wisata ke kubah emas dan TMII



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Identifikasi Masalah
                Sebelum  kami berangkat kami telah mempersiapkan segala sesuatu dengan yang setiap kelompok yang kami pilih berdasarkan voting. Ketua kelompok kami cukup bertanggung jawab. Setelah pembentukan kelompok, kami selanjutnya melakukan pembagian tugas cermat antara lain pembagian kelompok.
                Selanjutnya, kami merumuskan beberapa pertanyaan yang jawabannya kami  cari di objek wisata. Hal ini kami maksudkan sesuai dengan tujuan yang kami rumuskan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut antara lain sebagai berikut:
1.   Apa nama objek wisata tersebut?
2.   Mengapa objek wisata tersebut didirikan?
3.   Apa manfaat objek wisata tersebut bagi masyarakat sekitarnya?
4.   Apa saja yang menarik di objek wisata tersebut?
5.   Keistimewaan apa yang dimiliki objek tersebut?
          Dengan lima pertanyaan dasar tersebut kami anggap sudah cukup memadai untuk kami gunakan sebagai instrumen penggalian data. Dari empat anggota kami harus membawa lima pertanyaan tersebut sebagai pedoman dalam melakukan observasi di objek wisata.

B.  Tujuan Penulisan Laporan
                Tujuan penulisan laporan ini untuk mengetahui kemampuan menulis laporan teori penulisan kami terima pada semester dua. Memang selama ini kami masih terasa asing dalam  penulisan laporan ini. Kesulitan kami secara umum adalah  mengungkapkan gagasan yang ada dalam angan-angan kami. Kesulitan tersebut menurut guru pembimbing kami. Karena kami kurang berlatih mengekspresikan gagasan dalam bentuk tulisan. Hal ini memberi dampak yang fatal dalam menyusun kalimat yang tepat sesuai dengan gagasan yang ada.
                Selain itu, hasil penulisan laporan ini sebagai pengganti ujian praktik mata pelajaran Bahasa Indonesia pada ujian akhir sekolah, yang akan jatuh pada bulan Maret 2010 mendatang. Oleh karena itu, kami mempersiapkan diri untuk mendapatkan nilai bagus.

C.  Sistematika Penulisan
                Penulisan laporan ini kami susun sesuai pembagian tugas yang telah kita sepakati bersama. Setiap anggota mempunyai peluang untuk melaporkan pengamatannya. Setelah menyusun laporan hasil pengamatannya, kami kumpulkan untuk kami model menjadi  sebuah laporan yang utuh, lengkap, dan tetap  mengutamakan kwalitas laporan tersebut.
                Sesuai ketentuan, laporan kami susun menjadi tiga bab. Bab pertama, pendahuluan yang meliputi latar belakang masalah, identifikasi masalah, sistematika penulisan dan tujuan penulis laporan. Bab kedua berisi deskripsi objek wisata yang telah dikunjungi.

D.  Tehnik Pengumpulan Data
                Penulisan laporan ini dilakukan dengan tehnik pengmatan pencatatan dan wawancara. Pengamatan diarahkan pada objek yang kami kunjungi, pencatatan digunakan untuk mencatat hal yang penting dari narasumber, wawancara digunakan untuk memperoleh informasi dari narasumber. Sedangkan narasumber yang kami gunakan yaitu narasumber yang bertugas memandu kami sepanjang karya wisata ini kami lakukan. 








E.  Jadwal Kegiatan
Hari/tanggal
Nomor Kegiatan
Waktu
Keterangan
Rabu,
23 Desember 2009
1
14.30
Kami berangkat menuju Jakarta
2
18.00
Makan malam di restoran JATIM
Kamis,
24 Desember 2009
3
05.45
Sampai di pantai Ancol
4
07.00
Makan di restoran laut biru
5
08.40
Menuju Atlantis
6
13.00
Tiba di DUFAN dan makan siang di RM. Columbus.
7
17.00
Bersenang-senang di parkiran Ancol
8
10.00
Berangkat menuju Jepara
Jum’at,
25 Desember 2009
9
19.00
Makan malam di Indramayu
10
19.30
Beli oleh-oleh
11
20.30
Berangkat
12
04.00
Tiba di SMP  N 2 Nalumsari tercinta















BAB II
DESKRIPSI OBJEK WISATA

A.  Atlantis Water Adventure (AWA)
                  Pagi itu matahari nampak tersembunyi dibalik gumpalan awan mendung, namun sama sekali tidak mengurangi suasana  ceria di wahana air Atlantis Water Adventure (AWA). Beberapa pengunjung malah  menyukai kondisi cuaca saat itu karena berarti mengurangi kemungkinan “gosong” pada warna kulit akibat bermain air di bawah terik matahari.
                  Atlantis Water Adventure (AWA) merupakan wahana yang relatif baru yang merupakan pengembangan dari wahana gelanggangan  renang Ancol yang lama. Wahana baru ini memiliki sejumlah fasilitas  baru yang siap menghibur pengunjung dengan mascot utama berupa kolam ombak buatan. Ombak buatan  disebuah kolam renang? Ya, pada kolam utama yang terletak di tengah area ini, pada jam-jam teretentu akan memiliki ombak yang dihasilkan oleh gerakan dua turbin raksasa yang ada di bagian belakang kolam. Meskipun berupa ombak buatan tapi jangan anggap remeh karena ombak yang dihasilkannya memiliki daya dorong yang tidak kalah beda dengan ombak laut pada umumnya. Desain dasar kolamnya juga menyerupai bentuk pantai umumnya yakni melandai dengan gradasi warna dasar kolam mulai dari putih (dangkal) hingga biru (dalam).
                  Di sekitar kolam utama terdapat sungai arus yang memungkinkan bagi pengunjung untuk bermalas-malasan di  di atas pelampung mengitari kolam tanpa perlu bersusah payah  berenang. Di beberapa bagian dari sungai arus  terdapat gua buatan dsengan stalagtit yang menghancurkan air pada ujung-ujungnya. Di beberapa  tempat dari tepian sungai atus juga banyak terdapat  pancuran air, demikian pula pada bagian dasarnya ada yang mengeluarkan gelembung-gelembung  air kesemuanya itu memberikan hiburan tersendiri bagi pengunjung.
                  Kolam utama pada jam-jam tertentu menghasilkan ombak buatan. Tepian kolam   dibuan landai dengan warna yang bergradasi dari warna putih pasir hingga biru muda. Bagi anak-anak balita, kolam bola mungkin merupakan tempat yang paling mengasyikkan untuk bermain. Ratusan bola warna-warni menyelimuti

B.  DUFAN (Dunia Fantasi)
                  DUFAN merupakan rekreasi berskala  besar dan bertaraf internasional. Dunia Fantasi mengoperasikan sejumlah wahana hiburan dan permainan dengan tema spesifik tertentu. Masing-masing dibagi atas kawasan-kawasan yaitu kawasan Eropa, kawasan Jakarta, kawsan Hikayat, kawasan Amerika, dan kawasan Asia.
                  Fasilitas yang terdapat  di DUFAN  antara lain : parade DUFAN, ontang-anting, halilintar, tornado, arung jeram, kora-kora, dan lain-lain. Di dalam bus kami sudah diberi karcis oleh panitia, untuk memasuki wahana permainan tetapi harus menunjukkan karcis, kemudian tangan kami di stempel yang bertuliskan DUFAN, selagi tangan masih berstempel kita bisa mencoba permainan apa saja tanpa harus membayar kupon.
                  Dari permainan yang ada kami memilih istana boneka terlebih dahulu. Di istana boneka kita tidak perlu berjalan karena sudah disediakan perahu kecil yang bisa memuat 8 orang, kita berjalan mengikuti arus yang sangat tenang, suasana  yang tenang terasa di dalam. Setelah dari istana  boneka, kami melanjutkan permainan ke Arung Jeram, kami menaiki  sebuah perahu yang bentuknya seperti donat, yang dapat memuat 8 orang. Kami dibawa mengikuti arus yang sangat deras dan jalur yang berkelok-kelok, sesekali ada percikan air dari atas dan pada saat jalur menikung perahu kami terhempas air byuuuuuur basah dech






BAB III
PENUTUP

                Puji syukur  kehadirat Allah swt atas segala rahmat dn hidayah-Nya sehingga dapat menyusun laporan larya tulis ini meskipun tidak sempurna hal ini akan sadari sepenuhnya bahwa manusia itu selalu dalam keterbatasan sehingga dapat kita sadari bagaikan pepatah “ Tiada manusia yang sempurna”.

A.  Simpulan
                Dari uraian yang kami sampaikan di atas dapat kami sampaikan sebagai berikut :
      1.   Atlantis merupakan wahana wisata dunia air yang sangat luas dan paling cocok untuk wisata bersama.
      2.   DUFAN merupakan area permainan seru dan menjadi impian anak Indonesia, permainannya cukup lengkap dan berfariasi.
      3.   Pantai ancol merupakan wisata pantai yang sejuk  dan nyaman di pantai ini pemandangannya  cukup indah, khususnya bila matahari tenggelam.

B.  Saran
                  Keindahan adalah hal yang yang selalu didambakan oleh setiap orang. Untuk menjaga keindahan yang ada, kita harus tetap lestari kami hendak memberikan saran sebagai berikut :
1.   Kebersihan dan keindahan harus tetap di tanamkan pada generasi muda dengan membiasakan di lingkungannya sendiri.
2.   Kami sarankan kepada adik-adik kelas untuk gemar menabung mulai saat ini.





DAFTAR PUSTAKA

Badudu, J, S. 1983. Membina Indonesia Baku. Bandung. Balai Pustaka.
Parera, Josh, Daniel. 1999. Pintar Berbahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Pendit, Nyoman, S. 1990. Ilmu Pariwisata. Jakarta. Paradnya Paramita.
Surono. 1981. Ikhtisar Seni Sastra. Solo. Tiga Serangkai.
Tarigan, Henry, Guntur. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
Tarigan, Djogo. 1998. Pintar Berbahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka
























 
 
PENGESAHAN


Laporan ini telah diterima dan disahkan di Jepara, pada :
Hari         :
Tanggal   :
Oleh


Pembimbing




Drs. Edy Susanto
NIP. 132227674
Pembimbing




Nis Solikhah, S.Pd
NIP. 500170762

Mengetahui,
Kepala sekolah SMP N 2 Nalumsari




Drs. Nor Yadi
NIP. 131839246














ii
 
 
MOTTO

Karya tulis ini dapat kami selesaikan dengan baik karena MOTTO kami :
“Kita takkan belajar bila kita tidak melakukan kesalahan”


PERSEMBAHAN
Karya tulis ini dengan sepenuh hati, kami persembahkan untuk :
1.   Ayah dan bunda tersayang
2.   Bapak Drs. Nor Yadi, Kepala sekolah SMP N 2 Nalumsari
3.   Bapak Drs. Edy Susanto, sebagai pembimbing dalam pembuatan laporan.
4.   Bapak dan Ibu guru SMP N 2 Nalumsari
5.   Adik kelas yang kami sayangi.



















iii
 
 
KATA PENGATAR

          Kami panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya yang berupa kesehatan, kekuatan dan kebahagiaan lahir dan batin, sehingga kami dapat melaksanakan  tugas dengan baik.
          Karya tulis ini kami buat semaksimal mungkin. Agar dapat kami ajukan untuk memenuhi syarat menempuh Ujian Nasional dan Ujian Akhir sekolah tahun 2009/2010.
          Karya  tulis ini kami susun berdasarkan data yang kami peroleh melalui observasi serta menggunakan beberapa referensi yang kami  peroleh melalui wawancara ataupun kajian pustaka yang kami susun dengan  harapan dapat bermanfaat bagi pembacanya.
          Kami ucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu menyusun karya tulis ini khususnya kepada ibu Nis Solikhah, S.Pd sebagai guru pembimbing kami.


Nalumsari, 12 Januari 2010
Penulis,













iv
 
 
DAFTAR ISI

Halaman Judul  ............................................................................................         i
Pengesahan ..................................................................................................        ii
MOTTO dan persembahan ..........................................................................       iii
Kata Pengantar .............................................................................................      iv
Daftar isi ......................................................................................................        v

BAB I PENDAHULUAN
A.  Identifikasi masalah ...............................................................................        1
B.  Tujuan penulisan masalah ......................................................................        1
C.  Sistematika penulisan .............................................................................        2
D.  Tehnik pegumpulan data ........................................................................        2
E.   Jadwal kegiatan ......................................................................................       3

BAB II PENGAMATAN OBJEK WISATA
A.  Atlantis Water Adventure ......................................................................       4
B.  DUFAN (Dunia Fantasi .........................................................................       5

BAB III PENUTUP
A.  Simpulan ................................................................................................        6
B.  Saran .......................................................................................................       6









DAFTAR PUSTAKA


v
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

TUGAS AKHIR PROGRAM

WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA