SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik Pembahasan                              : Topik bebas
B.     Bidang Bimbingan                              : Pribadi,Sosial, dan Belajar
C.     Jenis Layanan                                     : Layanan Bimbingan Kelompok
D.    Fungsi Layanan                                  : Pemahaman dan Pencegahan
E.     Tujuan Layanan                                  :
-          Siswa mampu/berani mengutarakan pendapat, ide dan saran.
-          Siswa mampu membahas dan memahami permasalahan yang muncul dan mencari solusinya
F.      Sasaran Layanan                                 : Siswa SMA 1 Gebog kelas X-8
G.    Uraian Kegiatan & Materi Layanan   :
1.      Kegiatan  Praktikan                      :
a.       Tahap I (Tahap Awal/Pembentukan)
-            Mempersiapkan calon anggota kelompok
-            Membentuk kelompok agar dinamika kelompok berkembang
-            Salam
-            Berdoa
-            Menjelaskan beberapa hal yang akan dikaji dalam bimbingan kelompok (arti/tujuan bimbingan kelompok, cara pelaksanaan, dan azas yang digunakan)
-            Perkenalan
b.      Tahap II (Tahap Peralihan)
-            Menjelaskan kembali bimbingan kelompok
-            Membangkitkan siswa mengemukakan pendapat sebagai topik
-            Menetapkan topik yang akan dibahas
c.       Tahap III (Tahap Kegiatan)
-            Bersama anggota kelompok, membahas topik yang ditetapkan
-            Selingan berupa permainan

d.      Tahap IV (Tahap pengakhiran)
-            Membacakan kesimpulan hasil diskusi
-            Meminta kesan-kesan kepada peserta kelompok dan mengadakan kontrak kemungkinan pertemuan berikutnya
-            Do’a
-            Salam
2.      Kegiatan Siswa                             :
a.       Tahap I
-            Memperkenalkan diri
-            Menciptakan suasana kelompok yang dinamis
b.      Tahap II
-            Memperhatikan penjelasan pimpinan kelompok dan bertanya jika kurang jelas
-            Aktif mengemukakan pendapat
c.       Tahap III
-            Aktif membahas pendapat anggota kelompok
-            Berusaha mengembangkan pikiran, usul, saran dan memberikan alternatif jalan keluar pemecahan masalah
d.      Tahap IV
-            Mendengarkan pembacaan hasil diskusi
-            Menyampaikan kesan-kesan
3.      Materi Layanan                             :
-            Materi umum yang muncul dari anggota kelompok
H.    Metode                                                : Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
I.        Tempat penyelenggaraan                    : Aula
J.       Waktu, hari, tanggal                           : 2x45 menit, Rabu, 3 Oktober 2012
K.    Penyelenggara layanan                       : Farida Azza Wakhidah (Praktikan )
L.     Pihak yang disertakan                         : Purwaningsih, S.Pd. (Guru Pembimbing)
M.   Alat dan perlengkapan yang digunakan         :
-          Alat tulis untuk mencatat

N.    Rencana penilaian dan tindak lanjut   :
-          Mengamati antusias dan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok
-          Kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan memberikan respon
O.    Keterkaitan layanan ini dengan layanan pendukung  :
-          Himpunan data
-          Aplikasi instrumentasi
P.                                                                                                                                 Catatan khusus                                  : Layanan ini akan berhasil, jika terjadi dinamika
  kelompok yang hidup


Kudus , 3 Oktober 2012

Pembimbing                                                                                   Praktikan
 
Purwaningsih, S.Pd.                                                                     Farida Azza Wakhidah
     NIP. 19830405 200903 2 009                                                       NIM. 2009-31-241


Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan


Gudnanto, S.Pd. Kons
            NIDN. 0610107903





LAPORAN
PELAKSANAAN DAN EVALUASI, ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


A.    Pokok Permasalahan                           : Masalah Pribadi
B.     Spesifikasi Bimbingan
1.   Bidang Bimbingan                        : Pribadi dan Sosial
2.   Jenis Layanan                               : Layanan Bimbingan Kelompok
3.   Fungsi Layanan                            : Pemahaman dan Pencegahan
4.      Sasaran Layanan                           : Siswa kelas X-8 SMA 1 Gebog Kudus
                                                         (Sebanyak 10 siswa), antara lain:
1.    PW2012033          6. PW2012038
2.    PW2012034          7. PW2012039
3.    PW2012035          8. PW2012040
4.    PW2012036          9. PW2012041
5.    PW2012037          10. PW2012042
C.     Pelaksanaan Layanan 
1.      Waktu, hari, tanggal                     : 2x45 menit, Rabu, 3 Oktober 2012
2.      Tempat                                          : Aula
3.      Deskripsi dan komentar tentang pelaksanaan layanan :
-          Siswa aktif dan antusias mengikuti layanan bimbingan kelompok
-          Proses layanan berjalan lancar dan peserta bimbingan kelompok hadir semua
-          Siswa dalam menyampaikan permasalahan masih kurang tegas dan terkesan malu-malu, tetapi dalam membahas masalah cukup bagus telah mengenal pada pemecahan masalah
-          Ada 10  permasalahan yang muncul, yakni :
a) Ada masalah dengan teman sekelas
b) Kurang pergaulan
c) Listrik sekolah sering padam sehingga pelajaran terganggu
d) Kurang suka dengan pelajaran fisika
e) Rumah kejauhan
f) Kurang berkonsentrasi dalam belajar
g) Jenuh di kelas
h) Suasana kelas kurang kondusif
i) Suasana kelas panas
j) Guru terlalu protektif pada siswa
Dari ke-10 topik tersebut yang telah disepakati untuk dibahas bersama dalam bimbingan kelompok adalah : “Kurang  Berkonsentrasi Dalam Belajar”
D.    Evaluasi
1.      Cara-cara penilaian                       :
-          Mengamati keaktifan dan antusias siswa selama kegiatan berlangsung
-          Mengamati kemampuan siswa dalam mengutarakan pendapat, ide dan saran serta kemampuan dalam pemecahan masalah
            2.   Deskripsi dan komentar tentang hasil penilaian   :
-          Siswa mengikuti dengan antusias
-          Siswa dapat mengemukakan pendapat, ide dan saran serta dapat memahami dan memecahkan masalah/topik dengan baik
-          Siswa dapat membantu memecahkan permasalahan orang lain.
E.     Analisa Hasil Penilaian
1.      Cara-cara penilaian                       :
-          Menyimpulkan hasil pengamatan
2.   Deskripsi dan komentar tentang hasil penilaian   :
-          Siswa melaksanakan bimbingan kelompok dengan baik.
-          Siswa memahami perasaan orang lain.
F.      Tindak Lanjut
1.      Cara-cara tindak lanjut                  :
-          Mengamati sikap maupun perilaku siswa di sekolah setelah mengikuti bimbingan  kelompok.



2.   Deskripsi dan komentar tentang tindak lanjut
-          Masih dalam proses pemantauan       
                       
Kudus , 3 Oktober 2012

Pembimbing                                                                                   Praktikan
 
Purwaningsih, S.Pd.                                                                     Farida Azza Wakhidah
     NIP. 19830405 200903 2 009                                                       NIM. 2009-31-241

Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan


Gudnanto, S.Pd. Kons
            NIDN. 0610107903














RESUME BIMBINGAN KELOMPOK

A.    Bentuk layanan                                   : Bimbingan kelompok
B.     Penyelenggara layanan                       : Farida Azza Wakhidah (Praktikan)
      C.  Sasaran Layanan                                 : Siswa kelas X-8 SMA 1 Gebog Kudus sebanyak 10 orang, antara lain:
1.    PW2012033          6. PW2012038
2.    PW2012034          7. PW2012039
3.    PW2012035          8. PW2012040
4.    PW2012036          9. PW2012041
5.    PW2012037          10. PW2012042
D. Waktu dan Pelaksanaan                       : 2x45 menit, Rabu, 3 Oktober 2012
E. Lingkup pembicaraan
1.  Sifat topik                                      : Bebas
2.  Masalah yang muncul                   
1.      PW2012033                            : Ada masalah dengan teman sekelas
2.      PW2012034                            : Kurang pergaulan
3.      PW2012035                            : Listrik sekolah sering padam sehingga pelajaran
  terganggu
4. PW2012036                              : Kurang suka dengan pelajaran fisika
5. PW2012037                              : Rumah kejauhan
6. PW2012038                              : Kurang berkonsentrasi dalam belajar
7. PW2012039                              : Jenuh di kelas
8. PW2012040                              : Suasana kelas kurang kondusif
9. PW2012041                              : Suasana kelas panas
10. PW2012042                            : Guru terlalu protektif pada siswa
3.   Prioritas penanganan masalah       :
-    Kurang berkonsentrasi dalam belajar
4.   Pemecahan masalah                      :
 -    Kurang berkonsentrasi dalam belajar

5.  Tanggapan, ide-ide, saran dan solusi dari anggota kelompok
a.    PW2012033            : Sebaiknya kalau guru sedang menerangkan jangan    ngobrol sendiri, tapi memperhatikan.
b.   PW2012034             : Karena kamu takut dengan gurunya,maka kita kurang untuk berkonsentrasi dan memahami pelajaran yang sedang diajarkan.
c.   PW2012035             : Untuk kita bisa berkonsentrasi dengan baik dalam belajar sebaiknya yang paling penting kita harus suka pada guru mata pelajaran itu,karena dengan kita suka maka untuk belajarpun tidak ada beban.
d.   PW2012036             : Sangat setuju sekali, karena dengan kita suka pada guru mata pelajaran tersebut , maka kita tidak akan takut dengan pelajaranya.
e.   PW2012037             : Ada benarnya juga, tapi kalu potensi kita tidak menjangkau dan merasa susah,maka untuk konsentrasipun terasa sangat sulit.
f.    PW2012038             : Menurut saya, kurangi ngobrol sama teman sebelah ketika pelajaran, dan jangan bermain sendiri.
g.   PW2012039             : Kalau memang kurang berkonsentrasi disebabkan karena penggunaan metode guru yang kurang tepat,kita bisa bicara dengan wali kelas dari hal tersebut.
h.   PW2012040             : Bisa jadi kita kurang konsentrasi karena kondisi lingkungan kelas seperti ketika udara panas dan fasilitasnya kurang memadai,misal AC. Kalau itu ada mungkin semangat untuk belajar akan tumbuh.
i.     PW2012041             : Menurut saya, kita kurang berkonsentrasi karena tidak memperhatikan dan minat untuk mengikuti pelajaran tidak ada.
j.     PW2012042             : Biar kita dikelas bisa berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran,yang tepenting harus ada minat pada guru.

            6.  Simpulan pemecahan masalah
PK (Pemimpin Kelompok) : agar kita bisa berkonsentrasi secara baik dalam belajar,yang pertama kita harus suka pada gurunya dulu, maka dengan begitu kita bisa suka pelajaran yang di ajarkan oleh guru tersebut.
             Karena tanpa ada rasa cinta/suka kita akan menganggap guru tersebut membosankan dalam menyampaikan materi dan menganggap sulit mata pelajaran yang diajarkan serta sulit untuk menerima. Sedangkan factor penyebabnya yang biasa tejadi pada siswa antara lain: siswa sedang ada masalah, dari figure seorang guru.
7.   Rencana pelaksanaan dan hasil keputusan
-           Klien yang bersangkutan mencoba untuk berkonsentrasi secara baik, karena ketika kita sulit untuk berkonsentrasi juga terdapat dampak buruk,diantaranya ketinggalan pelajaran.


















8.  Kesan dan pesan  :
- Sangat menyenangkan karena dapat berdiskusi dengan teman tentang permasalahan pribadi masing-masing dan secara bersama-sama memecahkan permasalahan yang di hadapi.
- Sebaiknya layanan konseling kelompok sering diberikan oleh guru pembimbing supaya dapat mengentaskan permasalahan siswa.

Kudus , 3 Oktober 2012

Pembimbing                                                                                   Praktikan
 
Purwaningsih, S.Pd.                                                                     Farida Azza Wakhidah
     NIP. 19830405 200903 2 009                                                       NIM. 2009-31-241

Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan


Gudnanto, S.Pd. Kons
            NIDN. 0610107903

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

TUGAS AKHIR PROGRAM

WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA