MANAJEMEN POLYTRON
Nama : Izzatin
Ni’mah
NIM : T02.15.0204
Makul : Akuntansi
Manajemen
Perusahaan PT.
Hartono Istana Teknologi (Polytron) bergerak pada bidang elektronik, produk
yang dihasilkan antara lain : video, audio, showcase, mesin cuci, kulkas, dan
handphone. Para pekerja memproduksi barang tersebut setiap harinya yang mana
disetiap bagian memproses produk yang berbeda-beda. Polytron menghasilkan
produk yang berkualitas untuk dipasarkan tidak hanya di Indonesia tetapi juga
diluar negeri, dalam hal memperoduksi suatu produk para pekerja dibimbing untuk
bisa memproses barang dengan atau tidak mengunakan mesin. Misalnya produksi
barang video yaitu televisi proses pertama yang dikerjakan oleh bagian inject,
bagian tersebut untuk mencetak barang dasar dari televisi atau bisa disebut
rangka TV setelah menjadi barang dasar proses selanjutnya ialah pengecatan
untuk memberi kesan warna yang menarik.
Warna yang diberikan mempengaruhi
pada tipe barang, beda warna juga beda tipe pula. Setelah proses pengecatan selesai selanjutnya
ialah proses pensablonan. Proses ini
memberi brand Polytron pada barang produksi tidak hanya brand tetapi juga di
setiap tombol yang terdapat di televisi diberikan sablon tulisan petunjuk agar
mempermudah para pengguna.
Setelah proses pensablonan selesai selanjutnya barang siap untuk
diproses menjadi televisi dengan merangkai mesin utama dari televisi dan
pemasangan komponen-komponen yang ada di dalam televisi. Setelahnya pemasangan back cover untuk
menutupi bagian belakang televisi.
Selanjutnya jika sudah menjadi televisi yang sempurna masuk dalam bagian
pengecekan untuk diuji coba apakah barang yang diproduksi sudah layak
dipasarkan atau belum. Setelah tes
kelayakan barang proses selanjutnya ialah proses packing dimasukkan ke dalam
kardus dan siap dipasarkan di berbagai negara.
Di setiap proses yang berbeda-beda Polytron tetap mengutamakan kualitas
dari barang yang diproduksi oleh karena itu pada setiap bagian diberikan
foreman untuk mengawasi dan mengontrol berjalannya proses produksi berlangsung.
Foreman berkewajiban untuk melapor kepada pihak kepala bagian
bagaimana keadaan dan kondisi proses kerja di bagian masing-masing.
Keunggulan
Polytron, produk
elektronik terbesar Indonesia, merupaan bisnis internasional yang terletak di
Asia Tenggara. Berawal dari bisnis
ekspor kecil di Kudus, Indonesia Polytron telah tumbuh menjadi salah satu
perusahaan elektronik terkemuka di Asia Tenggara. Kini proses produk inovatif dan berkualitas
Polytron telah diakui di Asia Tenggara.
Itu semua menjadi tonggak utama dalam sejarah Polytron, menunjukkan
bagaimana perusahaan ini telah mengembangkan jajaran dan pencapaian
predikatnya, meningkatkan pendapatan dan saham pasarnya dan mengikuti misinya
untuk memberikan hidup yang lebih baik bagi pelanggan di seluruh dunia. Polytron tidak memegang lisensi merk dari
manapun yang artinya produk murni asli Indonesia baik merek maupun
produknya. Inovasi produk-produk
Polytron termasuk TV sangatlah di luar pakem dan itu menjadi keunggulan dari
Polytron. Selain itu juga Polytron
adalah produk elektronik satu-satunya yang berani memberi garansi sampai 3
tahun.
Kelemahan
Perusahaan
Polytron tidak hanya memiliki kekuatan dalam produksi dan pemasaran tetapi juga
memiliki kelemahan. Kelemahan produk Polytron dapat dilihat sebagai berikut :
-
Polytron
harus terus menerus memaintain semua biaya untuk tetap sukses.
-
Investasi
tinggi pada aktivitas R & D
-
Budaya
korporasi yang tidak fleksibel.
-
Pengalaman
dalam mengelola perusahaan global masih terbatas.
-
Polytron
tidak memiliki strategi marketing, masalah penyebaran produk akan meningkat.
-
Polytron
belum memiliki banyak pengalaman pada televisi berteknologi tinggi pada segmen.
-
Polytron
belum memiliki jaringan penjualan dan pelayanan yang sebanding dengan
pesaingnya.
Sistem Manajemen
Strategi
perusahaan mencerminkan penilaian manajemen terhadap situasi dan pilihannya,
tentang bagaimana mengejar tujuan perusahaan.
Strategi bisa diuraikan dalam beberapa cara yaitu: Penyuplai, pembeli,
pengganti, pelanggan potensial dan persaingan di kalangan pesaing yang ada.
Dalam pemaaran, strategi bisa dijelaskan sebagai pilihan dari 4P;
product, price (harga), promotion dan place (tempat), yakni produk mana yang harus diselesaikan
perusahaan dan bagaimana harus
didistribusikan. Sedangkan dari segi
input perusahaan, strategi operasi adalah pilihan rantai suplai perusahaan
termasuk manajemen rantai terhadap sumber daya dan kapabilitas-kapabilitas. Strategi
bisnis unit menciptakan produk baru ditujukan untuk segmen kalangan menengah,
meningkatkan pangsa pasar yang ada untuk produk tertentu melalui usaha
pemasaran secara besar-besaran, menambah produk-produk baru saling berhubungan
untuk pangsa pasar yang sama, menambah produk-produk baru yang saling tidak
berhubungan untuk pangsa pasar yang berbeda.
Solusi
Dalam
menyurus strategi disusun berdasarkan kondisi yang ada di dalam perusahaan
tersebut. Dimana perusahaan tersebut dalam situasi perubahan dan perkembangan
yang sangat cepat dan pesat, seperti saat ini sehingga mustahil dilakukan
estimasi yang tepat dan akurat. Resikonya agar strategi ini tetap relevan dengan
perkembangan yang ada maka harus dilakukan evaluasi dan penyesuaian setiap
perkembangan teknologi. Rencana strategi inilah yang akan menunjukkan apakah
apa yang diciptakan polytron benar-benar terwujud sesuai dengan visi dan misi
perusahaan tersebut. Oleh karena itu, polytron harus mampu bersaing dan
mengarahkan semua potensi yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan strategi
ini.
Komentar
Posting Komentar