BATIK PATUNG ANYAMAN



BAB I
BATIK

ulasan tentang batik keris asli solo
batik keris dikenal sebagai batik yang sangat populer di masyarakat indonesia karena kualitasnya yang bagus dan motif yang anggun.model motif batik keris juga sangat bervariasi,tidak cuma bercorak lenggak-lenggok seperti gambar senjata keris, akan tetapi motifnya selalu mengikuti trend busana batik modern saat ini,jadi batik keris memiliki motif yang lebih bervariasi dengan tidak meninggalkan khas dari batik tersebut.
akan tetapi toko assidiq tidak menjual produk batik keris, hanya saja ingin menawarkan batik solo dengan kualitas yang mungkin sebanding dan pilihan motif serta kualitas yang sangat diunggulkan
Rumah kayla
adalah produsen batik pekalongan yang berorientasi menjual produknya langsung kepada para Penjual Eceran, Resseller,Grosir, distributor, Mall dan Toko dengan daerah pemasaran Hampir di seluruh kota di Indonesia Meliputi : Medan, Lampung, Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Bekasi, Pekalongan, Semarang, Surabaya, Bali, Kupang, Dili Kalimampau, Samarinda,Palu dan daerah - daerah lainnya. Produk kami juga telah diterima di sekitar 30 Mall yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia hal ini sebagai salah satu jaminan akan kualitas Produk kami yang terjaga walaupun dengan harga yang murah.




BAB II
SENI UKIR

KERAJINAN UKIR JEPARA
Satu citra yang telah begitu melekat dengan Jepara adalah predikatnya sebagai “Kota Ukir”. Ukir kayu telah menjadi idiom kota kelahiran Raden Ajeng Kartini ini, dan bahkan belum ada kota lain yang layak disebut sepadan dengan Jepara untuk industri kerajinan meubel ukir. Namun untuk sampia pada kondisi seperti ini, Jepara telah menapak perjalana yang sangat panjang. Sejak jaman kejayaan Negara-negara Hindu di Jawa Tengah, Jepara Telah dikenal sebagai pelabuhan utara pantai Jawa yang juga berfungsi pintu gerbang komunikasi antara kerajaan Jawa denga Cina dan India .
Demikian juga pada saat kerajan Islam pertama di Demak, Jepara telah dijadikan sebagai pelabuhan Utara disamping sebagai pusat perdagangan dan pangkalan armada perang. Dalam masa penyebaran agama Islam oleh para Wali, Jepara juga dijadikan daerah “ pengabdian” Sunan Kalijaga yang mengembangkan berbagai macam seni termasuk seni ukir.
Factor lain yang melatar belakangi perkembangan ukir kayu di Jepara adalah para pendatang dari negeri Cina yang kemudian menetap. Dalam catatan sejarah perkembangan ukir kayu juga tak dapat dilepaskan dari peranan Ratu Kalinyamat . Pada masa pemerintahannya ia memiliki seorang patih yang bernama “Sungging Badarduwung” yang berasal dari Negeri Campa  Patih ini ternyata seorang ahli pahat yang dengan sukarela mengajarkan keterampilannya kepada masyarakat disekitarnya  Satu bukti yang masih dapat dilihat dari seni ukir masa pemerintahan Ratu Kalinyamat ini adalah adanya ornament ukir batu di Masjid Mantingan.

Mebelukir.com adalah toko Mebel ukiran kayu jati online di Jepara yang memudahkan kita belanja mebel jepara tanpa harus keluar rumah, dijamin aman karena  pembayaran dapat dilakukan setelah mebel yang dipesan sudah berada di perusahaan cargo / expedisi yang ditunjuk ( sebagai mediator ). Tempat belanja mebel ukir online mulai dari  almari ukiran, set meja kursi makan ukiran, set kursi ruang tamu ukiran, bed  ukir, nakas ukir , almari ukiran jepara, buffet ukiran,  sketsel ukiran, meja TV,  meja rias, sofa dan produk mebel lainnya.  Kualitas produk mebel ukir kami menjadi prioritas karena kepuasan pelanggan  yang kami utamakan.
             Keamanan dan kenyamanan bertransaksi juga menjadi perhatian kami dalam melayani pelanggan.  Disamping penjualan secara online kami juga mempunyai toko mebel off line , yang berlokasi di  Jepara Jawa tengah .
               ……… SELAMAT  DATANG  DI SHOWROOM   MEBEL  ONLINE ……..

..   KAMI  MELAYANI PESANAN SELURUH WILAYAH INDONESIA    ..















BAB III
PATUNG


salah satu karya seni patung
Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).

Seni patung di Eropa
Romawi Yunani Klasik
Seni patung klasik Eropa merujuk pada seni patung dari zaman Yunani Kuno, Romawi kuno serta peradaban Helenisasi dan Romanisasi atau pengaruh mereka dari sekitar tahun 500 SM sampai dengan kejatuhan Roma di tahun 476 AD, istilah patung klasik juga dipakai untuk patung modern yang dibuat dengan gaya klasik. Patung-patung klasik Eropa memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Figur badan penuh: berupa laki-laki muda atletis atau wanita telanjang.
  2. Portrait: menunjukkan tanda-tanda usia atau karakter yang kuat.
  3. Memakai kostum serta atribut dewa-dewi klasik
  4. Peduli dengan naturalisme didasari dengan observasi, seringkali memakai model sungguhan.
Bentuk patung telanjang biasanya diterima secara luas oleh masyarakat, didasari pada lamanya tradisi yang mendukungnya. Tapi adakalanya, ada yang berkeberatan dengan tema ketelanjangan ini, biasanya dari kalangan fundamentalis moral dan relijius. Contohnya, beberapa patung Yunani koleksi Vatikan dihilangkan penisnya.
Periode Gothik
Mata rantai yang menghubungkan seni, dalam hal ini adalah arsitektur, Eropa zaman pertengahan (Gothik) dengan seni arsitektur Romawi disebut dengan periode Romanesque. Karya dgseni patung Gothik awal adalah dari pengaruh agama Kristen, serta lahir dari dinding gereja dan biara. Patung yang terdapat di Chartres Cathedral (sekitar th. 1145) di Perancis merupakan karya patung awal zaman Gothik. Di Jerman, terdapat di Cathedral Bamberg dari tahun 1225. Di Inggris, karya patung hanya terbatas pada yang dipakai pada batu nisan serta dekorasi non figur (sebagian ini disebabkan karena ikonoklasme Cistercian). Di Italia, masih dipengaruh bentuk-bentuk zaman klasik, seperti yang terdapat pada mimbar Baptistery di Pisa serta di Siena.
Modernisme
Auguste Rodin merupakan salah satu pematung Eropa terkenal dari awal abad 20. Ia seringkali disebut sebagai seniman patung Impresionis. Seni patung modern klasik kurang berminat pada naturalisme, detail anatomi atau kostum dan lebih tertarik pada stilisasi bentuk, demikian juga pada irama volume dan ruang. Seiring dengan perkembangan waktu, gaya seni patung modern klasik kemudian diadopsi oleh dua penguasa totalitarian Eropa: Nazi Jerman dan Uni Soviet. Sementara di kawasan Eropa lain, gaya ini berubah menjadi bersifat dekoratif/art deco (Paul Manship, Carl Milles), stilisasi abstrak (Henry Moore, Alberto Giacometti) atau lebih ekspresif. Gerakan modernis dalam karya seni patung menghasilkan karya Kubisme, Futurisme, Minimalisme, Instalasi dan Pop art.

BAB IV
ANYAMAN

Sejarah dan Perkembangan
Anyaman merupakan seni tradisi yang tidak mempunyai pengaruh dari luar. Perkembangan Sejarah anyaman adalah sama dengan perkembangan seni tembikar. Jenis seni anyaman pada masa Neolitik kebanyakan adalah menghasilkan tali, rumah dan keperluan kehidupan. Bahan daripada akar dan rotan adalah bahan asas yang awal digunakan untuk menghasilkan anyaman. Menurut Siti Zainun dalam buku Reka bentuk kraftangan Melayu tradisi menyatakan pada zaman pemerintahan Long Yunus (1756-94) di negeri Kelantan, penggunaan anyaman digunakan oleh raja. Anyaman tersebut dipanggil ‘Tikar Raja’ yang diperbuat daripada pohon bemban.

Definisi Anyaman
Anyaman bermaksud proses menyilangkan bahan-bahan daripada tumbuh-tumbuhan untuk dijadikan satu rumpun yang kuat dan boleh digunakan. Bahan-bahan tumbuhan yang boleh dianyam ialah lidi, rotan, akar, buluh, pandan, mengkuang, jut dan sebagainya. Bahan ini biasanya mudah dikeringkan dan lembut.


















BAB V
SENI KERAMIK

Rumahkeramik.com

Menyediakan aneka kerajinan keramik Asli Buatan Indonesia. Dengan Kualitas Bagus, Bahan Tanah Khusus (Bukan Tanah Gerabah), dengan pembakaran suhu diatas 1000 Derajat Celcius.Kami Melayani Pemesanan Khusus dengan desain tertentu, dalam jumlah tertentu. Produk kami dari souvenir sampai keramik untuk kebutuhan rumah tangga. Seperti : Mangkok, Mug,Teko (Poci), Kaligrafi, Kap Lampu Dengan Kaligrafi, Vas Bunga, Aneka Souvenir Bahan keramik, Penyaring Air Siap Minum dan kerajinan keramik lainnya.

KONTAK/SMS : 085643148713 | Pin BB : 2205332B














BAB VI
PENUTUP

Indonesia kaya akan kebudayaan.  Sebagai generasi muda kita wajib untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan tersebut.  Disamping itu kita harus pintar-pintar untuk mensosialisasikan ke penjuru dunia kebudayaan tersebut yang nantinya akan berdampak pada kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.  Sehingga pada akhirnya kita-kita juga yang akan menerima upah dari jerih payah kita dengan terciptanya stabilitas dan pendapatan dari segi ekonomi.




















KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan lahir batin kepada  kami sehingga dalam kesempatan ini dapat mempersembahkan kliping tentang kebudayaan bangsa Indonesia yang beragam segmen seni ukir, batik, patung, anyaman dan keramik. 
Kebudayaan yang beraneka ragam di Indonesia patut kita jaga dan lestarikan sebagai warisan budaya bangsa dan kebanggaan bangsa Indonesia yang tidak ada duanya di dunia ini.
Demikian sedikit pengantar dari penulis harapan kami adalah para generasi muda segera interopeksi diri bahwa Indonesia adalah maha karya, maha agung di seluruh jagad ini.

Penulis

















ii
 
 
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL  .........................................................................................................        i
KATA PENGANTAR ........................................................................................................       ii
DAFTAR ISI ....................................................................................................................      iii
BAB I  BATIK .................................................................................................................        1
BAB  II  SENI UKIR .........................................................................................................        2
BAB III PATUNG ...........................................................................................................         4
BAB IV  ANYAMAN .......................................................................................................        6
BAB V KERAMIK ..........................................................................................................          7
BAB VI PENUTUP ........................................................................................................          8


















 
KLIPING
SENI RUPA













Disusun oleh :
M. ILHAM PURBO SEJATI




SMP NEGERI 2 NALUMSARI
2012


 

















































































































































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

TUGAS AKHIR PROGRAM

WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA