cara mudah mendapatkan pekerjaan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
          Sesudah menyelesaikan studi, langsung atau tidak langsung kita dituntut untuk masuk  ke dunia kerja. Dunia kerja sebenarnya bukan hal yang asing. Bahkan hal ini merupakan suatu keharusan bagi setiap orang yang ingin meraih masa depan. Beberapa instansi negeri atau swasta melakukan seleksi terhadap calon pegawai lebih dari delapan atau sepuluh tahap dengan mengeluarkan biaya puluhan juta rupiah. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya memilih tenaga kerja yang pas dan berkualitas. Berbagai tahapan harus dilalui dengan sebaik-baiknya agar kita sampai ke penghujung seleksi sehingga cita-cita untuk bergabung dengan suatu instansi atau perusahaan pun tercapai.
          Salah satu cara mengatasi kecemasan yang paling efektif adalah persiapan yang sempurna. Dengan kematangan persiapan itu, maka kita siap menempuh seleksi seketat apapun. Sebaliknya, karyawan merupakan sumber kekuatan sebuah perusahaan. Saat ini banyak perusahaan yang berusaha membantu karyawannya membangun karier yang membuat mereka menjadi semakin berharga (valuable) bagi perusahaannya. Pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam usaha untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki skill, ketrampilan, dan keahlian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dibutuhkan dalam proses penemuan dan pencapain karier.
1.2     Rumusan Masalah
          1.    Mengapa saya belum berhasil?
          2.    Apakah saya sudah melakukan semua hal yang wajib dan perlu dilakukan?
1.3  Tujuan Penulisan
          Penulisan karya tulis ini, yang ingin dicapai penulis adalah sebagai berikut :
          1.    Menyadarkan masyarakat tentang arti bekerja.
          2.    Mengetahui masyarakat cara mudah mencari pekerjaan yang strategis
1.4     Metode Penulisan
                    Metode penulisan yang digunakan oleh penulis yaitu mengambil dari buku atau study pustaka, media cetak, internet dan sumber-sumber terkait yang memuat segala hal tentang cara mencari pekerjaan.
1.5     Sistematika Penulisan
           Segala garis besar, karya tulis ini disusun menurut sistematika penulisan sebagai berikut :
          Bab    I      Pendahuluan
                           1.1 Latar Belakang Masalah
                           1.2 Rumusan Masalah
                           1.3 Tujuan Penulisan
                           1.4 Metode Penulisan
                           1.5 Sistematika Penulisan
          Bab    II     Kajian Pustaka
                           2.1 Mencari Informasi Kerja
                            2.2 Langkah Mendapatkan Pekerjaan
          Bab    III   Pembahasan dan Isi
                           3.1 Membuat surat lamaran kerja
                           3.2 Membuat Curiculum Vitae yang menjual
                            3.3 Kiat sukses melalui Interview
                            3.4 Strategi membuka percakapan dengan orang baru
          Bab    IV   Penutup
                           4.1 Simpulan
          DAFTAR PUSTAKA
          Lampiran













BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1     Mencari Informasi Kerja
                    Banyak sekali informasi yang dapat anda ketahui setelah melakukan identifikasi akan kemampuan, keinginan, kelemahan, dan sifat serta perencanaan jangka panjang anda. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, salah satunya antara lain :
Ø  Informasi Lowongan Kerja di Koran
Sekarang ini, banyak sekali penduduk yang berusia produktif tidak dapat pekerjaan ditambah lulusan perguruan yang semakin tinggi semakin meningkat, PHK terjadi dimana-mana.  Keadaan ini merupakan peluang bagi perusahaan media cetak untuk meningkatkan upah mereka. Amatilah koran-koran sekarang ini, dapat dipastikan terdapat topik yang khusus menyediakan Lowongan Pekerjaan dan berbagai perusahaan yang membutuhkan karyawan.
Ø  Informasi Kerja Melalui Teman, Rekan Kerja, maupun Keluarga
  Apa yang telah diamati penulis mengenai Lowongn Kerja, untuk perusahaan-perusahaan tertentu terkadang lebih mengutamakan mencari karyawan melalui rekan atau sanak saudara dari karyawan lama, yang telah lebih dulu bekerja di perusahaan tersebut. Salah satunya adalah agar diketahui dengan jelas karakter dari calon karyawan baru dan adanya jaminan dari karyawan lama. Disamping itu kemungkinan besar terjadi ikatan emosional antara calon karyawan baru dengan karyawan lama. Perusahaan-perusahaan ini akan memberikan informasi secara tertutup selama beberapa hari, setelah itu baru diinformasikan secara terbuka.
Ø  Informasi kerja dari Perguruan Tinggi
                    Ada beberapa cara untuk mencari informasi Lowongan Kerja, salah satunya adalah mendatangi Perguruan Tinggi. Biasanya Perusahaan-perusahaan yang menginginkan karyawan baru dengan latar belakang keilmuan tertentu yang sesuai dengan keinginan mereka atau mereka ingin mendapatkan calon karyawan baru yang rata-rata Fresh Graduated, Perusahaan tersebut akan melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi. Terutama Perguruan  Tinggi yang  sudah mempunyai nama, anggapan mereka di perguruan tinggi inilah banyak calon karyawan yang berkualitas dalam hal keilmuan secara teori dan nantinya teori-teori yang mereka dapatkan didalam perkuliahan, dapat diterapkan dalam kerja.
Ø   Informasi kerja dari Departemen Tenaga Kerja
                    Pemerintah sebagai penyelenggara Negara mempunyai Departemen khusus mengenai tenaga kerja. Disinilah informasi kerja dapat anda peroleh biasanya departemen tenaga kerja akan mengumumkan yang berhubungan dengan pemerintah, salah satunya lowongan untuk pegawai negeri atau tenaga kerja Indonesia yang akan dikirim keluar negeri.
Ø   Informasi kerja dari tenaga kerja
                    Selain Depnaker, kecenderungan sekarang ini banyak merebak biro penyalur tenaga kerja. Mereka bekerjasama dengan perusahaan untuk mencarikan calon karyawan yang sesuai dengan criteria-kriteria yang telah ditetapkan, informasi kerja dapat anda lihat disana.
Ø   Informasi kerja melalui internet
           Internet merupakan wahana untuk berinteraksi dengan dunia luar. Internet adalah sarana yang tepat bagi anda untuk mencari berbagai macam informasi, salah satunya lowongan pekerjaan. Anda sebagai calon karyawan yang berpotensi, alangkah baiknya sering menggunakan internet untuk melamar pekerjaan. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa anda telah terbiasa dengan perkembangan teknologi.

2.2    Langkah Mendapatkan Pekerjaan
                    Pearce Corps Comercial memiliki semboyan, “Jika Anda tidak melakukan apa-apa terhadap hidup anda, maka seberapa lama anda hidup tidak memiliki arti apa-apa lagi”. Semboyan itu merupakan inspirasi dan cambuk bagi setiap orang maju. Bekerja sebenarnya bukan saja untuk mencari nafkah, melainkan adalah memaksimalkan potensi diri sebagaimana Perintah Tuhan untuk memakmurkan dunia. Kata Gahlil Gibran dalam bahasa yang lebih sederhana, Siapakah yang mau menjadi penganggur, Ketika semua orang tekun bekerja? Tentu tidak ada. Jika kita menganggur, maka sebenarnya diri kita telah ditinggal oleh zaman yang melaju pesat. Akhirnya lama-lama kita akan disorientasi, lalu terkena penyakit jiwa berupa minder dan putus asa. Penyakit jiwa ini adalah penyakit yang paling mematikan buat masa depan kita. Nah, oleh sebab itu kita pantas dan seharusnya segera melakukan aksi nyata.
           Langkah pertama adalah menentukan tujuan karier. Tentuakan karier yang menjadi tujuan anda, perusahaan apakah yang cocok bagi anda, dan jika perlu tentukan pula lokasi dimana anda bekerja. Dengan menentukan tujuan karier anda akan memudahkan untuk merencanakan dan mengontrol capaian yang dikehendaki.
                    Langkah kedua adalah carilah alternative lowongan kerja sebanyak mungkin. Dewasa ini, informasi sangat luas, tidak hanya surat kabar, melainkan juga media lian, seperti papan info di kampus, bahkan media elektronik seperti radio, televise dan internet. Dewasa ini, peluang kerja di enternek sangat membludak. Anda tinggal buka situs internet tertentu dan menuliskan kata kuncinya. Maka jaringan situs yang memeliki  lowongan kerja akan muncul. Intinya, cari dari segala penjuru. Dapatkan sebanyak mungkin daftar perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Kalau perlu carilah akses untuk mendapatkan lowongan kerja yang tidak dipublikasikan.
         Langkah ketiga, siapkanlah career portfolio. Bulatlah career portfolio dengan menyiapkan dokumen-dokumen pelengkap yang dapat menunjang nilai tambah Anda seperti :
·        Surat Lamaran
·        Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae
·        Surat Rekomendasi, Piagam Penghargaan, dll.
·        Transkrip Nilai, Ijazah, Sertifikat, dll.
·        Pas Photo
·        Kartu Nama (jika ada)
Career portfolio itu akan mempercepat proses jika suatu ketika Anda menemukan peluang yang cocok. Maka langkah berikutnya adalah mencari informasi perusahaan yang Anda lamar. Anda juga perlu menyadari mengenai pernyataan pahit yang harus diterima oleh para pekerja karena terkena PHK atau para job seeker yang ‘dipercaya’ oleh si Bos.
















BAB III
PEMBAHASAN DAN ISI

3.1     Membuat Surat Lamaran Kerja
                      Cara praktis dan jita membuat Surat Lamaran Kerja. Surat Lamaran bisa dikirim melalui pos atau faks, dan keduanya mesti dikirim sekaligus. Umumnya kita masih perlu menyertakan fas foto berukuran 4x6 cm. Surat lamaran yang baik harus mudah dan cepat terbaca.  Jangan lupa perhatikan ketentuan penulisan yang diminta dan dokumen atau persyaratan yang harus dipenuhi agar surat lamaran anda dapat diterima.
         Ketentuan umum
1.    Jika dalam iklan, pengumuman atau informasi lowongan kerja itu ada ketentuan dalam penulisan surat lamaran, misalnya “ Lamaran harus ditulis tangan, lamaran ditulis dalam bahasa Inggris” dan lain-lain, maka perhatikan ketentuan itu.
2.    Jika iklan lowongan kerja ditulis dalam bahasa Inggris, maka anda juga harus menulis lamaran tersebut dengan bahasa Inggris, maka anda juga harus menulis dengan bahasa nasional standar EYD.
3.    Jika tidak ada ketentuan khusus yang diminta perusahaan, maka berarti Anda harus menulis surat lamaran dengan ketentuan umum. Surat lamaran ditulis dengan jarak spasi antar baris, di atas kertas ukuran kuarto A4 dengan berat 70 atau 80mg. Kertas berwarna  kurang positif, gunakan kertas putih polos.
4.    Memakai huruf yang sederhana dan formal, contohnya Arial, Verdana, Tahoma atau New Toman, dengan ukuran 11-12.
5.    Jelas, spesifik, lengkap, tidak bertele-tele dan berisi fakta singak-tepat sesuai dengan pekerjaan yang dituju.
6.    Ungkapkan bahwa CV (Daftar Riwayat Hidup) disertakan. Anda bisa menulisnya pada paragraph mana saja. Demikian juga dengan bahan lain pertimbangan lain yang Anda lampirkan.
7.    Untuk foto lamaran kerja, kenakan kemeja atau blazer berwarna netral dan polos. Rambut terurai rapi, tidak menutup telinga, posisi tubuh tegak, pandangan lurus ke depan, dan jangan cemberut tapi jangan juga pamer gigi.
8.    Mintalah saran perbaikan surat, terutama jika anda menulis dengan bahasa yang tidak sepenuhnya Anda kuasai.
9.    Menarik, rapi, bersih, bebas dari kesalahan ejaan atau ketikan dan tinta warna hitam.
10.  Surat lamaran Anda jangan dilipat, melainkan rapikan bersama berkas yang lain, dan masukkan ke dalam map atau amplop dengan warna sesuai ketentuan iklan lowongan dari perusahaan itu.
11.  Map warna digunakan jika Anda datang langsung. Maka sesuaikan map anda dengan ketentuan. Biasanya map warna merah untuk pria dan warna kuning untuk wanita. Jika tidak ada ketentuan specific, maka sebaiknya Anda bebas memilih, biasakan menggunakan map yang netral yang dijual di pasar, bukan map tertentu dari perusahaan lain.
12.  Amplop digunakan jika lamaran dikirim via pos. warna amplop Anda tentu saja bebas, kecuali jika ada ketentuan. Biasanya dalam hal amplop, selain menulis alamat secara jelas di sudut kanan bawah, ada ketentuan menulis kode formasi jabatan yang Anda lamar.
13.  Jika melalui pos, kirimkan secepatnya, karena Anda tidak mengetahui secara pasti kapan surat tersebut akan diterima di tangan yang semestinya. Kadang kala, perusahaan hanya menerima surat jika cap pos paling lambat sesuai dengan ketentuannya.
3.2    Membuat Curiculum Vitae Yang Menjual
                      Sebetulnya membuat CV atau resume yang “menjual” atau tidak memerlukan keterampilan khusus. Jadi saya coba sharing dari pengalaman saya selama ini mengenai beberapa syarat yang hampir selalu dijumpai pada CV atau resume yang memiliki karakteristik dalam “menjual” kemampuan dan kompetensi pemiliknya.
         1.    Rapi dan Mudah Dibaca
                 Ini syarat utama dari sebuah CV atau resume yang “menjual”, karena terus terang tidak ada yang lebih mengesalkan daripada membuat CV atau resume yang berantakan layoutnya.
         2.    Memberikan Informasi Lengkap
                 CV atau resume yang “menjual” selalu memberikan informasi lengkap kepada orang yang membacanya. Mulai dari data pribadi, latar belakang pendidikan, riwayat pengalaman kerja, pelatihan yang pernah diikuti, sertifikasi (relevan) yang di miliki dan kegiatan ekstra kurikuler yang aktif diikuti
         3.    Disajikan Secara Ringkas
                 Ini mungkin sedikit berlawanan dengan syarat nomor 2 di atas, tapi sebetulnya tidak. Maksud saya begini, CV atau resume yang “menjual” itu memang harus menyajikan informasi secara lengkap, tapi bukan berarti CV atau resume teman-teman panjangnya harus samapi halaman 19 halaman (ini kisah nyata sampai hari ini rekor CV terpanjang yang pernah say abaca panjangnya 19 halaman)
         4.    Konsistensi Karir
                 Sudah menjadi rahasia umum  kalau satu hal ini adalah salah satu kunci penting yang menentukan untuk dihubungi oleh pihak perusahaan atau menuju tahapan rekrutmen berikutnya.

         5.    Karir Progresif
                 Ketika teman-teman sudah menjadi spesialis di satu bidang, keputusan untuk menuju tahap rekrutmen berikut biasanya akan lebih mudah diambil oleh pihak perusahaan atau kalau teman-teman juga menjalani karir yang progresif
         6.    Achievement
                 Jangan pernah ragu untuk mencantumkan achievement atau pencapaian prestasi yang diukir dalam tiap jawaban atau posisi yang ditempati sebelumnya, inilah kesempatan terbaik untuk “menjual” bukti kemampuan dan kompetensi yang sesungguhnya kepada pihak perusahaan.
         7.    Custom Made
                 Ini adalah rahasia yang paling jarang diketahui oleh banyak orang yang menyusun CV atau resume
                Kegunaan CV atau resume
                    CV atau resume bagi perusahaan yang membuka lowongan kerja adalah mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang dimiliki relevensi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oelh perusahaan
                    CV atau resume bagi pelamar adalah mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara realities dan sesuai dengan yang dibutuhkan oelh perusahaan. Tingkat relevansinya tergantung dari teknik evaluasi yag dilakukan pelamar.
                 Jenis-jenis CV atau resume
                 1.   Curriculum Vitae berdasarkan urutan kronologis
                 2.   Curriculum Vitae berdasarkan keterampilan
                 Yang harus dicantumkan dalam sebuah CV
                    Data pribadi
                    Pendidikan
                    Pengalaman kerja
                    Keterampilan yang dimiliki
                    Training yang pernah diikuti
                    Prestasi
                    Kegiatan ekstrakulikuler/ kemasyarakatan
                 Tips dan trik dalam membentuk CV yang menarik
                    Memberikan informasi lengkap
                    Disjaikan secara ringkas
                    Konsistensi karir
                    Karir progresif
                    Achievement
                    Custom Made
3.3    Kiat Sukses Melalui Interview
         Beberapa tips yang kami kutip dari careerleak.com yang dapat anda perhatikan agar dapat sukses melalui interview.
         1.    Persiapan dengan baik
                 Persiapkanlah segala sesuatu sebelum interview dilaksanakan, seperti membuat daftar apa saja yang dibutuhkan untuk wawancara.
         2.    Berpakaian dengan tepat
                 Pepatah lama mengatakan “Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kedua, untuk membuat kesan pertama”. Penampilan memiliki peranan besar bagi anda, karena pada saat itu penampilan menjadi penilaian apakah anda terliaht professional atau ceroboh. Ketika anda memutuskan yang akan dikenakan pada saat wawancara, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui apa yang akan dikenakan pada saat wawancara, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui seperti apa budaya perusahan tersebut. Apakah anda interview di perusahaan yang karyawannya memakai pakaian rapi seperti jas atau berpakaian lebih santai seperti mengenakan t-shirt dan cealna jeans
         3.    Mengetahui Perusahaan yang Anda Lamar
                 Sebelum interview, anda diharapkan dapat mengetahui perusahaan terkait, minimal tahu perusahaan tersebut bergerak di baidang apa, anda bisa membuka web perusahaan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar anda bisa mengupdate kabar terbaru dari isi perusahaan. Dengan mengakrabkan diri anda kepada perusahan secara langsung akan memberikan keunggulan atas pesaing anda.
         4.    Buat Kontak Mata dengan Interviewer
                 Saat bertemu dengan interviewer, buatlah kontak mata yang positif, kontak mata sangatlah penting, karena merupakan salah satu bentuk komunikasi non-verbal yang kuat, kualitas keperibadian seseorang dapat dideteksi hanya berdasarkan kontak mata, selain itu membuat kontak mata langsung dapat mengkomukasikan rasa percaya diri juga harga diri anda yang tinggi, jadi sangatlah penting memuat kontak mata saat pertama kali bertemu dengan pewawancara saat pejabat tangan. Melakukan kontak mata tidak hanya saat anda berbicara, tetapi juga saat anda mendengar.
         5.    Tahu Persis Apa Keterampilan Anda
                 Anda harus mengingat resume yang telah anda buat, keterampilan apa saja yang anda tulis selain itu, efektiflah dalam mengkomunikasikan keterampilan dan kualifikasi untuk interviewer. Jika mereka meminta menjelaskan apa saja yang dilakuakn di pekerjaan terakhir anda, maka siapkanlah jawaban yang didukung oelh contoh-contoh konkret. Interviewer biasanya mengetahui apa saja yang terkait dengan anda melalui resume.
         “TIPSS” Mencari pekerjaan dapat dikatakan sebagai suatu hal yang gampang-gampang susah. Adakalanya calon pekerja hanya sekali mengirimkan Surat lamaran langsung dipanggil interview dan diterima di suatu instansi atau perusahaan. Namun banyak juga pelamar kerja yang sudah megirimkan surat lamaran dan telah dipanggil untuk interview berkali-kali,  tetapi tidak juga lolos. Kemampuan akademik yang tinggi, bukanlah jaminan bagi seseorang untuk dapat diterima bekerja. Kemampuan Akademik yang diwujudkan dalam bentuk Nilai study yang tinggi hanyalah persyaratan administratif.
         TIPS PERSIAPAN INTERVIEW
         1.   Datang 30 menit sebelum jadwal interview dimulai, dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga. Hal ini juga berguna untuk menguasai situai dan menghindari grogi
         2.   Jangan begadang malam sebelumnya agar tampil segar bugar
         3.   Siapkan pakaian dan perlengkapan yang perlu dibawa sehari sebelumnya agar tidak panic saat hendak berangkat
         4.   Pakailah pakaian rapi, bersih, tidak berkeringat, dan usahakan tetap wangi.
         Gunakan pakaian yang nyaman untuk dipakai, janganlah menggunakan Jeans atau T-sirt
         5.   Usahakan untuk menatap lawan bicara anda pada saat interview, bersikaplah percaya diri namun jangan berlebihan
         6.   Berilah jawaban setiap pertanyaan dengan tenang, hindari memotong kalimat atau memaksakan sesuatu
         7.   Berilah jawaban setiap pertanyaan yang ditanyakan, jangan melebar ke hal-hal yang tidak perlu
3.4    Strategi Membuka Percakapan Dengan Orang Lain
            Melalui dari hal kecil
               Jika anda berada dalam situasi yang mengharuskan anda berbincang dengan seseorang yang tak anda kenal, jangan berpikir bahwa hal tersebut adalah hal yang berat, cobalah menganggapnya sebagai suatu kesempatan untuk mendapatkan teman, pengetahuan, dan pengalaman baru. Anda juga tak perlu gugu, cukup diri sendiri saja
            Dengarkan
               Saat anda melalui suatu percakapan, itu artinya pada saat berbicara, dan berikutnya anda mendengarkan, tentu saja mendengarkan juga sama pentingnya dengan berbicara, karena itulah perhatikan bahasa dan verbalnya.
            Lebih Personal
               Saat anda bekerja, mungkin anda selalu berhubungan dengan orang yang sama salama bertahun-tahun. Nah, saat bertemu dengan orang baru atau rekan baru, cobalah melakukan pendekatan yang lebih personal. Hafalkan namanya, bertanyalah tentang kegiatan atau hobi mereka, dan jika perlu saling bertukar kartu nama
            Berinisiatif melalui percakapan
               Saat berasa di ruangan yang sama dengan orang tak terlalui anda kenal, anda pasti cenderung memilih sibuk dengan ponsel anda.
         Tips melalui karir atau bekerja di tempat baru
         1.   Menggali Kemampuan
               Jika anda ingin bekerja di tempat baru, maka anda harus dapat mengasah kemampuan anda. Saat bekerja jangan bergelut pada tugas yang sama atau itu-itu saja. Coba untuk melakukan pekerjaan lain. Karena dengan begitu anda akan mempunyai banyak kemampuan yang nantinya dapat membantu anda saat bekerja di tempat baru.
         2.   Mengikuti Training dati Pelatihan
               Saat anda memutuskan untuk pindah kerja ke tempat yang baru sebaiknya anda menjebatani kemampuan anda yang lama dengan yang baru. Anda dapat mengikuti sebuah training atua pelatihan computer atau bahasa yang dapat menunjang karier anda di tempat yang baru.
         3.   Menyiapkan Mental
               Untuk bekerja di tempat kerja yang baru biasanya memerlukan adaptasi lagi, seperti adaptasi dengan jenis pekerjaan, rekan kerja, atasan dan lainnya. Sehingga Anda harus mempunyai mental yang kuat untuk memulai pekerjaan dan beradaptasi di tempat yang baru.
         4.   Evaluasi Diri
               Sebelum anda memutuskan untuk pindah di tempat yang baru, sebaiknya anda harus bisa mengevaluasi diri anda sendiri. Seberapa besar kemampuan anda untuk menjalankan tugas dengan baik, pekerjaan apa yang cocok untuk anda di tempat yang baru. Sehingga saat berada di tempat yang baru karier anda dapat berjalan dengan baik dan dapat lebih baik dari tempat kerja anda yang lama.
         5.   Mengetahui Informasi tentang Tempat Kerja Anda yang Baru
               Sebelum menentukan pilihan tempat kerja yang anda pilih, anda harus tahu terlebih dahulu prospek karieer tempat kerja tersebut. Keuntungan dan kerugian jika anda memilih tempat kerja tersebut, sehingga anda tidak menyesal dengan pilihan Anda.











BAB IV
PENUTUP
4.1    Simpulan
                    Sesudah menyelesaikan studi, langsung atau tidak langsung kita dituntut untuk masuk ke dunia kerja. Hal ini merupakan suatu keharusan bagi setiap orang yang ingin meraih masa depan. Berbagai tahapan harus dilalui sebaik-baiknya agar kita sampai di penghujung seleksi sehingga cita-cita untuk berhubung dengan suatu instansi atau perusahan tercapai.
                    Hal ini menandakan semakin ketatnya persaingan untuk mengembangkan karier. Bagi yang belum berpengalaman sama sekali, terutama alumni baru atau fresh gradvate dari sebuah perguruan tinggi dan sekolah umum, rasa cemas serta grogi akan muncul. Seringkali, kecamasan itu benar-benar mengganggu pikiran sehingga justru membuat kualifikasinya semakin turun, salah satu cara mengatasi kecamasan yang paling efektif adalah persiapan yang sempurna.








DAFTAR PUSTAKA

         Drs. M. Hari Wijaya, M.Si, Drs. Bisri M. Djaelani. 2010.Cara Mudah Mendapat Pekerjaan. Yogyakarta: Tugu Publisher

         Drs. M. Hariwajaya.2012.Cara Mudah Mencari Pekerjaan & Memulai Karir. Yogyakarta: Platinum

         Drs. Pranowo Hadi.2006.Strategi Mencari Pekerjaan. Yogyakarta: Argo Publiser

         http.//tips-tutorial.com/tips-memulai-karir-atau-bekerja-di-tempat-baru/


         http:suryosumarto.com/7-surat-membuat-cv-atau-resume-yang-menjual/


              
        
        






CARA MUDAH MENDAPATKAN
PEKERJAAN

Karya Tulis
Diajukan untuk memenuhi tugas akhir dan
Syarat mengikuti tes semester
Mata pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2013/2014










Disusun oleh:
Nama          :  ANNISA MAULIDA
No.Absen   :  1
Kelas          :  XI IPS 3


BADAN PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ SEKOLAH MENENGAH ATAS
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Jl. AKBP R.Agil Kusumadya No. 2 Telp. 438939 Kudus
PENGESAHAN
            Karya tulis yang berjudul cara mudah mendapatkan pekerjaan telah diterima dan disahkan oleh pembimbing sebagai tugas akhir dan sebagai syarat mengikuti tes semester pelajaran Bahasa Indonesia. SMA NU AL MA’RUF tahun pelajaran 2013 / 2014.

            Hari       :
            Tanggal :





Mengetahui,
Kepala SMA NU AL MA’RUF


Drs. H. SHODIQUN, M.Ag

Pembimbing


DEWI INDAYANI






ii
 
 
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
            MOTTO
v  Jangan melihat masa depan dengan ketakutan, jangan pula melihat masa lampau dengan penyesalan, tapi lihatlah sekitar Anda dengan penuh kesadaran. (James Thurber)
v  Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri. (Martin Vanbee)
v  Orang – orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak. (Aldus Huxley)
v  Orang yang berhasil akan mengambil menfaat dari kesalahan – kesalahan yang ia lakukan, dan akan mencoba kembali untuk melakukan dalam suatu cara yang berbeda (Dale Carnegie)











iii
 
 
PERSEMBAHAN
Karya tulis ini penulis dipersembahkan kepada :
1. Ayah dan Ibu tercinta
2. Kakak dan adik tercinta
3. Bapak Drs. H. Shodiqun, M.Ag selaku kepala SMA NU AL MA’RUF
4. Ibu Dewi Indayani selaku Guru Pembimbing Bahasa Indonesia
5. Teman-temanku di SMA NU AL MA’RUF Kudus
6. Kepada pembaca yang membaca karya tulis ini
















iv
 
 
KATA PENGANTAR

            Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan rahmat, taufik, serta Inayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “ CARA MUDAH MENDAPATKAN PEKERJAAN”.
            Karya tulis ini diajukan untuk melengkapi salah satu persyaratan Ulangan Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2013/2014.
Karya tulis ini dapat terselesaikan dengan bantuan dari berbagai pihak, maka dengan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.      Drs. H. Shodiqun, M.Ag selaku Kepala SMA NU AL MA’RUF Kudus, yang telah memberikan dukungan dalam penyusunan makalah ini.
2.   Dewi Indayani, S.Pd selaku pembimbing dalam penulisan karya tulis ini.
3.   Semua pihak yang telah membantu penyusunan karya tulis ini.
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan, Oleh karena itu penulis mohon kepada para pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang konstruktif demi kesempurnaan dan perkembangan selanjutnya. Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih.
Kudus,                    2014
Penulis



v
 
 
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL  ……………………………………………….             i
PENGESAHAN …………………………………………………….            ii
MOTO DAN PERSEMBAHAN ……………………………….…...           iii
KATA PENGANTAR …………………………………………..…..            v
DAFTAR ISI ………………………………………………………...          vi
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………..            1        
1.1     Latar Belakang …………………………………………….….            1
1.2     Rumusan Masalah …………………………………………….            2
1.3     Tujuan Penulisan ………………………………………….….            2
1.4     Metode Penulisan …………………………………………….             2
1.5     Sistematika Penulisan …………………………………………           2
BAB II KAJIAN PUSTAKA ………………………………………..           4
2.1     Mencari Informasi Kerja ………………………………….…..            4
2.2     Langkah Mendapatkan Pekerjaan ………………………...…..            6
BAB III PEMBAHASAN DAN ISI ……………………………..….            9
3.1     Membuat surat Lamaran Kerja ………………………….…….           9
3.2     Membuat Curiculum Vitae……………………………………..        11
3.3     Kiat Sukses Melalui Interview…………………………………         14
3.4     Strategi Membuka Percakapan Dengan Orang Lain………..…         17
BAB IV PENUTUP ……………………………………………….…        20
4.1     Simpulan ………………………………………………….…..          20
vi
 
DAFTAR PUSTAKA
















        
                
        

                
        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

TUGAS AKHIR PROGRAM

WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA