TUGAS AKHIR PROGRAM



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
                Dari segi substansi, mata kuliah pendukung kompetensi keguruan ini dikelompokkan menjadi tiga, yaitu substansi yang berkaitan dengan bidang ilmu, keguruan dan kependidikan, serta kepribadian dan keprofesionalan.
                Bagi mahasiswa calon sarjana FKIP-UT, penguasaan kulminatif atas berbagai kompetensi tersebut dinilai melalui Tugas Akhir Program (TAP). Melalui TAP, mahasiswa yang telah menjadi guru dilatih dan sekaligus diuji untuk menginternalisasi dan menghubungkan berbagai konsep serta memecahkan masalah dan memperbaiki kualitas pembelajaran yang dilakukan.
                Mengingat karakteristik dan misi yang diemban dalam TAP tidak sederhana, maka diperlukan adanya panduan TAP bagi mahasiswa. Panduan ini menjelaskan konsep, tujuan, prosedur pelaksanaan, mata kuliah pendukung TAP, kisi-kisi TAP, contoh TAP dan pedoman penskoran.

B.  Tujuan
      Keberadaan panduan ini bertujuan sebagai berikut :
      1.   Memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang segala hal yang terkait dengan TAP, mulai dari hal-hal konseptual hingga hal-hal yang bersifat teknis-prosedural. Dengan memahami apa, mengapa, dan bagaimana TAP. Mahasiswa diharapkan memiliki kesiapan yang baik dalam menghadapi dan mengerjakan TAP.
      2.   Memberikan acuan bagi segenap pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan TAP (Mahasiswa, Tutor, UPBJJ, dan segenap pihak yang terlibat) sehingga pelaksanaan TAP dapat berlangsung sesuai dengan harapan.



C.  Sistematika Sajian
      Panduan ini disajikan dengan tata urutan sebagai berikut :
      Bab    I       berisi tentang pendahuluan yang meliputi latar belakang, tujuan dan sistematika.
      Bab    II     menguraikan konsep TAP yang meliputi pengertian, materi dan bentuk TAP serta cara penyelesaian yang berisi definisi kasus serta contoh-contoh soal dan cara menganalisis kasus.
      Bab    III    menjelaskan tentang penyelenggaraan TAP yang meliputi persyaratan peserta TAP, cara pendaftaran TAP, pembimbingan TAP dan pelaksanaan TAP (Lokasi, waktu, dokumen ujian dan saran mengadapi TAP)
      Bab    IV    penutup.



















BAB II
KONSEP TUGAS AKHIR PROGRAM

A.  Pengertian TAP
                Tugas Akhir Program (TAP) adalah tugas yang harus dikerjakan mahasiswa program sarjana (S1) yang sudah memenuhi persyaratan baik administrasi maupun akademik.
                Tugas-tugas tersebut dimaksudkan untuk melatih, sekaligus menguji mahasiswa agar dapat berpikir komprehensif berdasarkan teori dan praktek yang telah diikuti selama menempuh program S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PING), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PINA), Pendidikan Matematika (PMAT), Pendidikan Kimia (PKIM), Pendidikan Biologi (PBIO), Pendidikan Fisika (PFIS), Pendidikan Ekonomi (PEKO), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAG-PAUD).

B.  Tujuan TAP
                TAP bertujuan untuk mengukur penguasaan kompetensi akhir mahasiswa, melalui ujian yang menuntut mahasiswa mengaplikasikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperolehnya dari berbagai mata kuliah dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran secara komprehensif.

C.  Materi TAP
                Materi TAP meliputi materi-materi yang berkaitan dengan penguasaan bidang ilmu, pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik  serta pengembangan kepribadian dan keprofesionalan yang dikemas dalam bentuk kasus. Dengan demikian, soal dala TAP memiliki karakteristik sebagai berikut:
      1.   Menuntut kemampuan berpikir tingkat tnggi.
      2.   Substansi TAP bersifat problematik, menyeluruh, dan terbuka-terarah.

D.  Bentuk TAP
                  Soal TAP berbentuk uraian yang dikemas dalam kasus pembelajaran kegiatan pengembangan dan dilengkapi dengan serangkaian pertanyaan.
                  Untuk memecahkan masalah yang terdapat dalam kasus perlu dilakukan langkah-langkah yang tergambar dalam skema sebagai berikut :


 


























BAB III
PENYELENGGARAAN TUGAS AKHIR PROGRAM

A.  Peserta TAP
      1.   Persyaratan Peserta TAP
            Peserta TAP adalah mahasiswa Program S1 FKIP-UT yang telah memenuhi persyaratan akademik dan administratif.
      2.   Cara Pendaftaran TAP
            Pendaftaran TAP dilakukan oleh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik dengan prosedur.
      3.   Pembimbingan TAP
            Pembimbingan TAP berfungsi untuk mengasah kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah pembelajaran/kegiatan pengembangan yang terjadi dikelas dan dapat menyelesaikannya dengan berlandaskan suatu teori dan konsep ilmiah.
Pola kegiatan pembimbingan TAP pada tutorial tatap muka
Pertemuan
Kegiatan
I
1.     Orientasi TAP(apa, mengapa dan bagiamana TAP)
2.     Brainstorming masala pembelajaran/kegiatan pengembangan yang dihadapi guru serta upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
3.     Menunjukkan kasus pembelajaran danidentifikasi masalah dari kasus tersebut.
II
1.     Mereview substansi pendukung TAP
2.     Diskusi tentang langkah-langkah dalam memahami dan menganalisis kasus (8 langkah).
3.     Tutor menyampaikan satu atau beberapa kasus.
4.     Tutor bersama mahasiswa mengembangkan kasus pembelajaran/kegiatan pengembangan dan solusinya.


Pertemuan
Kegiatan
III
Mahasiswa mengerjakan Tugas 1 yang harus diselesaikan di kelas tutorial.
IV
1.     Tutor dan mahasiswa membahas hasil atau jawaban dari pengerjaan tugas 1 mahasiswa.
2.     Mahasiswa dalam kelompok diminta untuk mengembangkan kasus pembelajaran dan merumuskan masalah dari kasus yang dikembangkannya.

3.      Mahasiswa dan tutor bersama-sama berlatih mengkaji kasus dan perumusan masalah pembelajaran serta mencarikan jawaban untuk memecahkan masalah tersebut.

V
Mahasiswa mengerjakan tugas 2 yang harus diselesaikan di kelas tutorial.
VI
1.      Tutor dan mahasiswa membahas hasil atau jawaban dari pengerjaan tugas 2 mahasiswa.
2.      Tutor memberikan beberapa kasus dan dalam kelompok mahasiswa diminta berlatih mencermatinya serta menginterpretasikan pertanyaan untuk menjawab permasalahan dalam kasus tersebut.
VII
Mahasiswa mengerjakan tugas 3 yang harus diselesaikan di kelas tutorial.
VIII
1.     Tutor dan mahasiswa membahas hasil atau jawaban dari pengerjaan tugas 3 mahasiswa.
2.     Tutor memberikan orientasi untuk mengikuti ujian TAP serta memberikan kita-kita dalam pengerjaan soal TAP.



      4.   Pelaksanaan Ujian TAP
            Lokasi ujian TAP untuk mahasiswa S1-PGSD sama dengan lokasi Ujian Akhir Semester (UAS). Sedangkan waktu dikerjakan pada hari ketiga UAS pada jam kedua.    

B.  Tutor TAP
      1.   Kriteria Tutor TAP Tatap Muka
            a.   Berlatar belakang pendidikan minimal sarjana (S1) (sanga dianjurkan berlatar belakang S2) dan menguasai materi TAP.
            b.   Berstatus dosen dan mempunyai pengalaman mengajar/tutorial minimal 1 tahun.
            c.   Telah mengikuti program pekerti (Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional) atau penataran tutor (PAT-UT).
            d.   Mengisi surat kesediaan menjadi tutor dengan melampirkan curriculum vitae.

      2.   Tugas Tutor dalam Pemimbingan TAP secara Tatap Muka.
            a.   Membaca pandun TAP secara saksama.
            b.   Memantapkan pemahaman tentang materi bidang studi/bidang pengembangan di sekolah, serta materi mata kuliah pembelajaran yang mendidik dan Buku Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
            c.   Menyiapkan kasus-kasus pembelajaran dan cara penyelesaiannya.
            d.   Membuat rancangan tutorial (RAT dan MAT).
            e.   Membuat soal uji coba dan penyelesaiannya yang dapat dikerjakan selama 120 menit.






BAB IV
PENUTUP

            Panduan ini disusun untuk membantu mahasiswa agar dapat menghadapi TAP dengan sukses. Oleh karena itu, bacalah panduan ini dengan cermat. Apabila memerlukan penjelasan lebih lanjut atau ada hal-hl yang meragukan, silakan mengunsultasikannya dengan UPBJJ-UT atau FKIP-UT setempat.






















                 

RESUME

PANDUAN TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA FKIP
BUKU PANDUAN IDIK 4500
















 




                                         








Oleh :
Nama :  Yasminto
NIM    :  817098922





FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT SEMARANG

 
2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA