Media Pembelajaran PAUD



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Lata Belakang
                   Media pembelajaran anak usia dini sebagai program pendidikan berfungsi sebagai pedoman umum dalma penyelenggaraan sistem pendidikan. Media pembelajaran anak usia dini menurut garis-garis besar program kegiatan yang harus dilakukan dalam setiap penyelenggaraan pendidikan, antara lain tiga media yaitu visual (melalui pengamatan), audio (melalui pendengaran), dan audio visual (bisa dilihat dan didengar).
B.   Tujuan Penulisan
       1.    Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Media pembelajaran anak usia dini.
       2.    Untuk menambah wawasan tentang pengertian media pembelajaran PAUD.
       3.    Untuk menambah wawasan tentang faktor pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran
       4.    Untuk menambah wawasan tentang prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran.
       5.    Untuk menambah wawasan tentang kriteria dalam pemilihan Media Pembelajaran.
       6.    Untuk menambah wawasan tentang prosedur pemilihan Media Pembelejaran yang tepat.
       7.    Untuk menambah wawasan tentang manfaat Media dalam pembelajaran.
C.   Manfaat Penulisan
       1.    Mahasiswa dapat mengetahui pengertian Media pembelajaran PAUD.
       2.    Mahasiswa dapat mengetahui faktor pertimbangan dalam pemilihan Media pembelajaran.
       3.    Mahasiswa dapat mengetahui prinsip-prinsip pemilihan Media pembelajaran.
       4.    Mahasiswa dapat mengetahui kriteria dalam pemilihan Media pembelajaran
       5.    Mahasiswa dapat mengetahui prosedur pemilihan Media pembelajaran yang tepat.
       6.    Mahasiswa dapat mengetahui manfaat Media dalam pembelajaran.
D.   Rumusan Masalah
                   Pengetahuan atau pemahaman tentang media pembelajaran ini sungguh sanagt berguna dalam segala sesuatu proses belajar mengajar dilakukan dan merupakan sebagai program pendidikan, yang merupakan pedoman umum bagi pelaksanaan pendidikan agar penyelenggaraan sistem pendidikan dapat berjalan dengan sistematis. Karena itu sangat diharapakan kepada semua pendidikan PAUD agar mempelajari media tersebut dengan bersungguh-sungguh dan sekaligus menerapkan pengetahuan yang diperoleh itu saat berinteraksi dengan sesama manusia. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penyusun merumuskan masalah sebagai berikut:
       1.    Apa pengertian Media pembelajara?
       2.    Apa saja faktor pertimbangan dalam pemilihan Media pembelajaran?
       3.    Apa saja prinsip-prinsip pemilihan Media pembelajaran?
       4.    Bagaimana kriteria dalam pemilihan Media pembelajaran?
       5.    Bagaimana prosedur pemilihan Media pembelajaran yang tepat?
       6.    Apa saja Manfaat Media Dalam Pembelajaran?












BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Media pembelajaran AUD  
                     Media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah memiliki arti antara perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan. Terkait dengan pembelajaran, media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan dan perhatian anak didik untuk tercapainya tujuan pendidikan.
                     Pengertian media pembelajaran menurut para ahli, diantaranya:
       1.    Briggs (1970)
              Media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan materi         pelajaran.
       2.    Schramn (1997)
              Media pembelajaran merupakan teknologi pembawa informasi yang          dapat dimanfaastkan untuk proses belajar mengajar.
       3.    Hamidjojo dalam Latuheru (1993)
              Media adalah semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebarkan ide gagasan atau pendapat sehingga ide atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju.
                     Dari berbagai pendapat tentang pengertian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian media dalam pembelajaran adalah segala bentuk alat komunikatif yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan/ informasi dari sumber kepada anak didik yang bertujuan agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian, anak didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.


B.   Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran.
                     Pada tingkat yang menyeluruh dan umum, pemilihan media dapat dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut ini:
       1.    Objektivitas
              Unsur subjektifitas guru di dalam memilih media pengajaran harus            dihadiri. Artinya guru tidak boleh memilih suatu media pengajaran atas       kesenangan pribadi. Untuk menghindari hal ini alangkah baiknya guru        meminta pandangan atau saran dari teman sejawat atau melibatkan siswa di dalam memilih media pengajaran.
       2.    Program Pengajaran
              Program pengajaran yang akan disampaikan kepada anak didik harus        sesuai dengan kurikulum yang berlaku, baik isinya, strukturnya maupun            kedalamannya. Terkecuali jika program itu hanya dimaksudkan untuk     mengisi waktu senggang saja dari pada anak didik bermain tidak karuan.
       3.    Sasaran program
              Sasaran program yang dimaksud adalah anak didik yang menerima informasi pengajaran melalui media pembelajaran. Pada tingkat usia tertentu dan dalam kondisi tertentu anak didik mempunyai kemampuan tertentu pula, baik cara berfikirnya, kebutuhannya, maupun daya tahan dalam belajarnya. Untuk itu maka media yang akan digunakan harus dilihat kesesuaiannya dengan tingkat perkembangan anak didik.
       4.    Situasi dan kondisi
              Situasi dan kondisi yang dimaksud meliputi situasi dan kondisi sekolah serta situasi dan kondisi peserta didik yang akan mengikuti pelajaran.
       5.    Kualitas teknik
              Dari segi teknik media pengajaran yang akan digunakan perlu diperhatikan, apakah sudah memenuhi syarat.
       6.    Efektifitas dan efisiensi penggunaan
              Keefektifan berkenan dengan hasil yang ingin dicapai, sedangkan efisiensi berkenaan dengan proses pencapaian hasil tersebut. Keefektifan dalam penggunaan media meliputi apakah dengan menggunakan media tersebut informasi pengajaran dapat diserap optimal oleh anak didik. Sedangkan efisiensi meliputi apakah dengan menggunakan media tersebut waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan tersebut sedikit mungkin.
C.   Prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran
                     Drs. Sudirman N (1991) membagi prinsip-prinsip pemilihan media pengajaran yang dibaginya ke dalam tiga kategori sebagai berikut:
       1.    Tujuan Pemilihan.
              Memilih media yang akan diguanakan harus berdasarkan maksud dan       tujuan pemilihan yang jelas.
       2.    Karakteristik Media Pembelajaran.
              Setiap media pengajaran mempunyai karakteristik tertentu, baik dilihat     dari segi keampuhannya, cara pembuatannya, maupun cara        penggunaannya. Seorang guru harus bisa memahami karakteristik dari        berbagai jenis media pembelajaran yang bervariasi. Sedang apabila            kurang memahami karakteristik media tersebut maka guru akan   dihadapkan pada kesulitan yang akan menghambat proses pembelajaran.
       3.    Alternatif pilihan.
              Memilih merupakan proses pembuatan keputusan dari berbagai alternatif pilihan. Seorang guru harus bisa menentukan pilihan mengenai media       mana yang akan digunakan apabila terdapat beberapa media yang dapat        diperbandingkan.
              Dari segi teori belajar, berbagai kondisi dan prinsip-prinsip psikologi         yang perlu mendapat pertimbangan dalam pemilihan dan penggunaan             media adalah sebagi berikut:
              1.    Motivasi
              2.    Perbedaan individual
              3.    Tujuan pembelajaran
              4.    Organisasi isi
              5.    Persiapan sebelum belajar
              6.    Emosi
              7.    Partisipasi
              8.    Umpan balik
              9.    Penguatan (reinforcoment)
              10.  Latihan dan pengulangan 
              11.  Penerapan
D.   Kriteria dalam pemilihan Media pembelajaran
                     Di dalam pemilihan media pembelajaran ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:
       1.    Media yang dipilih hendaknya selaras dan menunjang tujuan         pembelajaran yang telah ditetapkan.
       2.    Aspek materi menjadi pertimbangan yang dianggap penting dalam            memilih media karena kesesuaian materi dengan media yang digunakan     akan berdampak pada hasil pembelajaran siswa.
       3.    Kondisi audien (siswa)
              Dari segi subjek belajar menjadi perhatian yang serius bagi guru dalam      memilih media yang sesuai dengan kondisi anak. Faktor umur,         intelegensi, latar belakang pendidikan, budaya dan lingkungan anak        menjadi titik perhatian dan pertimbangan dalam memilih media     pengajaran.
       4.    Ketersediaan media di sekolah atau memungkinkan bagi guru mendesain sendiri media yang akan digunakan, merupakan hal yang perlu menjadi    peritmbangan seorang guru.
       5.    Media yang akan dipilih seharusnya dapat menjelaskan apa yang akan disampaikan kepada siswa secara tepat dan berhasil guna, sehingga tujuan yang akan ditetapkan dapat dicapai secara optimal.
       6.    Biaya yang akan dikeluarkan dalam pemanfaatan harus seimbang dengan hasil yang akan dicapai. Pemanfaaatan media yang sederhana mungkin lebih menguntungkan dari pada menggunakan media yang canggih bilamana hasil yang dicapai tidak sebanding dengan dana yang dikeluarkan.
       7.    Guru terampil menggunakannya
              Apapun media itu, guru harus mampu menggunakannya dalam proses pembelajaran. Misalnya OHP, proyektor slide dan film, komputer dan peralatan canggih lainnya tidak akan mempunyai arti apa-apa jika guru belum dapat menggunakannya dalam proses pembelajaran sebagai upaya mempertinggi mutu dan hasil belajar.
       8.    Pengelompokan Sasaran
              Media yang efektif untuk kelompok besar belum tentu efektif jika digunakan untuk kelompok kecil atau perorangan.
       9.    Mutu Teknis
              Pengembangan visual baik gambar maupun potograf harus memenuhi persyaratan teknis tertentu. Misalnya visual pada slide harus jelas dan informasi atau pesan yang ditonjolkan dan ingin disampaikan tidak boleh terganggu oleh elemen-elemen lain yang berupa latar belakang.
E.   Prosedur Pemilihan Media Pembelajaran yang tepat
·           Secara umum prosedur pemilihan media pembelajaran ada enam langkah yaitu:
1.    Menentukan apakah pesan yang akan disampaikan itu merupakan tujuan pembelajaran atau hanya sekedar merupakan informasi atau hiburan.
2.    Menentukan apakah media itu dirancang untuk keperluan pembelajaran atau instruksional alat bantu mengajar (peraga)
3.    Menetapkan apakah dalam usaha mendorong kegiatan belajar tersebut akan digunakan strategi afektif, kognitif atau psikomotorik.
4.    Menentukan media yang sesuai dari kelompok media yang cocok untuk strategi yang dipilih dengan mempertimbangkan ketentuan/ kriteria, kebijakan atau fasilitas kemampuan produksi dan biaya.
5.    Merevisi kembali kelemahan dan kelebihan media yang dipilih bila perlu mengkaji kembali alternatif-alternatif yang ada.
6.    Perencanaan pengembangan dan produksi media tersebut.

·           Menurut Arif S Sadiman ada 3 hal yang dapat dijadikan prosedur dalam pemilihan media yang akan digunakan.
1.    Model Flowchart (menggunakan eliminasi dalam pengambilan keputusan pemilihan)
2.    Model matrix (berupa penangguhan model pengambilan keputusan, pemilihan sampai seluruh kriteria pemilihannya diidentifikasi)
3.    Model check list (yang menggunakan keputusan pemilihan sampai semua kriterianya dipertimbangkan.
F.    Manfaat Media dalam Pembelajaran
                     Secara umum manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Tetapi secara lebih khusus ada beberapa manfaat media yang lebih rinci Kemp dan Dayton (1985) misalnya mengidentifikasi beberapa manfaat media dalam pembelajaran yaitu :
       1.    Penymapaian materi pelajaran dapat diseragamkan
       2.    Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
       3.    Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif.
       4.    Efisiensi dalam waktu dan tenaga
       5.    Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
       6.    Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
       7.    Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
       8.    Merubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.
                     Selain sebagai manfaat media seperti yang dikemukakan oleh Kemp dan Dayton tersebut, tentu saja kita masih dapat menemukan banyak manfaat praktis yang lain. Manfaat praktis media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar sebagai berikut:
       1.    Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
       2.    Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri dengan kemampuan dan minatnya.
       3.    Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan meraka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat dan lingkungannya misalnya melalui karya wisata. Kunjungan ke museum atau kebun binatang.
       4.    Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu.




















BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
                            Jadi dengan adanya media pembelajaran guru hendaknya dapat mengajarkan ke peserta didik agar semua aspek perkembangannya berkembang dengan baik.
              Media pembelajaran juga memudahkan dalam proses belajar di pendidikan Anak Usia Dini (TK, KB, TPA dan SPS).
       Dalam pokok makalah ini bahwa kita dituntut untuk dapat menguasai ilmu tersebut. Agar dapat mengembangkan potensi peserta didik dengan baik.
B.   Saran
                     Saya mengakui apabila ada kesalahan pada makalah ini saya mohon maaf, dan kepada pembaca saya berharap agar dapat memberikan kritikan agar saya dapat memperbaiki makalah dengan baik di masa yang akan datang. Dan semoga makalah berikutnya dapat saya selesaikan dengan hasil yang lebih baik lagi.
                     Atas saran yang membangun saya haturkan terima kasih banyak.    













DAFTAR PUSTAKA

Syaiful Bahri Djamaroh, Guru dan Anak didik dalam interaksi edukatif (Jakarta: Reneka Cipta. 2010) hlm. 215-217
Syaiful Bahri Djamaroh, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2010), hlm. 214-215
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT. Raja Grafindo persada Cet.5, 2003), hlm. 15-16
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo persada, 2007, hal. 74
Asnawir dan M Basyirudin Usman, Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputat pers, 2002), hal. 15-16
Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: CV. Misaka Galiza, 2003), hlm. 119
Ahmad Rohani, Media Instruksional Edukatif, (Jakarta: PT Raja Grafinfo Persada, 2007), hal : 84
http: //multazam-eistein.blogspot.co.id/2013/07/makalah-pemilihan-media pembelajaran. html

      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

TUGAS AKHIR PROGRAM

WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA