SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A.
Topik Pembahasan : Topik bebas
B.
Bidang
Bimbingan : Pribadi,Sosial,
dan Belajar
C.
Jenis
Layanan :
Layanan Bimbingan Kelompok
D.
Fungsi
Layanan :
Pemahaman dan Pencegahan
E.
Tujuan
Layanan :
-
Siswa mampu/berani mengutarakan pendapat, ide
dan saran.
-
Siswa mampu membahas dan memahami permasalahan yang
muncul dan mencari solusinya
F. Sasaran Layanan : Siswa SMA 1 Gebog kelas X-8
G.
Uraian
Kegiatan & Materi Layanan :
1.
Kegiatan Praktikan :
a.
Tahap I
(Tahap Awal/Pembentukan)
-
Mempersiapkan
calon anggota kelompok
-
Membentuk
kelompok agar dinamika kelompok berkembang
-
Salam
-
Berdoa
-
Menjelaskan
beberapa hal yang akan dikaji dalam bimbingan kelompok (arti/tujuan bimbingan
kelompok, cara pelaksanaan, dan azas yang digunakan)
-
Perkenalan
b.
Tahap II
(Tahap Peralihan)
-
Menjelaskan
kembali bimbingan kelompok
-
Membangkitkan
siswa mengemukakan pendapat sebagai topik
-
Menetapkan
topik yang akan dibahas
c.
Tahap III
(Tahap Kegiatan)
-
Bersama
anggota kelompok, membahas topik yang ditetapkan
-
Selingan
berupa permainan
d.
Tahap IV
(Tahap pengakhiran)
-
Membacakan
kesimpulan hasil diskusi
-
Meminta
kesan-kesan kepada peserta kelompok dan mengadakan kontrak kemungkinan
pertemuan berikutnya
-
Do’a
-
Salam
2.
Kegiatan
Siswa :
a.
Tahap I
-
Memperkenalkan
diri
-
Menciptakan
suasana kelompok yang dinamis
b.
Tahap II
-
Memperhatikan
penjelasan pimpinan kelompok dan bertanya jika kurang jelas
-
Aktif
mengemukakan pendapat
c.
Tahap III
-
Aktif
membahas pendapat anggota kelompok
-
Berusaha
mengembangkan pikiran, usul, saran dan memberikan alternatif jalan keluar
pemecahan masalah
d.
Tahap IV
-
Mendengarkan
pembacaan hasil diskusi
-
Menyampaikan
kesan-kesan
3.
Materi
Layanan :
-
Materi
umum yang muncul dari anggota kelompok
H. Metode :
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
I.
Tempat
penyelenggaraan : Aula
J.
Waktu,
hari, tanggal : 2x45
menit, Rabu, 3 Oktober 2012
K.
Penyelenggara
layanan : Farida
Azza Wakhidah (Praktikan )
L.
Pihak yang
disertakan :
Purwaningsih, S.Pd. (Guru Pembimbing)
M.
Alat dan
perlengkapan yang digunakan :
-
Alat tulis
untuk mencatat
N.
Rencana
penilaian dan tindak lanjut :
-
Mengamati antusias dan aktivitas siswa dalam
mengikuti kegiatan bimbingan kelompok
-
Kemampuan
siswa dalam mengemukakan pendapat dan
memberikan respon
O.
Keterkaitan
layanan ini dengan layanan pendukung :
-
Himpunan
data
-
Aplikasi
instrumentasi
P.
Catatan khusus : Layanan ini akan berhasil, jika
terjadi dinamika
kelompok yang hidup
Kudus , 3 Oktober 2012
Pembimbing
Praktikan
Purwaningsih, S.Pd. Farida Azza Wakhidah
NIP.
19830405 200903 2 009
NIM. 2009-31-241
Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan
Gudnanto, S.Pd. Kons
NIDN. 0610107903
LAPORAN
PELAKSANAAN DAN EVALUASI, ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
A.
Pokok
Permasalahan :
Masalah Pribadi
B.
Spesifikasi
Bimbingan
1. Bidang
Bimbingan : Pribadi
dan Sosial
2.
Jenis Layanan :
Layanan Bimbingan Kelompok
3.
Fungsi Layanan :
Pemahaman dan Pencegahan
4.
Sasaran
Layanan : Siswa kelas X-8 SMA 1 Gebog Kudus
(Sebanyak 10 siswa), antara lain:
1.
PW2012033 6. PW2012038
2.
PW2012034 7. PW2012039
3.
PW2012035 8. PW2012040
4.
PW2012036 9. PW2012041
5.
PW2012037 10. PW2012042
C.
Pelaksanaan
Layanan
1.
Waktu,
hari, tanggal : 2x45
menit, Rabu, 3 Oktober 2012
2.
Tempat : Aula
3.
Deskripsi
dan komentar tentang pelaksanaan layanan :
-
Siswa
aktif dan antusias mengikuti layanan bimbingan kelompok
-
Proses
layanan berjalan lancar dan peserta bimbingan kelompok hadir semua
-
Siswa
dalam menyampaikan permasalahan masih kurang tegas dan terkesan malu-malu,
tetapi dalam membahas masalah cukup bagus telah mengenal pada pemecahan masalah
-
Ada
10 permasalahan yang muncul, yakni :
a) Ada masalah dengan teman sekelas
b) Kurang pergaulan
c) Listrik sekolah sering padam
sehingga pelajaran terganggu
d) Kurang suka dengan pelajaran fisika
e) Rumah kejauhan
f) Kurang berkonsentrasi dalam belajar
g) Jenuh di kelas
h) Suasana kelas kurang kondusif
i) Suasana kelas panas
j) Guru terlalu protektif pada siswa
Dari ke-10 topik tersebut yang telah
disepakati untuk dibahas bersama dalam bimbingan kelompok adalah : “Kurang Berkonsentrasi Dalam Belajar”
D.
Evaluasi
1.
Cara-cara
penilaian :
-
Mengamati
keaktifan dan antusias siswa selama kegiatan berlangsung
-
Mengamati
kemampuan siswa dalam mengutarakan pendapat, ide dan saran serta kemampuan
dalam pemecahan masalah
2. Deskripsi dan komentar tentang hasil
penilaian :
-
Siswa
mengikuti dengan antusias
-
Siswa
dapat mengemukakan pendapat, ide dan saran serta dapat memahami dan memecahkan
masalah/topik dengan baik
-
Siswa
dapat membantu memecahkan permasalahan orang lain.
E.
Analisa
Hasil Penilaian
1.
Cara-cara
penilaian :
-
Menyimpulkan
hasil pengamatan
2.
Deskripsi dan komentar tentang hasil penilaian :
-
Siswa
melaksanakan bimbingan kelompok dengan baik.
-
Siswa
memahami perasaan orang lain.
F.
Tindak
Lanjut
1.
Cara-cara
tindak lanjut :
-
Mengamati
sikap maupun perilaku siswa di sekolah setelah mengikuti bimbingan kelompok.
2.
Deskripsi dan komentar tentang tindak lanjut
-
Masih
dalam proses pemantauan
Kudus , 3 Oktober 2012
Pembimbing
Praktikan
Purwaningsih, S.Pd. Farida Azza Wakhidah
NIP.
19830405 200903 2 009
NIM. 2009-31-241
Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan
Gudnanto, S.Pd. Kons
NIDN. 0610107903
RESUME BIMBINGAN KELOMPOK
A.
Bentuk
layanan :
Bimbingan kelompok
B.
Penyelenggara
layanan : Farida
Azza Wakhidah (Praktikan)
C.
Sasaran Layanan : Siswa kelas X-8 SMA 1 Gebog Kudus sebanyak 10 orang, antara lain:
1.
PW2012033 6. PW2012038
2.
PW2012034 7. PW2012039
3.
PW2012035 8. PW2012040
4.
PW2012036 9. PW2012041
5.
PW2012037 10. PW2012042
D. Waktu dan Pelaksanaan :
2x45 menit, Rabu, 3 Oktober 2012
E. Lingkup pembicaraan
1. Sifat topik : Bebas
2.
Masalah yang muncul
1.
PW2012033 : Ada masalah dengan
teman sekelas
2.
PW2012034 : Kurang pergaulan
3.
PW2012035 : Listrik sekolah
sering padam sehingga pelajaran
terganggu
4. PW2012036 :
Kurang suka dengan pelajaran fisika
5. PW2012037 :
Rumah kejauhan
6. PW2012038 :
Kurang berkonsentrasi dalam belajar
7. PW2012039 :
Jenuh di kelas
8. PW2012040 :
Suasana kelas kurang kondusif
9. PW2012041 :
Suasana kelas panas
10. PW2012042 : Guru terlalu protektif pada siswa
3.
Prioritas penanganan masalah :
-
Kurang berkonsentrasi dalam belajar
4. Pemecahan
masalah :
- Kurang berkonsentrasi dalam belajar
5. Tanggapan, ide-ide, saran dan solusi dari
anggota kelompok
a.
PW2012033 : Sebaiknya kalau guru sedang menerangkan
jangan ngobrol sendiri, tapi
memperhatikan.
b.
PW2012034 : Karena kamu takut dengan gurunya,maka kita kurang
untuk berkonsentrasi dan memahami pelajaran yang sedang diajarkan.
c.
PW2012035 : Untuk
kita bisa berkonsentrasi dengan baik dalam belajar sebaiknya yang paling
penting kita harus suka pada guru mata pelajaran itu,karena dengan kita suka
maka untuk belajarpun tidak ada beban.
d.
PW2012036 : Sangat setuju sekali, karena dengan kita suka pada guru mata
pelajaran tersebut , maka kita tidak akan takut dengan pelajaranya.
e.
PW2012037 :
Ada benarnya juga, tapi kalu potensi kita tidak menjangkau dan merasa
susah,maka untuk konsentrasipun terasa sangat sulit.
f.
PW2012038 : Menurut saya, kurangi ngobrol
sama teman sebelah ketika pelajaran, dan jangan bermain sendiri.
g.
PW2012039 : Kalau
memang kurang berkonsentrasi disebabkan karena penggunaan metode guru yang
kurang tepat,kita bisa bicara dengan wali kelas dari hal tersebut.
h.
PW2012040 : Bisa
jadi kita kurang konsentrasi karena kondisi lingkungan kelas seperti ketika
udara panas dan fasilitasnya kurang memadai,misal AC. Kalau itu ada mungkin
semangat untuk belajar akan tumbuh.
i.
PW2012041 : Menurut
saya, kita kurang berkonsentrasi karena tidak memperhatikan dan minat untuk
mengikuti pelajaran tidak ada.
j.
PW2012042 : Biar
kita dikelas bisa berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran,yang tepenting harus
ada minat pada guru.
6. Simpulan pemecahan masalah
PK (Pemimpin
Kelompok) : agar kita bisa berkonsentrasi secara baik dalam belajar,yang
pertama kita harus suka pada gurunya dulu, maka dengan begitu kita bisa suka
pelajaran yang di ajarkan oleh guru tersebut.
Karena tanpa ada rasa cinta/suka
kita akan menganggap guru tersebut membosankan dalam menyampaikan materi dan
menganggap sulit mata pelajaran yang diajarkan serta sulit untuk menerima.
Sedangkan factor penyebabnya yang biasa tejadi pada siswa antara lain: siswa
sedang ada masalah, dari figure seorang guru.
7. Rencana
pelaksanaan dan hasil keputusan
-
Klien yang bersangkutan mencoba untuk
berkonsentrasi secara baik, karena ketika kita sulit untuk berkonsentrasi juga
terdapat dampak buruk,diantaranya ketinggalan pelajaran.
8. Kesan dan
pesan :
- Sangat menyenangkan karena dapat
berdiskusi dengan teman tentang permasalahan pribadi masing-masing dan secara
bersama-sama memecahkan permasalahan yang di hadapi.
- Sebaiknya layanan konseling
kelompok sering diberikan oleh guru pembimbing supaya dapat mengentaskan
permasalahan siswa.
Kudus , 3 Oktober 2012
Pembimbing
Praktikan
Purwaningsih, S.Pd. Farida Azza Wakhidah
NIP.
19830405 200903 2 009
NIM. 2009-31-241
Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan
Gudnanto, S.Pd. Kons
NIDN. 0610107903
Komentar
Posting Komentar