SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A.
Topik Pembahasan : Topik bebas
B.
Bidang
Bimbingan : Pribadi
dan Sosial
C.
Jenis
Layanan :
Layanan Bimbingan Kelompok
D.
Fungsi
Layanan :
Pemahaman dan Pencegahan
E.
Tujuan
Layanan :
-
Siswa mampu/berani mengutarakan pendapat, ide
dan saran.
-
Siswa mampu membahas dan memahami permasalahan yang
muncul dan mencari solusinya
F. Sasaran Layanan : Siswa SMA 1 Gebog kelas X-9
G.
Uraian
Kegiatan & Materi Layanan :
1.
Kegiatan Praktikan :
a.
Tahap I
(Tahap Awal/Pembentukan)
-
Mempersiapkan
calon anggota kelompok
-
Membentuk
kelompok agar dinamika kelompok berkembang
-
Salam
-
Berdoa
-
Menjelaskan
beberapa hal yang akan dikaji dalam bimbingan kelompok (arti/tujuan bimbingan
kelompok, cara pelaksanaan, dan azas yang digunakan)
-
Perkenalan
b.
Tahap II
(Tahap Peralihan)
-
Menjelaskan
kembali bimbingan kelompok
-
Membangkitkan
siswa mengemukakan pendapat sebagai topik
-
Menetapkan
topik yang akan dibahas
c.
Tahap III
(Tahap Kegiatan)
-
Bersama
anggota kelompok, membahas topik yang ditetapkan
-
Selingan
berupa permainan
d.
Tahap IV
(Tahap pengakhiran)
-
Membacakan
kesimpulan hasil diskusi
-
Meminta
kesan-kesan kepada peserta kelompok dan mengadakan kontrak kemungkinan
pertemuan berikutnya
-
Do’a
-
Salam
2.
Kegiatan
Siswa :
a.
Tahap I
-
Memperkenalkan
diri
-
Menciptakan
suasana kelompok yang dinamis
b.
Tahap II
-
Memperhatikan
penjelasan pimpinan kelompok dan bertanya jika kurang jelas
-
Aktif
mengemukakan pendapat
c.
Tahap III
-
Aktif
membahas pendapat anggota kelompok
-
Berusaha
mengembangkan pikiran, usul, saran dan memberikan alternatif jalan keluar pemecahan
masalah
d.
Tahap IV
-
Mendengarkan
pembacaan hasil diskusi
-
Menyampaikan
kesan-kesan
3.
Materi
Layanan :
-
Materi
umum yang muncul dari anggota kelompok
H. Metode :
Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
I.
Tempat
penyelenggaraan : Aula
J.
Waktu,
hari, tanggal : 2x45
menit, Selasa, 23 Oktober 2012
K.
Penyelenggara
layanan : Farida
Azza Wakhidah (Praktikan )
L.
Pihak yang
disertakan :
Purwaningsih, S.Pd. (Guru Pembimbing)
M.
Alat dan
perlengkapan yang digunakan :
-
Alat tulis
untuk mencatat
N.
Rencana
penilaian dan tindak lanjut :
-
Mengamati antusias dan aktivitas siswa dalam
mengikuti kegiatan bimbingan kelompok
-
Kemampuan
siswa dalam mengemukakan pendapat dan
memberikan respon
O.
Keterkaitan
layanan ini dengan layanan pendukung :
-
Himpunan
data
-
Aplikasi
instrumentasi
P.
Catatan khusus : Layanan ini akan berhasil, jika
terjadi dinamika
kelompok yang hidup
Kudus , 23 Oktober 2012
Pembimbing
Praktikan
Purwaningsih, S.Pd. Farida Azza Wakhidah
NIP.
19830405 200903 2 009
NIM. 2009-31-241
Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan
Gudnanto, S.Pd. Kons
NIDN. 0610107903
LAPORAN
PELAKSANAAN DAN EVALUASI,
ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN
DAN KONSELING
A.
Topik
Pembahasan :
Topik bebas
B.
Spesifikasi
Bimbingan
1.
Bidang
Bimbingan : Pribadi
dan Sosial
2.
Jenis
Layanan :
Layanan Bimbingan Kelompok
3.
Fungsi
Layanan :
Pemahaman dan Pencegahan
C.
Sasaran
Layanan :Siswa kelas
X-9 SMA 1 Gebog Kudus
sebanyak 10 orang, antara lain :
1. PW2012087 6. PW2012092
2. PW2012088 7. PW2012093
3. PW2012089 8. PW2012094
4. PW2012090 9. PW2012095
5. PW2012091 10. PW2012096
D.
Pelaksanaan
Layanan
1.
Waktu,
hari, tanggal : 2x45
menit, Selasa, 23 Oktober 2012
2.
Tempat : Aula
3.
Deskripsi
dan komentar tentang pelaksanaan layanan :
-
Siswa
aktif dan antusias mengikuti layanan bimbingan kelompok
-
Siswa memperoleh pemahaman baru tentang topik yang dibahas
-
Siswa akan menerapkan layanan yang diberikan oleh
praktikan
-
Ada 10
permasalahan yang muncul, yakni :
a)
Patah Hati
b)
Nilai Jeblok
c)
Kurang
Konsentrasi Pelajaran
d)
Kurang
Bergaul
e)
Konflik
dengan Orangtua
f)
Cinta Tak
Sampai
g)
Dampak
Facebook Bagi Remaja
h)
Kasmaran
i)
Pengen
Ketemu Idola
j)
Malas
Belajar
Dari ke-10 topik tersebut yang telah
disepakati untuk dibahas bersama dalam bimbingan kelompok adalah “Dampak Facebook Bagi Remaja”
E.
Evaluasi
1.
Cara-cara
penilaian :
-
Mengamati dan memberikan lembar evaluasi kepada siswa
-
Mengamati
kemampuan siswa dalam mengutarakan pendapat, ide dan saran serta memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dan
mengerjakan lembar evaluasi yang diberikan.
2.
Deskripsi
dan komentar tentang hasil penilaian :
-
Siswa antusias mengikuti Bimbingan kelompok
-
Siswa memperoleh pemahaman baru tentang dampak dari
facebook.
-
Siswa
dapat mengemukakan pendapat, ide dan saran serta dapat memahami dan memecahkan
masalah/topik dengan baik
-
Siswa
dapat memahami tentang bagaimana menggunakan facebook yang baik
F.
Analisa
Hasil Penilaian
1.
Cara-cara
penilaian :
-
Menyimpulkan
hasil pengamatan
2.
Deskripsi
dan komentar tentang hasil penilaian :
-
Siswa
melaksanakan bimbingan kelompok dengan
baik
-
Siswa merasa senang karena mendapat tambahan wawasan
dan pengetahuan tentang bagaimana
menggunakan facebook yang baik
G.
Tindak
Lanjut
1.
Cara-cara
tindak lanjut :
-
Mengamati sikap maupun perilaku siswa dalam menggunakan facebook
disekolah.
2.
Deskripsi
dan komentar tentang tindak lanjut
-
Masih
dalam proses pemantauan.
Kudus, 23 Oktober 2012
Pembimbing
Praktikan
Purwaningsih, S.Pd. Farida Azza Wakhidah
NIP.
19830405 200903 2 009
NIM. 2009-31-241
Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan
Gudnanto, S.Pd. Kons
NIDN. 0610107903
RESUME BIMBINGAN KELOMPOK
- Bentuk layanan : Bimbingan Kelompok
- Penyelenggara layanan : Farida Azza Wakhidah (Praktikan)
C. Sasaran Layanan : Siswa kelas X-9 SMA 1 Gebog Kudus
sebanyak 10 orang, antara lain:
1. PW2012087 6. PW2012092
2. PW2012088 7. PW2012093
3. PW2012089 8. PW2012094
4. PW2012090 9. PW2012095
5. PW2012091 10. PW2012096
D.
Waktu dan
Pelaksanaan : 2x45
menit, Selasa, 23 Oktober 2012
- Lingkup pembicaraan
1.
Sifat
topik :
Bebas
2.
Masalah
yang muncul :
a.
PW2012087 : Patah Hati
b.
PW2012088 : Nilai Jeblok
c.
PW2012089 : Kurang
Konsentrasi Pelajaran
d.
PW2012090 : Kurang
Bergaul
e.
PW2012091 : Konflik dengan
Orangtua
f.
PW2012092 : Cinta Tak Sampai
g.
PW2012093 : Dampak Facebook Bagi Remaja
h.
PW2012094 : Kasmaran
i.
PW2012095 : Pengen Ketemu Idola
j.
PW2012096 : Malas Belajar
3.
Prioritas
penanganan masalah :
-
Dampak
Facebook Bagi Remaja
4.
Pemecahan
masalah :
-
Dampak
Facebook Bagi Remaja
5.
Tanggapan,
ide-ide, saran dan solusi dari anggota kelompok
. a.
PW2012087 :Facebook
menurut saya adalah salah satu situs yang ada didalam internet yang berfungsi
sebagai sarana pengenalan teman bergaul didunia maya.
b. PW2012088 :Menurut
saya facebook adalah sarana penghubung dari berbagai
kalangan.
c. PW2012089 :Karena saya tidak pernah menggunakan facebook, jadi menurut saya
hanya akan menghamburkan waktu saja.
d. PW2012090 :Mungkin yang
tidak pernah/tidak tau facebook pasti mengira hanya menghamburkan uang dan
waktu saja.tetapi selain untuk mencari teman lewat jaringan facebook juga
terdapat banyak manfaat, diantaranya sebagai sarana promosi atau bisa juga
untuk menyalurkan hoby.
e. PW2012091 :Dampak negative dalam menggunakan
facebook juga akan menyertai, seperti waktu belajar berkurang,karena asyik
facebookan biasanya mau belajar menjadi malas.
f. PW2012092 :Dampaknya juga dapat mengganggu
kesehatan terutama mata, karena kita kelamaan berfacebookan biasanya mata akan
cepat lelah.
g. PW2012093 :Facebook yang terlihat tidak hanya
berdampak negative saja, tapi ada juga dampak positifnya kalau kita bisa
mengoprasikanya sesuai norma.
h. PW2012094 :Menurut saya facebookan hanya
membuang waktu saja dan tidak terlalu penting karena biaya aupun kesehatan akan
terganggu.
i. PW2012095 :Karena saya
tidak punya hp jadi saya tidak bisa memberikan pendapat.
j. PW2012096 :Menurut saya dengan kita mengenal
situs facebook kita bisa menambah pengalaman dan wawasan serta tidak gaptek.
6.
Simpulan
pemecahan masalah
a.
PK (Pemimpin
Kelompok) : facebook adalah jejaring
social yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh, dan juga pencarian teman
baru melalui dunia maya. Selain itu menggunakan facebook juga ada dampak/akibat
yang diperoleh, akibat positif diantaranya sebagai sarana untuk berbagi dengan
teman baik suka dan bahagia, sarana untuk promosi,apabila dalam dunia bisnis
kita dapat menggunakan lewat facebook untuk mempromosikan usaha kita lewat
brosur yang ditampilkan difacebook, untuk menyalurkan hobi seperti menulis dll.sedangkan
dampak negative ,tidak peduli dengan lingkungan sekitar, menghamburkan
uang,kesehatan terganggu terutama mata, kurangnya waktu belajar,tesebarnya data
pribadi. Dalam menggunakan facebook juga ada etikanya, jangan menulis status
hubungan secara jelas, siapkan diri
ketika berteman dengan seseorang yang pernah mengajak untuk berkencan,jangan
curhat dan buka rahasia kenali perbedaan antara wall and message.
7.
Rencana
pelaksanaan dan hasil keputusan
-
Diharapkan
siswa dapat menerapkan cara berfacebookan, baik
dilingkungan sekolah maupun dirumah.
8.
Kesan dan
pesan :
-
Sangat
menyenangkan karena dapat berdiskusi dengan teman-teman dan mendapatkan informasi cara facebookan yang baik
sehingga akan terhindar dari hal-hal yang tidak diingikan.
-
Sebaiknya
layanan bimbingan kelompok sering diberikan oleh guru pembimbing supaya siswa
mampu meningkatkan wawasannya.
Kudus, 23 Oktober 2012
Pembimbing
Praktikan
Purwaningsih, S.Pd. Farida Azza Wakhidah
NIP.
19830405 200903 2 009
NIM. 2009-31-241
Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan
Gudnanto, S.Pd. Kons
NIDN. 0610107903
Komentar
Posting Komentar