahasa Indonesia.
3.      Sebagai proses belajar mengajar semester genap untuk mengenal alam dan kebudayaan Indonesia khususnya Bali.
4.      Sebagai sarana rekreasi dan refresing.
5.      Untuk merefresingkan otak, sebelum latihan ulangan semester genap atau ulangan kenaikan kelas.

C.    MANFAAT STUDY TOUR
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di Pulau Bali, maka siswa memperoleh manfaat, antara lain:
1.      Menambah wawasan tentang kebudayaan adat istiadat di Bali.
2.      Siswa dapat mengetahui dan mengenal berbagai obyek wisata di Bali.
3.      Siswa dapa mengetahui dan mengenal berbagai kekayaan alam.
4.      Memperoleh pengetahuan tentang keunikan di  Bali.
5.      Siswa dapat dengan mudah menyusun karya tulis study tour yang dilaksanakan di Bali.















BAB II
TEMPAT WISATA DI BALI

A.   TANAH LOT
Tanah Lot adalah sebuah obyek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar.Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing miring dengan Pura Uluwatu.  Pura Tanah Lot ini merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabana. Di sebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut.Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung).Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini.
Dari tempat parkir menuju ke area pura banyak ditemui art shop dan warung makan atau sekedar kedai minuman. Juga tersedia toilet bersih yang harga sewanya cukup murah untuk kantong wisatawan domestik sekalipun.
Hari Raya Odalan atau hari raya di Pura ini diperingati setiap 210 hari sekali, sama seperti pura-pura yang lain. Jatuhnya dekat dengan perayaan Galuangan dan Kuningan yaitu tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir. Saat itu, orang yang sembahyang akan ramai bersemahyang di Pura ini.





3
 
B.   PANTAI KUTA
Kuta yang terletak di bagian selatan pulau Bali, merupakan salah satu cikal bakal perkembangan pariwisata Bali.  Dulunya tempat ini merupakan perkampungan nelayan Bali dan seiring berkembangnya pariwisata Indonesia dan Bali khususnya, penduduk lokal mulai menyewakan rumah pribadi untuk disewakan sebagai tempat penginapan. Sekarang kawasan Kuta telah berkembang  menjadi ikon pariwisata Bali atau lebih dikenal dengan sebutan International city karena merupakan tempat bertemunya wisatawan dari seluruh dunia dan juga wisatawan lokal.  Dilihat dari segi fasilitas Kuta memiliki fasilitas yang lengkap.  Penginapan atau hotel, restoran, spa dan pendukung pariwisata lainnya banyak terdapat di sini.
Pantai Kuta merupakan tempat wisata yang banyak dipilih untuk menghabiskan liburan selama di Kuta.Pantai dengan pasir putih ini dipilih sebagai tempat olahraga surfing dan juga sangat cocok untuk tempat bersantai sambil menantikan indahnya sunset pantai Kuta.Tidak salah ribuan wisatawan selalu memadati pantai ini.

C.      PASAR SUKOWATI
Pasar Seni Sukawati Gianyar Bali merupakan tempat dijualnya barang-barang seni khas Bali sehingga cocok dijadikan oleh-oleh Bali untuk teman, saudara, atau sanak keluarga kita. Barang-barang yang dijual cukup menarik dan harganya pun miring. Mulai dari sandal manik-manik, celana pendek khas Bali,  pakaian,  batik,  tas, lukisan,  patung kayu, bed cover,  alat-alat rumah tangga sampai pernak-pernik dan perhiasaan dijual disini.
Bagi yang punya keahlian menawar, disini jangan takut menawar, penjual tidak akan marah kalau kita menawar dengan harga rendah. Sepasang sandal manik-manik kalau kita pandai menawar bisa kita beli seharga sepuluh ribu rupiah. Bahkan dalam tawar menawar disarankan untuk menawar sepertiga dari harga jual….wow…
Pasar Seni Sukawati ini terletak di daerah Gianyar tidak jauh dari daerah Ubud, waktu tempuh 1 jam dari Kuta atau 1,5 jam dari Bandara Ngurah Rai Bali dengan perjalanan darat.
Bila merasa kurang puas dengan harga yang sedang dinegoisasi, jangan takut untuk meninggalkan si penjual. Selama harga tersebut masih menghasilkan untung bagi si penjual, pasti kita akan dipanggil kembali. Barang yang paling laku biasanya sandal, pakaian, dan barang-barang seni khas Bali.

Kalau mau belanja, sebaiknya pagi hari.  Karena pada pagi hari sekitar pukul 08.00–10.00, para penjualnya baru selesai sembahyang. Nah menurut kepercayaan mereka, apabila berhasil jualan di pagi hari, maka akan mendatangkan kelarisan untuk jam-jam kedepannya. Hal ini biasa disebut sebagai “Penglaris”.
Pasar Seni Sukawati telah berdiri dari tahun delapan puluhan (80-an).  Buka jam delapan pagi sampai jam enam sore.Kecuali hari Galungan dan Nyepi, Pasar Sukawati buka setiap hari dan biasanya ramai pada hari Minggu atau hari libur.
Pasar ini mudah dijangkau karena teletak di jantung kota dibandingkan dengan Pasar Seni Sukowati yang menjauhi kota Denpasar sekitar 20 km. Jika kita berlibur di Bali memang hampir terdapat di sepanjang jalan yang kita lalui. Display kerajinan yang dapat dari jalan menunjukkan barang apa yang dapat kita peroleh. Pemandangan seperti ini lazim kita jumpai sewaktu kita menyusuri jalanan ramai di Kuta, daerah tenang di Sanur, ataupun ketika berada di Ubud yang tentram.
Jika Anda menginginkan beberapa jenis kerajinan, untuk menghemat waktu tak ada salahnya jika langsung datang ke art shop atau pasar seni yang lengkap dalam menyediakan aneka kerajinan Bali, belum lengkap rasanya bila belum mengujungi pasar Seni Sukowati.

D.      SANGEH
Taman Wisata Alam Sangeh, mungkin memang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, padahal Sangeh terletak di sebuah pulau terkenal di Indonesia yaitu Bali. Taman Wisata Alam Sangeh terletak di Desa Sangeh, Badung, Bali, sekitar 20 km dari Denpasar.
Taman Wisata Alam Sangeh memiliki pesona wisata hutan yang banyak dihuni oleh ratusan kera.Kera-kera  Sangeh dahulu memang dikenal sangat liar dan seringkali mengganggu para pengunjung. Kera Sangeh juga dikenal sangat jahil, karena seringkali mengambil barang-barang pengunjung yang akan dikembalikan bila kera-kera tersebut diberi sepotong makanan. Namun sekarang kera Sangeh tidak lagi seliar dan sejahil dahulu, karena sekarang kera-kera tersebut telah diurus dengan baik.
Kera Sangeh juga memiliki beberapa kelompok yang masing-masing kelompok memiliki satu pemimpin. Namun kelompok-kelompok tersebut memilki pimpinan teringgi atau bisa dibilang raja dari seluruh raja kera yang ada di Sangeh. Pemimpin tertinggi ini berdiam di tempat yang paling luas di.  Ditempat raja kera ini tinggal terdapat sebuah Pura Yang sangat terkenal kesakralannya yaitu Pura Bulit Sari.
Entah bagaimana caranya, pemimpin kera dipilih karena memiliki kekuatan dan kharisma yang sangat luar biasa.  Bahkan mereka memiliki hak-hak yang lebih dibanding kera lainnya, seperti saat mengawini kera betina atau saat mendapat jatah makanan. Bisanya raja kera akan mendapat jatah pertama sampai ia puas, sebelum memberikan jatah tersebut pada kera-kera lain.
Sebagian besar kawasan hutan wisata ini, menjadi tempat bermukim kera, hanya sebagian kecil saja yang dimanfaatkan para pengusaha untuk membuat beberapa kios tempat menjual beraneka ragam cinderamata.

E.      JOGER
Bagi anda yang sudah pernah berkunjung ke Bali, pasti tidak asing mendengar kata JOGER. Ya, salah satu pusat oleh-oleh atau tempat wisata belanja di Bali ini memang unik.  Joger dahulu hanyalah sebuah toko atau sejenis galeri yang menjual berbagai barang-barang seni dan batik dengan nama toko "Art & Batik Shop Joger. Namun kini Joger menjelma sebagai salah satu tempat wisata belanja yang wajib dikunjungi bila anda ke Bali.
Kata Joger diambil dari perpaduan dari nama sang pemilik yaitu Joseph Theodorus Wulianadi dengan sahabat karibnya yang bernama Mr.Gerhard Seeger dimana yang huruf E-nya dibaca seperti kata "Enak" atau pada kata "Ekonomi".Toko Joger pada awalnya lahir pada tanggal 19 Januari 1981 dengan bantuan dari si sahabat karib yang menghibahkan uang sebesar US$ 20.000 sebagai hadiah pernikahan si pemilik Joger sekarang yaitu Joseph Theodorus Wulianadi.
Dulu Joger dikenal dengan embel-embel Pabrik Kata-kata Joger, entah mulai kapan slogan itu berganti menjadi Pusat Tolah-Toleh Khas Bali.  Lokasinya yang mudah dijangkau yaitu di Jl.Raya Kuta (tanpa nomor) dekat dengan bandara Ngurah Rai, membuat Joger sangat dikenal baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan sebagian orang bilang "tidak ke Bali namanya jika tidak membawa oleh-oleh dari Joger".
Di Joger Barang yang dijual pun beraneka ragam bahkan banyak yang unik. Selain T-Shirt sebagai komoditi utamanya, topi, tas, gantungan kunci, sandal, ada juga barang-barang unik yang mungkin tidak ada ditempat lain misalnya jam mundur, sandal raksasa, dan lainnya.  Dari segi bangunan memang joger tidak terlalu luas dan tidak jarang sering menimbulkan kemacetan disana karena banyaknya mobil atau motor yang ingin berbelanja disana.
Untuk parkir motor digratiskan, kalau mobil saya kurang tahu.  Sebelum memasuki area dalam toko kita akan diperiksa barang bawaan beserta tubuh kita dengan Metal Detector dan X-Ray layaknya hotel bintang lima, tapi maklum di Bali akhir-akhir ini sering menjadi sasaran teroris.  Masuk ke dalam kita akan melihat banyak produk seperti sandal, tas, pernak-pernik buat anak kecil, hiasan-hiasan meja dan sejenisnya.
Agak kedalam kita memasuki ruangan selanjutnya, dengan dipisahkan sebuah kolam ikan mini dan baju kita akan ditempeli sticker yang bertuliskan VIP, kita bisa menikmati ruangan selanjutnya yang berisi mayoritas kebutuhan sandang, baik berupa celana, baju, T-Shirt, topi, jaket, tas yang harganya relatif lebih mahal dari ruangan yang pertama.Di ruangan ini juga terdapat ruangan khusus untuk memajang barang-barang super mahal dan ruangan untuk barang-barang khusus anak-anak.
Keunikan lainnya di Joger adalah kita akan mendapatkan diskon 10%, bila kita waktu belanja bertepatan dengan tanggal ulang tahun kita.  Didalam sana anda akan sering mendengar slogan Joger terbaru yaitu "Belanja Tidak Belanja Tetap Thank You".Mohon diperhatikan juga bila anda berbelanja disana pada waktu Peak Season agar lebih hati-hati dengan barang bawaan anda karena pada saat-saat itu Joger dipenuhi para wisatawan yang ingin berbelanja bahkan untuk jalan pun sangat sulit karena penuh sesak.  Jadi jika anda ingin berbelanja di Joger, siapkan kantong anda yang tebal karena sesampainya disana anda pasti akan ingin membeli semua yang ada.
Kalau anda sudah pernah ke Bali, tapi belum pernah ke tempat yang terkenal ini.  Berarti ada yang belum lengkap dengan jalan-jalan anda di Bali. Ya, Joger kini telah menjadi pilihan banyak wisatawan lokal yang sedang berlibur di pulau cantik ini.  Joger : pabrik kata-kata. Tidak salah memang banyak orang menyebutnya begitu. T-shirt yang diproduksi Joger memang berisi kata-kata yang lucu, “nyeleneh”, nakal dan membuat orang menjadi penasaran akan maknanya. Kenapa namanya Joger sih? Menurut pemiliknya, Joseph Theodorus Wulianadi, yang cukup lama tinggal di Bali dan pernah berprofesi sebagai tour guide ini, nama Joger diambil dari gabungan namanya sendiri dan sahabatnya “Gerard”. Modal untuk memulai usaha ini didapat dari hadiah pernikahan Bapak Joseph di tahun 1981 dari Bapak Gerard.  Kini tiap musim liburan atau minggu, toko  T-shirt yang satu ini selalu ramai dan bikin macet kawasan jalan Raya Kuta, belakang Supernova. Oh ya letaknya itu sangat strategis dekat dengan pusat keramaian Kuta, cuma kadang-kadang masalahnya parkir mobil yang susah, apalagi kalau musim liburan. So, tertarik untuk membawa pulang oleh-oleh dari Joger?Jangan lewatkan jalan-jalan anda di Bali tanpa ke Joger.

F.       BEDUGUL
Bedugul merupakan salah satu tempat/objek wisata Bali yang menawarkan keindahan alam pegunungan dan danau.  Tempatnya yang tinggi membuat daerah ini selalu diselimuti kabut dan berhawa dingin. Daerah Bedugul adalah bagian dari kabupaten Tabanan dan berjarak kurang lebih 70 km atau 2,5 jam dari Bandara Internasional (Airport) Ngurah Rai.
Ada beberapa tempat/objek wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan, apa saja itu?
1. Objek wisata Danau Beratan
Danau Beratan merupakan salah satu objek wisata di Bedugul yang sayang kalau Anda lewatkan. Cuaca yang sejuk di siang hari membuat Anda merasa nyaman untuk menikmati pemandangan di sekeliling danau Beratan.  Untuk menikmati pemandangan di sekeliling danau, Anda bisa menyewa kapal boot dan sampan.Sangat cocok bagi Anda dan keluarga atau bersama pasangan Anda untuk menikmati keindahan alam di sekitar danau Beratan.
Danau Beratan terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar – Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata pulau Bali.Disamping mudah dijangkau Danau Beratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai.
Di tengah danau terdapat sebuah Pura yaitu Pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan.

2. Objek Wisata Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali
Surga…itulah kesan pertama ketika Anda menginjakkan kaki di Kebun Raya Eka Raya. Rasa penat, capek, stres, atau rasa beban berangsur-angsur akan hilang bila sudah memasuki area kebun raya Eka Karya ini. Lokasinya tidak jauh dari Danau Beratan, sekitar 2 km. Jarak tempuh sekitar 2 jam atau 70 km dari Denpasar atau 40 km dari Singaraja dengan perjalanan darat. Untuk masuk ke wilayah kebun raya Eka Karya, Anda akan dikenakan tarif. Berdasarkan PP RI No. 75/2007, tarif masuknya adalah :
1. Tiket pengunjung/orang  :  Rp. 7.000,-
2. Tiket parkir roda 2  :  Rp. 3.000,-
3. Tiket parkir roda 4  :  Rp. 6.000,-
4. Tiket parkir roda 6  :  Rp. 12.000,-
5. Tiket mobil masuk  :  Rp. 12.000,-
Tarif sudah termasuk asuransi PT. Jasaraharja Putera dan kontribusi ke Pemda Tabanan.
Kebun ini didirikan pada 15 Juli 1959, pada awalnya Kebun Raya Eka Karya Bali hanya diperuntukkan bagi tumbuhan jenis coniferae.Seiring dengan perkembangan dan perubahan status serta luas kawasannya, kebun yang berada pada ketinggian 1.250 – 1.450 mdpl ini kini menjadi kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia. Luas kawasan Kebun Raya semula hanya 50 ha, tetapi saat ini luas kebun raya menjadi 157,5 ha.

G.   ISTANA TAMPAKSIRING
Istana Kepresidenan Tampaksiring berdiri atas prakarsa Presiden I Republik Indonesia, Soekarno, sehingga dapat dikatakan Istana Kepresidenan Tampaksiring merupakan satu-satunya istana yang dibangun pada masa pemerintahan Indonesia.
            Pembangunan istana dimulai taun 1957 hingga tahun 1960. Namun, dalam rangka menyongsong kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN XIV (ASEAN Summit XIV) yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Oktober 2003, Istana Tampaksiring menambahkan bangunan baru berikut fasilitas - fasilitasnya, yaitu gedung untuk Konferensi dan untuk resepsi. Selain itu, istana juga merenovasi Balai Wantilan sebagai gedung pagelaran kesenian.
            Istana Kepresidenan Tampaksiring dibangun secara bertahap. Arsiteknya ialah R.M Soedarsono. Yang pertama kali dibangun adalah Wisma Merdeka dan Wisma Yudhistira, yakni pada tahun 1957. Pembangunan berikutnya dilaksanakan tahun 1958, dan semua bangunan selesai pada tahun 1963. Selanjutnya, untuk kepentingan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN XIV, yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 7-8 Oktober 2003, Istana dibangun gedung baru untuk Konferensi beserta fasilitas-fasilitasnya dan merenovasi Balai Wantilan. Kini Tampaksiring juga memberikan kenyamanan kepada pengunjungnya (dalam rangka kepariwisataan) dengan membangun pintu masuk tersendiri yang dilengkapi dengan Candi Bentar, Koro Agung, serta Lapangan Parkir berikut Balai Bengongnya.
            Sejak dirancangnya / direncanakan, pembangunan Istana Kepresidenan Tampaksiring difungsikan untuk tempat peristirahatan bagi Presiden Republik Indonesia beserta keluarga dan bagi tamu-tamu negara. Usai pembangunan istana ini, yang pertama berkunjung dan bermalam di istana adalah pemrakarsanya, yaitu Presiden Soekarno. Tamu Negara yang bertama kali menginap di istana ini ialah Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand, yang berkunjung ke Indonesia bersama permaisurinya, Ratu Sirikit (pada tahun 1957).
            Menurut catatan, tamu-tamu negara yang pernah berkunjung ke Istana Kepresidenan Tampaksiring, antara lain adalah Presiden Ne Win dari Birma ( sekarang Myanmar), Presiden Tito dari Yugoslavia, Presiden Ho Chi Minh dari Vietnam, Perdana Menteri Nehru dari India, Perdana Menteri Khruchev dari Uni Soviet, Ratu Juliana dari Negeri Belanda, dan Kaisar Hirihito dari Jepang.













BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dengan reputasi sebagai salah satu dari obyek wisata terindah dan terkenal di Asia, Bali menarik hampir 1.000.000 pengunjung tiap tahun dari seluruh dunia. Keadaan geografis  Pulau Bali terletak antara dua pulau yaitu Jawa dan Lombok, dan Bali hanya merupakan pulau kecil di Indonesia tetapi memiliki sejuta keindahan yang tak dimiliki oleh pulau lain.
Kehidupan di Bali sangat erat dengan perkumpulan desa-desa, petani dan suatu kesenian yang kreatif dalam komunitas yang jelas, meskipun pemerintah daerah sangat peduli masalah pendidikan, kesehatan, rumah sakit dan sederhana, dimana akar kebudayaan masyarakat Bali selama berabad-abad lalu sebagai pedoman.
Sebagian besar masyarakat Bali beragama Hindu, kepercayaan mereka sangat berbeda dengan kepercayaan Hindu yang berkembang di India. Mereka memiliki sistem kasta, tetapi ada sentuhan dan aliran yang dilaksanakan pemerintah dengan tanpa kasta.Meskipun masyarakat Bali mempercayai Hindu tri tunggal yaitu Brahma, Shiva dan Wisnu.  Itu semua merupakan aliran dari Dewa tertinggi Sanghyang Widhi. Dewa-dewa masyarakat India lain seperti Ganesh (Gajah – Dewa tertua) selalu dipuja dan banyak dewa yang lain serta roh-roh yang dipercayai masyarakat Bali.
Semua keunikan budaya Bali tersebut yang membuat suatu gebrakan baru dalam dunia pariwisata sebagai ajang tontonan sekaligus mampu menggugah jiwa para seniman untuk mengekspresikan karya-karyanya dengan keindahan Pulau Bali sebagai obyek yang sempurna.

B.     SARAN
13
Dalam setiap melakukan sesuatu, pasti ada kekurangan dan kelebihan tersendiri. Begitu juga saat study tour dan saat peenulisan laporan study tour ini. Penyusun sangat senang dan puas setelah mengunjungi obyek wisata yang ada di Bali secara langsung yang biasanya hanya dapat di saksikan di layar televisi. Tetapi ada beberapa kritik dan saran dari para siswa peserta study tour, antara lain:
1.      Sebaiknya setiap guru pembimbing supaya lebih tegas dalam member tahu informasi kepada para siswa, supaya tidak mengulur-ulur waktu dan tidak banyak waktu yang terbuang untuk hal-hal yang tidak penting.
2.      Antara siswa dengan biro kepariwisataan lebih ditingkatkan agar siswa lebih paham.
Bagi pemerintah Provinsi Pulau Bali, dengan adanya obyek wisata yang semakin maju, maka diharapkan dapat memberikan manfaat dalam perannya sebagai sumber devisa Negara. Adapun saran-saran yang disampaikan oleh penulis adalah sebagai berikut :
1.      Membangun fasilitas-fasilitas umum yang lebih dekat dengan obyek wisata sehingga mempermudah para pengunjung untuk menjangkaunya.
2.      Untuk kemajuan obyek-obyek pariwisata diharapkan adanya kerja sama yang baik antara biro wisata dengan pengelola tempat-tempat wisata.











DAFTAR PUSTAKA
Wikipedia.com
Zulkarnain, 30 Mei 2009, dokumen karya wisata Bali, Scribd, http://www.scribd.com/document_downloads/direct/17672025?extension=doc&ft=1275106898<=1275110508&uahk=i+/0h0uVdCOdIz5BQv2JZp6OYK4, diakses 26 Mei 2010

Artikel non-personal, 2009, joger bali, Docstoc, http://docs.docstoc.com/orig/2135919/8a862180-035c-4127-840d-5c917cd966f3.doc, diakses 26 Mei 2010
















LAPORAN STUDY TOUR KE BALI

MENGENAL DARI  DEKAT KONDISI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT PULAU BALI SEBAGAI PULAU WISATA INTERNASIONAL


Karya Tulis
Disusun Untuk Memenuhi
Salah Satu Tugas Sebagai Syarat Menempuh
Ujian Nasional (UN) & Ujian Sekolah (US)
SMA Negeri 1 Nalumsari











Disusun Oleh

 Nama     : 1.  Puspita Maya Ningrum (20)
                  2.  Yuna Ningsih (37)
Kelas      :  XI IPA1



SMA NEGERI 1 NALUMSARI
JL. RAYA NALUMSARI – KECAMATAN NALUMSARI
KABUPATEN JEPARA

HALAMAN PENGESAHAN

"Mengenal Dari Dekat Kondisi Sosial Pulau Budaya Masyarakat Pulau Bali Sebagai Pulau Wisata Internasional".


Telah di setujui dan disahkan pada tanggal........
Jepara,       Juli 2013




Guru Pembimbing I

( Ainur Rofiq, S.Pd. )
Guru Pembimbing II

( ……………………………… )



Mengetahui

Kepala SMA Negeri 1 Nalumsari


( Drs. Nor Kholiq, S.Pd. )


ii
 
MOTTO

Ø  Allah menginginkan orang yang beriman diantara kamu & orang-orang yang diberi pengetahuan berapa derajat.
Ø  Dan bersama kesukaran pasti ada kemudahan. Karena itu bila selesai suatu tugas mulailah tugas yang lain dengan sungguh-sungguh. Hanya kepada Tuhanmu hendaknya kau berharap.























iii
 
KATA PENGANTAR

Dengan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufik dan hidayah-Nya, sehingga Laporan Karya Wisata ke Pulau Bali ini dapat terselesaikan.
Karya wisata ke Pulau Bali ini sangat diperlukan karena bisa memotivasi seluruh siswa agar lebih bisa memahami arti budaya di setiap daerah. Di dalam buku ini juga terdapat penanaman akan nilai-nilai edukasi dan estetika yang berakar pada tradisi budaya bangsa. Hal ini juga sangat berguna bagi siswa dalam proses penanaman jati diri bangsa. Oleh karena itu, adanya laporan karya tulis ke Pulau Bali ini bisa menunjang motivasi siswa.
Penulis menyadari bahwa sebagai manusia yang memiliki keterbatasan,  tentu hasil karya ini tidak luput dari kesalahan. Sesuai kata pepatah "TiadaGading Yang Tak Retak" dan sesuai kata orang bijak, tiada yang sempurna dalam hidup. Dengan segala kerendahan hati Penulis mohon kritik dan saran yang bisa membantu memperbaiki kesalahan yang ada pada laporan karya tulis ini.
Dan atas kritik dan sarannya, Penulis ucapkan banyak terima kasih. Dengan upaya dan semangat meningkatkan ilmu pengetahuan. Semoga karya Penulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amien............


Nalumsari,    Juli 2013

Penulis






iv
 
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………….           i
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………..           ii
MOTTO ………………………………………………………………….        iii
KATA PENGANTAR …………………………………………………..         iv
DAFTAR ISI …………………………………………………………….          v
BAB I  PENDAHULUAN ………………………………………………          1
A.   Latar Belakang ………………………………………………………         1
B.   Tujuan Study Tour …………………………………………………..         1
C.   Manfaat Study Tour …………………………………………………         2
BAB II  TEMPAT WISATA DI BALI ………………………………….          3
A.   Tanah Lot ……………………………………………………………         3
B.   Pantai Kuta …………………………………………………………..         4
C.   Pasar Sukowati ……………………………………………………….        4
D.   Sangeh ………………………………………………………………..        6
E.    Joger ………………………………………………………………….        7
F.    Bedugul ………………………………………………………………        9
G.   Istana Tampak Siring …………………………………………………     11
BAB III  PENUTUP ………………………………………………………     13
A.   Kesimpulan ……………………………………………………………    13
B.   Saran …………………………………………………………………..    13
DAFTAR PUSTAKA







v
 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

TUGAS AKHIR PROGRAM

WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA