WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Alasan Pemilihan Judul
       1. Memperluas pengalaman yang diperoleh dari karyawisata dan untuk melengkapi pengetahuan yang diperoleh di sekolah.
       2.   Meningkatkam mutu ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman penulis pada aspek-aspek kebudayaan bangsa Indonesia.

B.  Tujuan Penelitian
       1.   Untuk memenuhi tugas dan syarat untuk menempuh Ujian Nasional SMA1 Gebog Kudus tahun pelajaran 2009/2010.
       2.   Sebagai karya ilmiah yang akan berguna bagi penulis sendiri maupun bagi    generasi muda penerus bangsa.

C.  Metode Pengumpulan Data                  
       1.  Metode Observasi
            Yaitu penulis mengadakan penelitan secara langsung dan sistematis ke tempat-tempat wisata yang dituju dan menjadi tujuan wisata.
2.     Metode Wawancara
            Yaitu penulis langsung mengadakan wawancara dengan pemandu wisata yang mendampingi penulis selama observasi/penulis masih berkunjung ke lokasi wisata.

D.   Sistematika Penulisan
                  Untuk mempermudah dalam memahami dan mengetahui isi karya tulis secara utuh, maka penulis menyusun karya tulis ini dengan sistem sebagai berikut:



       BAB I                  Pendahuluan
                        Dalam bab ini penulis menguraikan tentang alasan pemilihan Judul, Tujuan Penulisan, Metode Pengumpulan dan Sistematika Penulisan.
       BAB II     Wisata Pulau Bali
                        Dalam bab ini penulis menguraikan tentang luas dan letak Pulau Bali, Topografi, Iklim dan Vegetasi, Susunan Penduduk, Agama, Adat Istiadat, Obyek Wisata dan Jadwal Perjalanan
       BAB III       Penutup
                        Dalam bab ini penulis menguraikan tentang Kesimpulan, Saran, dan Kesan.  
         



















BAB II
WISATA PULAU BALI DAN
LAPORAN PERJALANAN WISATA

A.    Bali Pulau Dewata
              Pulau Bali (Pulau Dewata) atau yang lebih keren dipanggil Pulau Seribu Pura. Sebutan ini menggambarkan keadaan alamnya, di sana juga banyak pura yang diakui sebagai tempat bersemayamnya para dewa. Sebagian besar penduduk Bali memang beragama Hindu yang konon berasal dari Jawa setelah jatuhnya Kerajaan Majapahit.
              Agama Hindu mengenal banyak dewa yang diakui sebagai manifestasi yang tidak terbatas di alam semesta. Oleh karena itulah masyarakat Bali amat taat menjalankan religius dengan corak yang amat khas.
1.      Luas dan letak
            Bali merupakan salah satu pulau yang ada di kepulauan Nusa Tenggara  dengan luas ± 5.632.826 Ha. Terletak pada garis astronomi  70 45’ sampai dengan  803’ LS dan 1140 300 BT.  Suatu daerah tropis yang rata-rata curah hujan pertahun cukup tinggi.     Tertinggi di daerah Asem 3.605 mm dan terendah di Sempalan Nusa Dua di daerah Klungkung 963 mm.
                     Bali terdiri dari pulau-pulau kecil yang dikelilingi oleh Samudra Indonesia sebelah Selatan, Selat Lombok di sebelah Timur, Selat Bali di  sebelah Barat, dan Laut Indonesia di sebelah Utara.
      2.   Topografi
                     Di tengah-tengah Pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur, sepanjang pegunungan ini ada beberapa gunung yang merupakan puncaknya yaitu Gunung Merbuk (1.386m), Gunung Patal (1.414m), Gunung  Watu Kera (2.276m), Gunung Penggilingan (2.089m), Gunung Batur (1.717m), Gunung Agung (3.140m).
                     Diantara gunung-gunung itu hanya Gunung Batur dan Gunung Agung yang masih aktif, Gunung Agung adalah gunung yang disakralkan oleh penduduk setempat.
                     Di bagian Selatan Semenanjung Bukit yang tingginya 202 m, sedangkan Nusa Penida itu merupakan bukit kapur dengan puncak tingginya 529 m.
                     Dari bagian pegunungan yang memanjang ini mengalir sungai ke arah Selatan yang lebih panjang dibandingkan yang mengalir ke arah Utara.Sungai ini ada yang permanen yang ada di Intermediam, ditengah-tengah Pulau Bali terdapat sebuah danau, yaitu Danau Branata (± 370 Ha), Danau Tablingan (±110 Ha), di sebelah timur tedapat danau yang terpendam yaitu Danau Batur (± 1.718.750 Ha).
      3.   Iklim dan Vegetasi     
                     Di Bali beriklim tropis dipengaruhi angin musim, musim kemarau yang diselingi dengan musim pancaroba. Suhu dipengaruhi oleh kenaikan Vertikal dengan suhu    280 C.
                     Bali Selatan dan Bali Utara mempunyai musim hujan yang berbeda. Bali Selatan dan Bali Utara lebih banyak hujan mulai bulan Desember sampai bulan Februari.  Pada bulan itu angin bertiup dari arah timur ke arah barat laut, pada bulan Juni sampai Agustus bertiup angin dari timur ke Tenggara, sedangkan pada bulan Maret sampai Mei angin bertiup berubah.   
                     Jenis Flora yang ada di Bali bagian barat (Kabupaten Jembrana dan Buleleng) antara lain Banur Ketapang, Majagung, Kurut dan Cemara Pendek. Jenis Fauna di Bali dikenal dengan Banteng, Jalak Putih/Jalak Bali, Macan Kumbang, Babi Hutan dan Rusa.
      4.   Obyek Wisata
                Bali memang memiliki beragam lokasi wisata yang elok dan rupawan sehingga mampu menarik perhatian wisatawan baik dalam maupun luar negeri.


            a.  Pantai Kuta
                Berada di Badung ± 10 Km dari Denpasar, Pantai Kuta adalah pantai terindah kedua setelah Hawai, oleh karena itu Kuta banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.
                          Di sini bukan hanya lautan air tapi juga lautan manusia yang dikenal dengan sunsetnya. Bukan itu saja tetapi pantai Kuta juga biasa digunakan untuk berselancar karena ombaknya cukup besar dan pasir putihnya.
            b.  Pantai Sanur
                          Merupakan pantai yang sangat indah, tenang, berpasir hitam, sunrise adalah obyek andalannya, dan di sini berdiri hotel Bali Beach adalah hotel pertama kali di BALI. Pada tahun 1993 pernah terbakar (ada 1 kamar) yang tidak terbakar. Letaknya ± 7 Km dari Denpasar. 
            c.  Tanah Lot 
                          Terletak di Kabupaten Tabanan ± 40 Km Denpasar. Merupakan obyek wisata yang terkenal dengan Pura di tengah laut, Ular Suci dan Air Tawar Suci yang berada di bawah Pura. Bagi Ibu dan mbak-mbak yang ada tamu Bulanan dilarang masuk Pura ini.
            d.  Tari Barong dan Keris
                          Tarian ini adalah tarian sakral dimana sebenarnya dipertengahan pada hari-hari tertentu saja, tujuannya untuk keselamatan daerah masing-masing. Tarian ini menggambarkan tentang kejahatan dan kebaikan di muka bumi ini, namun dalam pementasannya dikemas secara lucu dan menarik pasti pengunjung akan sangat terhibur.
            e.  Pasar Seni Sukowati
                          Ada di Kabupaten Gianyar ± 20 km dari Denpasar, merupakan pasar seni tradisional yang sangt murah kalau kita pandai menawar.
            f.  Bedugul
                          Terletak di Tabanan ± 60 km dari Denpasar, yang merupakan alam pegunungan yang sangat indah, beserta menikmati keindahan Danau Bratan dengan berbagai macam Wahana permainan air seperti: jet sky, para sailing, motor boat, kapal boat, dll. Letaknya ± 1950 Km dari permukaan air laut dengan suhu rata-rata ± 220 C, kelembaban udara 2000 C, curah hujan 20% udara yang dingin terkenal dengan sayur mayur, buah-buahan seperti: Strawberry, Markisa, dll.
            g.  Galuh
                          Berada di Desa Batu Bulan Kabupaten Gianyar ± 10 Km dari Denpasar. Merupakan tempat kerajinan, souvenir, khas Bali dan mempunyai tempat obyek wisata bentuk-bentuk rumah adat Bali.
            h.  Kintamani
                          Terletak di Kabupaten Bangli ± 60 km dari Denpasar, ini merupakan obyek wisata alam pegunungan, apabila melihat ke bawah maka kita dapat menyaksikan Danau Batur dengan hamparan Danau yang indah  dan dikala kita melihat ke pojok ada sebuah Desa yang mempunyai keunikan cara pemakaman orang mati, disebut Desa Truyan.
            i.   Nusa Dua Tanjung Benoa
                          Merupakan surganya Bali, berada di Bali Selatan Kabupaten Badung ± 40 Km dari Denpasar. Keindahan pantainya yang berpasir putih ini dengan dikelilingi Pulau Baka menyajikan berbagai wahana permainan air seperti : Jet Sky, Banana Boat, Flying Fish, dll. Serta dengan Boat menuju PULAU PENYU tempat penakaran penyu dan hewan langka.
            j.   Sangeh
                          Teletak di Kabupaten Tabanan dari Denpasar, yang terkenal dengan hutan pala 10 Ha dan dihuni oleh ribuan kera jinak, sedangkan kera-kera ini oleh warga setempat diyakini sebagai titisan desa dan di tengah hutan ada sebuah pura tempat pemujaan untuk daerah ini.




B.  Laporan Perjalanan
      1.  Hari Peratama      :    Kudus- Denpasar, Minggu 21 Juni 2009
            08.00-09.00         :    Peserta berkumpul di SMA 1 Gebog dilanjutkan  dengan keberangkatan menuju Denpasar.
            12.00-13.00         :    Tiba di RM. TAMAN SARI Tuban untuk ISHOMA
            20-00-21.00         :    Tiba di RM. PURITAMA untuk ISHOMA
           23.00-24.00         :    Tiba di Pelabuhan KETAPANG untuk menyeberang

       2.  Hari Kedua          :    Tanah Lot, Denpasar City, Senin 22 Juni 2009
           01.00-05.00         :    Tiba di Pelabuhan Gili Manuk
           05.00-07.00         :    (ISHOMA) makan pagi di RM. ISMI
           07.30-09.30         :    Kunjungan Wisata di Tanah Lot
           13.00-16.00         :    Kunjungan Wisata di NUSA DUA TANJUNG BENOA dan Pulau Penyu (makan siang di Bus)
           16.00-19.00         :    Ke JOGER dan PANTAI KUTA
           19.00- -----           :    Cek in Hotel …
                                            Makan malam bersama, Istirahat (Acara Bebas)
     3.  Hari Ketiga          :    Kintamani City, Selasa 23 Juni 2009
           07.00-07.30         :    Makan Pagi, Persiapan perjalanan Wisata
           08.00-10.00         :    Mengunjungi Tapak Siring
           10.00-10.30         :    Mengunjungi Galuh dan Pusat oleh-oleh di Bali
           11.00-12.30         :    Mengunjungi Wisata KINTAMANI
                                            (makan siang)
           13.00-13.30         :    Ke pusat Bed Cover
           14.00-16.30         :    Shopping ke Pasar Seni SUKOWATI
           17.00-17.30         :    Kunjungan Wisata di PANTAI SANUR
           18.30-19.00         :    Kembali ke Hotel makan malam ( Acara Bebas) Istirahat
     4.  Hari Keempat      :    Bedugul City Tour, Rabu 24 Juni 2009
           06.00-07.00         :    Makan Pagi, persiapan cek out Hotel
           07.30-10.00         :    Kunjungan Wisata ke Sangeh
           10.00-12.00         :    Kunjungan Wisata ke BEDUGUL
           12.30-17-00         :    Perjalanan pulang menuju Pelabuhan Gili Manuk
           17.00-19.00         :    Proses penyeberangan ke Pelabuhan Ketapang
           20.30-21.00         : Makan malam di RM. PURITAMA Situbondo (ISHOMA)
           21.00-05.00         :    Perjalanan pulang menuju kota Kudus Istirahat dan Sholat Subuh
     5.  Hari  Kelima        :    Kudus, Kamis 25 Juni 2009
           06.00-08.00         :    Tiba di kota Kudus






















BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
                  Selama dalam perjalanan ke Pulau Bali dapat kami ambil suatu kesimpulan :
1.      Bali (Pulau Dewata) atau Pulau Seribu Pura sangat indah dan mempesona.
2.      Di Pulau Bali juga banyak pura yang diakui tempat bersemayamnya Dewa-Dewi sesuai dengan budayanya. Sebagian penduduk Bali memang beragama Hindu yang konon berasal dari Jawa setelah jatuhnya Kerajaan Majapahit.
3.      Bali merupakan salah satu kepulauan Indonesia yang sangat kaya akan berbagai adat istiadat, kebudayaan dan kesenian daerah yang sangat penting untuk dilestarikan.

B.   Saran
                  Penulis ingin menyampaikan saran-saran bagi para pembaca maupun peminat tentang Pulau Bali :
1.      Peganglah teguh kepribadian dan keagungan Bangsa Indonesia dan kelestarian tersebut.
2.      Hayati dan amalkan apa yang Anda peroleh dari Pulau Bali.
3.      Sebagai penerus Bangsa, kita harus belajar dengan giat agar kelak kita berguna bagi Nusa dan Bangsa.

C.   Kesan
                  Pulau Bali adalah Pulau Dewata yang sangat menakjubkan dan mengesankan. Sungguh indah berbagai hal, misalnya dalam wisata pantai, wisata alam, dan satwanya dan tidak akan pernah dilupakan seumur hidup.



PENGESAHAN

            Karya tulis ini telah disetujui dan disahkan pembimbing, untuk memenuhi tugas-tugas dan memenuhi persyaratan dalam menempuh ujian nasional tahun pelajaran 2009/2010, disahkah pada :

Hari                 :
Tanggal           :









Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Gebog




Drs. Sujiyanto, S.I.P, M.Si.
NIP 19580216 198303 1 009

Pembimbing,




Yuli Ernawati, S.Pd.
NIP 19730711 200701 2 005










ii
 
 
MOTTO

v  Bukan kesulitan yang membuat kita takut melangkah, tetapi ketakutan itulah yang mempersulit kita melangkah.
v  Jadikanlah hari ini lebih baik dari hari kemarin dan berusahalah agar hari esok lebih baik lagi.
v  Dengan belajar mematuhi perintah, kita akan tahu cara memerintah.


PERSEMBAHAN

Karya tulis ini penulis persembahkan kepada :
1.    Bapak Drs. Sujiyanto, S.I.P, M.Si. selaku kepala sekolah SMAN 1 Gebog.
2.    Ibu Yuli Ernawati, S.Pd. selaku guru pembimbing.
3.    Bapak H. Nuryanto, S.Pd. selaku wali kelas XII IPS3
4.    Ayah dan ibunda tercinta di rumah.
5.    Saudara dan kawan-kawan yang telah membantu dalam menyusun karya tulis ini.
6.    Siswa-siswi SMAN 1 Gebog Kudus.
7.    Para pembaca yang budiman.









iii
 
 
KATA PENGANTAR


Penulis mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberi rahmat, taufiq, hidayah serta inayah-Nya sehingga penulis dapat  menyelesaikan pembuatan Karya Tulis ini.
Tujuan dari pembuatan Karya Tulis ini adalah untuk melengkapi tugas dan persyaratan  dalam rangka menempuh Ujian Nasional  SMA 1 Gebog Kudus.  Oleh karena itu penulis di dalam menyusun Karya Tulis ini memilih pembahasan  dengan judul “PERJALANAN WISATA KE PULAU BALI”
Penulis sadar  bahwa pembuatan Karya Tulis ini tidak akan berhasil tanpa bantuan dari semua pihak yang telah membimbing kami dalam memberi pengarahan kepada penulis. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.   Bapak Drs. Sujiyanto, SIP, M,Si selaku Kepala SMA 1 Gebog
2.   Ibu
3.   Bapak dan Ibu guru yang telah memberikan bimbingan kepada penulis.
4.   Ayah dan ibunda tercinta di rumah.
5.   Teman-teman SMAN 1 Gebog yang saya sayangi.
iv
 
            Pembuatan Karya Tulis ini mungkin masih banyak kekurangan , untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca akan penulis terima dengan ucapan terima kasih, semoga Karya Tulis ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca.








DAFTAR  ISI

HALAMAN JUDUL ……………………………………………………….     i
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………   ii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ………………………………………….   iii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………  iv
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..    v
BAB I  PENDAHULUAN …………………………………………………..  1
A.  Alasan Pemilihan Judul ………………………………………………….    1
B.  Tujuan Penulisan …………………………………………………………   1
C.  Metode Pengumpulan Data ………………………………………………   1
D.  Sistematika Penulisan …………………………………………………….   1
BAB II  WISATA PULAU BALI DAN PERJALANAN …………………… 3
A.  Bali Pulau Dewata ……………………………………………………….   3
       1.  Luas dan Letak ……………………………………………………..      3
       2.  Topografi …………………………………………………………...      3
       3.  Iklim dan Vegetasi ………………………………………………….     4
       4.  Objek Wisata ………………………………………………………..     4
B.  Jadwal Perjalanan ……………………………………………………….     7
BAB III PENUTUP …………………………………………………………   9
A.   Kesimpulan …………………………………………………………….      9
B.   Saran ……………………………………………………………………     9
C.   Kesan ……………………………………………………………………    9









v
 
 
PERJALANAN WISATA
KE PULAU BALI



Diajukan untuk memenuhi tugas dan melengkapi
syarat-syarat menempuh ujian nasional (UN) SMAN 1 Gebog
Tahun pelajaran 2009/2010












Disusun oleh :

Nama        :  M. Kaharudin Nafis
Kelas         :  XII IPS 3 /21
Program   :  Ilmu Pengetahuan Sosial






PEMERINTAH KABUPATEN KUDUS
DINAS PENDIDIKAN
SMA 1 GEBOG
Jln. Raya PR. Sukun Gebog Kudus 59354



 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

TUGAS AKHIR PROGRAM