TUGAS AKHIR PROGRAM
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dari
segi substansi, mata kuliah pendukung kompetensi keguruan ini dikelompokkan
menjadi tiga, yaitu substansi yang berkaitan dengan bidang ilmu, keguruan dan
kependidikan, serta kepribadian dan keprofesionalan.
Bagi
mahasiswa calon sarjana FKIP-UT, penguasaan kulminatif atas berbagai kompetensi
tersebut dinilai melalui Tugas Akhir Program (TAP). Melalui TAP, mahasiswa yang
telah menjadi guru dilatih dan sekaligus diuji untuk menginternalisasi dan
menghubungkan berbagai konsep serta memecahkan masalah dan memperbaiki kualitas
pembelajaran yang dilakukan.
Mengingat
karakteristik dan misi yang diemban dalam TAP tidak sederhana, maka diperlukan
adanya panduan TAP bagi mahasiswa. Panduan ini menjelaskan konsep, tujuan,
prosedur pelaksanaan, mata kuliah pendukung TAP, kisi-kisi TAP, contoh TAP dan
pedoman penskoran.
B. Tujuan
Keberadaan
panduan ini bertujuan sebagai berikut :
1. Memberikan penjelasan kepada mahasiswa
tentang segala hal yang terkait dengan TAP, mulai dari hal-hal konseptual
hingga hal-hal yang bersifat teknis-prosedural. Dengan memahami apa, mengapa,
dan bagaimana TAP. Mahasiswa diharapkan memiliki kesiapan yang baik dalam
menghadapi dan mengerjakan TAP.
2. Memberikan acuan bagi segenap pihak yang terlibat
dalam penyelenggaraan TAP (Mahasiswa, Tutor, UPBJJ, dan segenap pihak yang
terlibat) sehingga pelaksanaan TAP dapat berlangsung sesuai dengan harapan.
C. Sistematika
Sajian
Panduan
ini disajikan dengan tata urutan sebagai berikut :
Bab I berisi
tentang pendahuluan yang meliputi latar belakang, tujuan dan sistematika.
Bab II menguraikan
konsep TAP yang meliputi pengertian, materi dan bentuk TAP serta cara
penyelesaian yang berisi definisi kasus serta contoh-contoh soal dan cara
menganalisis kasus.
Bab III menjelaskan
tentang penyelenggaraan TAP yang meliputi persyaratan peserta TAP, cara
pendaftaran TAP, pembimbingan TAP dan pelaksanaan TAP (Lokasi, waktu, dokumen
ujian dan saran mengadapi TAP)
Bab IV penutup.
BAB II
KONSEP
TUGAS AKHIR PROGRAM
A. Pengertian TAP
Tugas
Akhir Program (TAP) adalah tugas yang harus dikerjakan mahasiswa program
sarjana (S1) yang sudah memenuhi persyaratan baik administrasi maupun akademik.
Tugas-tugas
tersebut dimaksudkan untuk melatih, sekaligus menguji mahasiswa agar dapat
berpikir komprehensif berdasarkan teori dan praktek yang telah diikuti selama
menempuh program S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PING), Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia (PINA), Pendidikan Matematika (PMAT), Pendidikan Kimia (PKIM),
Pendidikan Biologi (PBIO), Pendidikan Fisika (PFIS), Pendidikan Ekonomi (PEKO),
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAG-PAUD).
B. Tujuan
TAP
TAP
bertujuan untuk mengukur penguasaan kompetensi akhir mahasiswa, melalui ujian
yang menuntut mahasiswa mengaplikasikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan
yang diperolehnya dari berbagai mata kuliah dalam memecahkan masalah-masalah
pembelajaran secara komprehensif.
C. Materi
TAP
Materi
TAP meliputi materi-materi yang berkaitan dengan penguasaan bidang ilmu,
pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik serta pengembangan kepribadian dan
keprofesionalan yang dikemas dalam bentuk kasus. Dengan demikian, soal dala TAP
memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Menuntut kemampuan berpikir tingkat tnggi.
2. Substansi TAP bersifat problematik,
menyeluruh, dan terbuka-terarah.
D. Bentuk
TAP
Soal
TAP berbentuk uraian yang dikemas dalam kasus pembelajaran kegiatan
pengembangan dan dilengkapi dengan serangkaian pertanyaan.
Untuk
memecahkan masalah yang terdapat dalam kasus perlu dilakukan langkah-langkah
yang tergambar dalam skema sebagai berikut :
BAB III
PENYELENGGARAAN TUGAS AKHIR PROGRAM
A. Peserta
TAP
1. Persyaratan Peserta TAP
Peserta
TAP adalah mahasiswa Program S1 FKIP-UT yang telah memenuhi persyaratan
akademik dan administratif.
2. Cara Pendaftaran TAP
Pendaftaran
TAP dilakukan oleh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik dengan
prosedur.
3. Pembimbingan TAP
Pembimbingan
TAP berfungsi untuk mengasah kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah
pembelajaran/kegiatan pengembangan yang terjadi dikelas dan dapat menyelesaikannya
dengan berlandaskan suatu teori dan konsep ilmiah.
Pola kegiatan pembimbingan TAP pada tutorial tatap
muka
Pertemuan
|
Kegiatan
|
I
|
1. Orientasi TAP(apa, mengapa
dan bagiamana TAP)
2. Brainstorming masala pembelajaran/kegiatan pengembangan yang
dihadapi guru serta upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
3. Menunjukkan kasus
pembelajaran danidentifikasi masalah dari kasus tersebut.
|
II
|
1. Mereview substansi
pendukung TAP
2. Diskusi tentang
langkah-langkah dalam memahami dan menganalisis kasus (8 langkah).
3. Tutor menyampaikan satu
atau beberapa kasus.
4. Tutor bersama mahasiswa
mengembangkan kasus pembelajaran/kegiatan pengembangan dan solusinya.
|
Pertemuan
|
Kegiatan
|
III
|
Mahasiswa mengerjakan Tugas 1 yang harus diselesaikan di kelas tutorial.
|
IV
|
1. Tutor dan mahasiswa
membahas hasil atau jawaban dari pengerjaan tugas 1 mahasiswa.
2. Mahasiswa dalam kelompok
diminta untuk mengembangkan kasus pembelajaran dan merumuskan masalah dari
kasus yang dikembangkannya.
|
|
3. Mahasiswa dan tutor
bersama-sama berlatih mengkaji kasus dan perumusan masalah pembelajaran serta
mencarikan jawaban untuk memecahkan masalah tersebut.
|
V
|
Mahasiswa mengerjakan tugas 2 yang harus diselesaikan di kelas tutorial.
|
VI
|
1. Tutor dan mahasiswa
membahas hasil atau jawaban dari pengerjaan tugas 2 mahasiswa.
2. Tutor memberikan beberapa
kasus dan dalam kelompok mahasiswa diminta berlatih mencermatinya serta
menginterpretasikan pertanyaan untuk menjawab permasalahan dalam kasus
tersebut.
|
VII
|
Mahasiswa mengerjakan tugas 3 yang harus diselesaikan di kelas tutorial.
|
VIII
|
1. Tutor dan mahasiswa
membahas hasil atau jawaban dari pengerjaan tugas 3 mahasiswa.
2. Tutor memberikan orientasi
untuk mengikuti ujian TAP serta memberikan kita-kita dalam pengerjaan soal
TAP.
|
4. Pelaksanaan Ujian TAP
Lokasi
ujian TAP untuk mahasiswa S1-PGSD sama dengan lokasi Ujian Akhir Semester
(UAS). Sedangkan waktu dikerjakan pada hari ketiga UAS pada jam kedua.
B. Tutor TAP
1. Kriteria Tutor TAP Tatap Muka
a. Berlatar belakang pendidikan minimal sarjana
(S1) (sanga dianjurkan berlatar belakang S2) dan menguasai materi TAP.
b. Berstatus dosen dan mempunyai pengalaman
mengajar/tutorial minimal 1 tahun.
c. Telah mengikuti program pekerti (Peningkatan
Keterampilan Dasar Teknik Instruksional) atau penataran tutor (PAT-UT).
d. Mengisi surat kesediaan menjadi tutor dengan
melampirkan curriculum vitae.
2. Tugas Tutor dalam Pemimbingan TAP secara
Tatap Muka.
a. Membaca pandun TAP secara saksama.
b. Memantapkan pemahaman tentang materi bidang
studi/bidang pengembangan di sekolah, serta materi mata kuliah pembelajaran
yang mendidik dan Buku Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
c. Menyiapkan kasus-kasus pembelajaran dan cara
penyelesaiannya.
d. Membuat rancangan tutorial (RAT dan MAT).
e. Membuat soal uji coba dan penyelesaiannya
yang dapat dikerjakan selama 120 menit.
BAB IV
PENUTUP
Panduan ini disusun untuk
membantu mahasiswa agar dapat menghadapi TAP dengan sukses. Oleh karena itu,
bacalah panduan ini dengan cermat. Apabila memerlukan penjelasan lebih lanjut
atau ada hal-hl yang meragukan, silakan mengunsultasikannya dengan UPBJJ-UT
atau FKIP-UT setempat.
RESUME
PANDUAN TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA FKIP
BUKU PANDUAN IDIK 4500
Oleh :
Nama : Yasminto
NIM : 817098922
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT SEMARANG
|
Komentar
Posting Komentar