SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik Pembahasan                              : Topik bebas
B.     Bidang Bimbingan                              : Pribadi dan Sosial
C.     Jenis Layanan                                     : Layanan Bimbingan Kelompok
D.    Fungsi Layanan                                  : Pemahaman dan Pencegahan
E.     Tujuan Layanan                                  :
-          Siswa mampu/berani mengutarakan pendapat, ide dan saran.
-          Siswa mampu membahas dan memahami permasalahan yang muncul dan mencari solusinya
F.      Sasaran Layanan                                 : Siswa SMA 1 Gebog kelas X-9
G.    Uraian Kegiatan & Materi Layanan   :
1.      Kegiatan  Praktikan                      :
a.       Tahap I (Tahap Awal/Pembentukan)
-            Mempersiapkan calon anggota kelompok
-            Membentuk kelompok agar dinamika kelompok berkembang
-            Salam
-            Berdoa
-            Menjelaskan beberapa hal yang akan dikaji dalam bimbingan kelompok (arti/tujuan bimbingan kelompok, cara pelaksanaan, dan azas yang digunakan)
-            Perkenalan
b.      Tahap II (Tahap Peralihan)
-            Menjelaskan kembali bimbingan kelompok
-            Membangkitkan siswa mengemukakan pendapat sebagai topik
-            Menetapkan topik yang akan dibahas
c.       Tahap III (Tahap Kegiatan)
-            Bersama anggota kelompok, membahas topik yang ditetapkan
-            Selingan berupa permainan

d.      Tahap IV (Tahap pengakhiran)
-            Membacakan kesimpulan hasil diskusi
-            Meminta kesan-kesan kepada peserta kelompok dan mengadakan kontrak kemungkinan pertemuan berikutnya
-            Do’a
-            Salam
2.      Kegiatan Siswa                             :
a.       Tahap I
-            Memperkenalkan diri
-            Menciptakan suasana kelompok yang dinamis
b.      Tahap II
-            Memperhatikan penjelasan pimpinan kelompok dan bertanya jika kurang jelas
-            Aktif mengemukakan pendapat
c.       Tahap III
-            Aktif membahas pendapat anggota kelompok
-            Berusaha mengembangkan pikiran, usul, saran dan memberikan alternatif jalan keluar pemecahan masalah
d.      Tahap IV
-            Mendengarkan pembacaan hasil diskusi
-            Menyampaikan kesan-kesan
3.      Materi Layanan                             :
-            Materi umum yang muncul dari anggota kelompok
H.    Metode                                                : Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
I.        Tempat penyelenggaraan                    : Aula
J.       Waktu, hari, tanggal                           : 2x45 menit, Selasa, 23 Oktober 2012
K.    Penyelenggara layanan                       : Farida Azza Wakhidah (Praktikan )
L.     Pihak yang disertakan                         : Purwaningsih, S.Pd. (Guru Pembimbing)
M.   Alat dan perlengkapan yang digunakan         :
-          Alat tulis untuk mencatat

N.    Rencana penilaian dan tindak lanjut   :
-          Mengamati antusias dan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok
-          Kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan memberikan respon
O.    Keterkaitan layanan ini dengan layanan pendukung  :
-          Himpunan data
-          Aplikasi instrumentasi
P.                                                                                                                                 Catatan khusus                                  : Layanan ini akan berhasil, jika terjadi dinamika
  kelompok yang hidup


Kudus , 23 Oktober 2012

Pembimbing                                                                                   Praktikan
 
Purwaningsih, S.Pd.                                                                     Farida Azza Wakhidah
     NIP. 19830405 200903 2 009                                                       NIM. 2009-31-241

Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan


Gudnanto, S.Pd. Kons
            NIDN. 0610107903






 LAPORAN
PELAKSANAAN DAN EVALUASI, ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik Pembahasan                              : Topik bebas
B.     Spesifikasi Bimbingan
1.      Bidang Bimbingan                        : Pribadi dan Sosial
2.      Jenis Layanan                               : Layanan Bimbingan Kelompok
3.      Fungsi Layanan                            : Pemahaman dan Pencegahan
C.                                                                                                                             Sasaran Layanan                                 :Siswa kelas X-9 SMA 1 Gebog Kudus
  sebanyak 10 orang, antara lain :
1. PW2012087           6. PW2012092
2. PW2012088           7. PW2012093
3. PW2012089           8. PW2012094
4. PW2012090           9. PW2012095
5. PW2012091           10. PW2012096
D.    Pelaksanaan Layanan 
1.      Waktu, hari, tanggal                     : 2x45 menit, Selasa, 23 Oktober 2012
2.      Tempat                                          : Aula
3.      Deskripsi dan komentar tentang pelaksanaan layanan :
-          Siswa aktif dan antusias mengikuti layanan bimbingan kelompok
-          Siswa memperoleh pemahaman baru tentang topik yang dibahas
-          Siswa akan menerapkan layanan yang diberikan oleh praktikan
-          Ada 10 permasalahan yang muncul, yakni :
a)      Patah Hati
b)      Nilai Jeblok
c)      Kurang Konsentrasi Pelajaran
d)      Kurang Bergaul
e)      Konflik dengan Orangtua
f)       Cinta Tak Sampai
g)      Dampak Facebook Bagi Remaja
h)      Kasmaran
i)       Pengen Ketemu Idola
j)       Malas Belajar
Dari ke-10 topik tersebut yang telah disepakati untuk dibahas bersama dalam bimbingan kelompok adalah Dampak Facebook  Bagi Remaja”
E.     Evaluasi
1.      Cara-cara penilaian           :
-          Mengamati dan memberikan lembar evaluasi kepada siswa
-          Mengamati kemampuan siswa dalam mengutarakan pendapat, ide dan saran serta memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dan mengerjakan lembar evaluasi yang diberikan.
2.      Deskripsi dan komentar tentang hasil penilaian   :
-          Siswa antusias mengikuti Bimbingan kelompok
-          Siswa memperoleh pemahaman baru tentang dampak dari facebook.
-          Siswa dapat mengemukakan pendapat, ide dan saran serta dapat memahami dan memecahkan masalah/topik dengan baik
-          Siswa dapat memahami tentang bagaimana menggunakan facebook yang baik
F.      Analisa Hasil Penilaian
1.      Cara-cara penilaian           :
-          Menyimpulkan hasil pengamatan
2.      Deskripsi dan komentar tentang hasil penilaian   :
-          Siswa melaksanakan  bimbingan kelompok dengan baik
-          Siswa merasa senang karena mendapat tambahan wawasan dan pengetahuan  tentang bagaimana  menggunakan facebook yang baik
G.    Tindak Lanjut
1.      Cara-cara tindak lanjut      :
-          Mengamati sikap maupun perilaku siswa dalam menggunakan facebook disekolah.



2.      Deskripsi dan komentar tentang tindak lanjut
-          Masih dalam proses pemantauan.

Kudus, 23 Oktober 2012

Pembimbing                                                                                   Praktikan
 
Purwaningsih, S.Pd.                                                                     Farida Azza Wakhidah
     NIP. 19830405 200903 2 009                                                       NIM. 2009-31-241

Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan


Gudnanto, S.Pd. Kons
            NIDN. 0610107903







                                                                   






RESUME BIMBINGAN KELOMPOK

  1. Bentuk layanan                                   : Bimbingan Kelompok
  2. Penyelenggara layanan                       : Farida Azza Wakhidah (Praktikan)
C.    Sasaran Layanan                                 : Siswa kelas X-9 SMA 1 Gebog Kudus    
                                                                    sebanyak 10 orang, antara lain:
1. PW2012087           6. PW2012092
2. PW2012088           7. PW2012093
3. PW2012089           8. PW2012094
4. PW2012090           9. PW2012095
5. PW2012091           10. PW2012096
D.    Waktu dan Pelaksanaan                      : 2x45 menit, Selasa, 23 Oktober 2012
  1. Lingkup pembicaraan
1.      Sifat topik                                     : Bebas
2.      Masalah yang muncul                   :
a.       PW2012087    :  Patah Hati
b.      PW2012088    :  Nilai Jeblok
c.       PW2012089    :  Kurang Konsentrasi Pelajaran
d.      PW2012090    :  Kurang Bergaul
e.       PW2012091    :  Konflik dengan Orangtua
f.        PW2012092    : Cinta Tak Sampai
g.      PW2012093    : Dampak Facebook Bagi Remaja
h.      PW2012094    : Kasmaran
i.        PW2012095    : Pengen Ketemu Idola
j.        PW2012096    : Malas Belajar
3.      Prioritas penanganan masalah       :
-          Dampak Facebook Bagi Remaja
4.      Pemecahan masalah                      : 
-          Dampak Facebook Bagi Remaja


5.      Tanggapan, ide-ide, saran dan solusi dari anggota kelompok
.                 a. PW2012087           :Facebook menurut saya adalah salah satu situs yang ada didalam internet yang berfungsi sebagai sarana pengenalan teman bergaul didunia maya.         
b. PW2012088           :Menurut saya facebook adalah sarana penghubung dari berbagai kalangan.
c. PW2012089           :Karena saya tidak pernah menggunakan facebook, jadi menurut saya hanya akan menghamburkan waktu saja.
                  d. PW2012090           :Mungkin yang tidak pernah/tidak tau facebook pasti mengira hanya menghamburkan uang dan waktu saja.tetapi selain untuk mencari teman lewat jaringan facebook juga terdapat banyak manfaat, diantaranya sebagai sarana promosi atau bisa juga untuk  menyalurkan hoby.
                  e. PW2012091           :Dampak negative dalam menggunakan facebook juga akan menyertai, seperti waktu belajar berkurang,karena asyik facebookan biasanya mau belajar menjadi malas.
                  f. PW2012092           :Dampaknya juga dapat mengganggu kesehatan terutama mata, karena kita kelamaan berfacebookan biasanya mata akan cepat lelah.
                  g. PW2012093           :Facebook yang terlihat tidak hanya berdampak negative saja, tapi ada juga dampak positifnya kalau kita bisa mengoprasikanya sesuai norma.
                  h. PW2012094           :Menurut saya facebookan hanya membuang waktu saja dan tidak terlalu penting karena biaya aupun kesehatan akan terganggu.
                  i.  PW2012095           :Karena saya tidak punya hp jadi saya tidak bisa memberikan pendapat.
                  j. PW2012096            :Menurut saya dengan kita mengenal situs facebook kita bisa menambah pengalaman dan wawasan serta tidak gaptek.


6.      Simpulan pemecahan masalah
a.    PK (Pemimpin Kelompok)  : facebook adalah jejaring social yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh, dan juga pencarian teman baru melalui dunia maya. Selain itu menggunakan facebook juga ada dampak/akibat yang diperoleh, akibat positif diantaranya sebagai sarana untuk berbagi dengan teman baik suka dan bahagia, sarana untuk promosi,apabila dalam dunia bisnis kita dapat menggunakan lewat facebook untuk mempromosikan usaha kita lewat brosur yang ditampilkan difacebook, untuk menyalurkan hobi seperti menulis dll.sedangkan dampak negative ,tidak peduli dengan lingkungan sekitar, menghamburkan uang,kesehatan terganggu terutama mata, kurangnya waktu belajar,tesebarnya data pribadi. Dalam menggunakan facebook juga ada etikanya, jangan menulis status hubungan  secara jelas, siapkan diri ketika berteman dengan seseorang yang pernah mengajak untuk berkencan,jangan curhat dan buka rahasia kenali perbedaan antara wall and message.
7.      Rencana pelaksanaan dan hasil keputusan
-       Diharapkan siswa dapat menerapkan cara berfacebookan, baik dilingkungan sekolah maupun dirumah.














8.      Kesan dan pesan  :
-       Sangat menyenangkan karena dapat berdiskusi dengan teman-teman dan mendapatkan informasi cara facebookan yang baik sehingga akan terhindar dari hal-hal yang tidak diingikan.
-       Sebaiknya layanan bimbingan kelompok sering diberikan oleh guru pembimbing supaya siswa mampu meningkatkan wawasannya.

Kudus, 23 Oktober 2012

Pembimbing                                                                                   Praktikan
 
Purwaningsih, S.Pd.                                                                     Farida Azza Wakhidah
     NIP. 19830405 200903 2 009                                                       NIM. 2009-31-241

Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan


Gudnanto, S.Pd. Kons
            NIDN. 0610107903

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

TUGAS AKHIR PROGRAM

WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA