KEBUDAYAAN PULAU BALI



KEBUDAYAAN PULAU BALI

Pulau Bali adalah salah satu dari sekian banyak pulau di Indonesia yang mempunyai kekayaan budaya dan mampu memeliharanya walaupun era globalisasi dengan segala dampaknya menerjang dengan intensitas yang tinggi. Namun Bali yang dijuluki sebagai surganya wisata itu, masyarakatnya tetap konsisten dengan budayanya sendiri yang sudah di wariskan oleh nenek moyangnya dari berbagai generasi. Walaupun Pulau Bali dikunjungi oleh wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara dimana tidak menutup kemungkinan terselipnya pola hidup barat disekitarnya, dan banyak menganut faham liberalisme, namun kehidupan masyarakat Bali dan kultur budayanya tak mengalami pergeseran. Beberapa kalangan mengatakan bahwa Pulau Bali dikenal juga sebagai surganya pariwisata negara  Indonesia. Bahkan para wisatawan mancanegara dari belahan dunia manapun sudah mengenalnya, dari mulut ke mulut dan anehnya mereka lebih mengenal pulau Bali dari pada negara Indonesia. Dalam kepariwisatawanan Bali menawarkan banyak hal tentang dunia pariwisata dengan sarana dan prasarana memadai bahkan fasilitas international pun tercermin adanya fasilitas bintang lima yang dikemas secara menarik hasil perpaduan arsitektur modern dengan konsep lokal hindu yang bertebaran di berbagai macam titik strategi di Pulau Bali itu.
Pernik-pernik pariwisata juga banyak dijumpai sepanjang tempat di daratan pulau dewata itu, mulai dari pakai rantai, perhiasan, asesoris, barang antik dan lain-lain mudah dijumpai di pulau itu. Ketika matahari terbenam para pengunjung pariwisatapun dimanjakan dengan keindahan pemandangan senja hari yaitu tanah lot, kemudian diteruskan dengan makan malam yang romantis di bawah indahnya sinar rembulan/menonton tarian api bali dan pertunjukan keramaian tangan dan suara oleh tarian kecak.
Nah, kalau para turis pengen berjemur untuk mendapatkan kulit yang eksotis yaitu di Pantai Kutai ataupun bisa di drimlen itu panasnya 5 kali lipat di Pantai Kutai dan para wisatawan di tempat itu juga bisa menikmati jasa-jasa orang Bali, misalnya rambutnya di kebang kecil-kecil dan jasa tato. Kalau pingin melihat kata-kata yang paling nomer satu di dunia yaitu di Joger. Di situ kita dapat melihat aneka pernak-pernik, kaos, tas, sandal, sepatu, topi, gelas yang dihiasi kata-kata joger yang bikin ngakak yang bacanya. Tapi joger lebih suka dibilang joger itu jelek karena yang bagus, indah yaitu Pulau Bali.
Tempat Bali yang lebih disukai orang yang berlibur tapi tak cukup uang membeli aneka oleh-oleh yaitu Pasar Sukowati disitu barang-barang lebih murah-murah dan bisa pandai-pandai untuk tawar menawar barang.
Bali juga kita bisa menonton yang namanya tarian barong yang menyeritakan seorang kera. Itu aja dijamin para penontonnya akan terhibur sampai-sampai ngakak nonton kera itu. Tapi juga bisa membuat para penonton ketakutan. Pengen dingin di Bali yaitu kita pergi ke pegunungan khususnya di tempat bedugul yang suhunya lebih dingin dari pada di daerah lautan. tapi sana jalannya membuat kita tidak kuat dengan jalannya yang lika-liku dan penuh tanjakan tapi kalau sudah sampai disana kita bisa muter di danau untuk menikmati pesonanya indahnya alam dan bisa beli oleh-oleh buah-buahan seperti salak, setrobery , jeruk, manggis dll.
Dreamland : merupakan pantai kedua yang memiliki beberapa keindahan.
GWK     : tempat rekreasi budaya dan melihat hasil karya anak bangsa                                       berupa patung gradu kencana dan juga bisa menonton tarian kecak di malam hari.
          Pantai Sanur salah satu pantai yang banyak di kunjungi musim liburan anak sekolah karena aksesnya ke pantai sangat mmudah dan kita bisa ke pulau penyu jika yang berminat. Sanggeh merupakan hutan pala yang di huni oleh kumpulan kera atau monyet yang sangat jinak yang berada di pinggir jalan utama menuju plaga dari arah Denpasar yang merupakan obyek wisata budaya dan alam dan juga ada pohon yang diberi nama Lanang Wadon. Masyarakat Bali sebagian besar berprofesi sebagai seniman, yang trus berproduksi menghasilkan Karya Lukis atau Patungnya kemudian diapresiasikan melalui pameran, dna memproduksi berbagai cinderamata.

          Kehidupan masyarakat Bali kenal dengan kultur kereligiusan, oleh karena itu pada hari-hari tertentu mereka secara khusuk melakukan aktifitas persembahyangan. Pada waktu melakukan persembahyangan tersebut sangat mengundang perhatian para wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan upacara keagamaan mereka. Dalam  pelaksanaan upacara itu selalu ditandai dengan berarak-arakan membawa sejaji. Tempat persembahyangan orang Bali itu Pura. Untuk para umat Hindu masyarakat Bali hingga kini masih konsisten. Memegang kekentalan dengan kebudayaan lokal masyarakat Bali masih tetap terjaga keutuhannya serta mampu berdiri tegak dengan kokohnya. Masih terjaga dengan baik walaupun kerasnya arus globalisasi dengan membawa budaya barat itu terus menghantuinya.




















TUGAS SOSIOLOGI
ARTIKEL KEBUDAYAAN PULAU BALI


BALII.jpg












Disusun oleh :
Nama        :  1.  Indah Widia Pornamasari
                     2.  Lisviana Dewi
Kelas        :  XI IPS 3





 
SMA NEGERI 1 NALUMSARI
JEPARA
TP. 2014/2015

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

TUGAS AKHIR PROGRAM

WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA