wisata ke jakarta



BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG MASALAH
Bidang peristiwa mempunyai kedudukan yang cukup strategis dalam dinamika pembangunan di Indonesia. Menariknya sektor peristiwa di Indonesia memang di dukung dengan keberadaan objek wisata yang sangat potensial. Semua potensial tersebut dikenal masyarakat luas baik wisata domestik maupun manca negara, apabila didukung dengan publikasi yang memadai.
Dengan ada program osis di sekolah kami, selanjutnya kami mengadakan karya wisata ke Jakarta. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan objek asing yang belum kita kenal. Kemudian kami menuangkan dalam bentuk karya tulis sejenis laporan kegiatan wisata.
Dengan demikian kami mengharapkan memperoleh wawasan baru dalam objek wisata tersebut dan mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air serta budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.
Selain itu, diadakan karya wisata juga merupakan metode proses belajar mengajar yang efektif. Dengan adanya karya wisata, kami sadar bahwa selain menjadi generasi muda Indonesia kami harus menjaga kebudayaan dan semua kekayaan Indonesia.
Sebagai usaha untuk memperoleh dan memperluas wawasan, melalui karya wisata kami dapat menemukan berbagai keunikan, kebudayaan dan keindahan yang selama ini belum kita ketahui. Maka dari itu kami bersyukur atas karunia Allah SWT.

B.  TUJUAN PENULISAN LAPORAN
Kegiatan karya wisata kami laksanakan pada tanggal 26 Juni 2011. Kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan kondisi kami yang baru saja menempuh semester gasal. Kegiatan penulisan karya tulis adalah sebagai berikut:
·         Melaksanakan ujian praktek Bahasa Indonesia sebagai pengganti ujian praktik Bahasa Indonesia pada Ujian Akhir Sekolah.
·         Melatih ketajaman pikiran dalam menangkap segala fakta yang kami temukan.
·         Melatih kami berkreasi merencanakan program dengan menyusun laporan.
·         Sebagai ajang pelatihan kami dalam menangkap gagasan, ide, dan sebagainya.

C.  TEHNIK PENGUMPULAN DATA
Penulis laporan ini dilakukan menggunakan tiga macam teknik pengumpulan data yaitu pengamatan (observasi), pencatatan dan wawancara.
v  Pengamatan (observasi), pengamatan diarahkan pada objek-objek yang kami kunjungi dalam kegiatan ini, yang dilakukan adalah mencari informasi secara langsung objek wisata.
v  Pencatatan, merupakan kelanjutan teknik yang harus dilaksanakan setelah teknik pengamatan. Kegiatan yang dilakukan dalam teknik ini adalah mencatat data hasil pengamatan.
v  Wawancara teknik ini digunakan untuk memperoleh informasi yang tidak diperoleh melalui pengamatan sedangkan narasumber yang digunakan adalah yang berpengetahuan luas tentang objek wisata yang diamati.

D.  IDENTIFIKASI MASALAH
                  Sebelum kami berangkat ke Jakarta kami telah mempersiapkan segala sesuatunnya dengan amat teramat cepat dan tepat. Antara lain, membentuk anggota selanjutnya kami melakukan pembagian tugas sesuai dengan kemampuan yang dapat dilakukan disaat kita tidak di objek wisata kami kunjungi yaitu Asrama Haji Pondok Indah Gede, Monas, Ancol, Gelanggang Samudra, Dufan dan Pantai Marina. Kami mengerjakan masing-masing dengan sangat tidak ada terasa terbebani. Karena pembagian tugas telah kami atur sebaik-baiknya, secermat-cermatnya dan seadil mungkin, sehingga kamipun dapat mempunyai banyak waktu mungkin sehingga kami pun dapat mempunyai banyak waktu untuk bersenang-senang dan bermain-main.

E.  SISTEMATIKA LAPORAN
                  Bab pertama berupa pendahuluan yang meliputi latar belakang masalah, tujuan penulisan laporan, rumusan masalah, teknik pengumpulan data manfaat penulisan laporan sistematika laporan dan jadwal kegiatan. Bab kedua berisi deskripsi objek wisata yang kami kunjungi yaitu Asrama Haji Pondok Indah Gede, Monas, Ancol, Gelanggang Samudra, Dufan dan Pantai Marina. Bab ketiga berisi tentang simpulan umum mengenai objek wisata dan saran yang akan kami sampaikan berkenaan dengan kegiatan karya wisata dan daftar pustaka.


F.   JADWAL KEGIATAN
NO
HARI, TANGGAL
WAKTU
KEGIATAN
1.
Minggu, 26 Juni 2011
13.00
Menuju Jakarta melewati Jalan Pantura.


18.00
Makan malam di RM Sampurna Pemalang.
2.
Senin, 27 Juni 2011
03.00
Tiba di Asrama Haji Pondok Gede.


07.00
Perjalanan menuju ke kawasan taman mini.


09.00
Dilanjutkan perjalanan menuju Monas.


11.00
Tiba di Ancol.


13.00
Makan siang di kantin Ancol.


14.00
Meninggalkan Ancol menuju Gelanggang Samudra dan Dufan.


17.00
Sore hari bebas di Pantai Marina.


18.00
Makan malam di RM Laut Biru.
3.
Selasa, 28 Juni 2011
01.30
Perjalanan menuju Jepara membeli oleh-oleh.


08.00
Tiba di RM Samudra Pemalang.


13.30
Tiba di SMPN 2 Nalumsari.


BAB II
DESKRIPSI OBJEK WISATA

A.  MONAS
                  Monumen nasional atau yang ppopuler disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan tertinggi 32 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial Hindia-Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah pemerintahan Presiden oekarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala monumen nasionall terletak tepat di tengah lapangan merdeka. Jakarta pusat monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB pada hari seni pekan terakhir setiap bilannya di tutup untuk umum.

B.  PANTAI MARINA ANCOL
                  Setelah kita sampai di Ancol, kita istirahat di Pantai Marina Ancol. Disana kita disuguhi oleh keindahan pantai yang begitu mempesona, sehingga dapat menghilangkan rasa capek kita. Setelah terlalu lama dipantai kita melanjutkan perjalanan ke Atlantins.

C.  ATLANTIS
                  Atlantis water adventur merupakan wahana relatif baru yang merupakan pengembangan dari wahana galanggang renang ancol yang lama. Wahana baru ini memiliki sejumlah fasilitas baru yang siap menghibur pengunjung dengan moiscot utama berupa kolam, ombak buatan ditengah area ini. Pada jam-jam tertentu akan memiliki ombak yang dihasilkan oleh gagasan dua turbin raksasa yang ada di belakang kolam. Meskipun berupa ombak buatan, tapi jangan anggap remeh karena ombak yang dihasilkan memiliki gaya dorong yang tidak kalah beda dengan ombak laut pada umumnya.

D.  DUFAN (Dunia Fantasi)
                  Dufan merupakan pusat rekreasi berskala besar dan bertaraf internasional. Dufan mengoprasikan sejumlah wahana hiburan dan permainan dengan tema spesifik. Jenis hiburan dan permainannya bermacam-macam, ada petualangan pendidikan, olahraga yang kreatif untuk memuaskan pengunjung agar tidak bosan meskipun berkunjungan berkali-kali. Fasilitas dan atraksi di dufan bermacam-macam antara lain sebagai berikut.
      1.   Tornado
                        Salah satu fasilitas dan atraksi di dufan adalah tornado. Tornado termasuk permainan yang baru di dufan, sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk mencoba kedahsyatannya. Untuk menaikinya kita harus mempunyai adrenalin yang tinggi karena permainan ini dapat membuat jantung kita berdetak kencang. Di atas kita dapat merasakan seakan jantung kita lepas karena tornado berketinggian kira-kira 20 M. Selamat mencoba.
      2.   Jet Coster
                        Untuk menaiki jet coster ini kami harus antri. Permainan ini sangat menegangkan. Sehingga banyak para pengunjung yang berminat untuk mencobanya. Bentuknya seperti kereta yang melaju di atas rel yang berkelok-kelok.


BAB III
PENUTUP

A.  SIMPULAN
                  Berdasarkan hasil pengamatan objek wisata di uraikan pada Bab II dapat diambil simpulan sebagai berikut:
      1.   Atlantis merupakan wahana air terbesar di Jakarta, dan banyak permainan air yaitu ombak, waterboom dll.
      2.   Dufan merupakan salah satu area bermain di taman jaya ancol. Di dufan terdapat berbagai macam permainan yang sangat menarik dan banyak diminati oleh para pengunjung, tidak pandang usia baik anak-anak maupun dewasa.

B.  SARAN
                  Jika berkenan menerima, kami memberi saran agar:
      1.   Karya wisata ini sebaiknya dilaksanakan setiap tahun, selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta memperdalam pengalaman, juga dapat mengetahui berbagai kegiatan atau wahana yang belum sama sekali kami ketahui.
      2.   Kewajiban pembuatan karya tulis sebagai syarat untuk ujian praktek ini harus dipertegas supaya siswa-siswi yang mengerjakan laporan ini tidak terlalu menyepelekan hal tersebut, dan para siswa-siswi dapat menyelesaikan tepat waktu.

DAFTAR PUSTAKA

Badudu, J.S. 1983. Membina Bahasa Buku. Balai Pustaka.
Pendit Nyoman, S. 1990. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.
Tarigan Djago. 1995. Pengetahuan dan Penerapan Bahasa Indonesia.
Tarigan Djago. 1995. Pengetahuan dan Berbahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.



LAPORAN KEGIATAN
KARYA WISATA KE JAKARTA


Diajukan untuk menempuh Ujian  Nasional dan Ujian Akhir Sekolah
Tahun Pelajaran 2011/2012



Disusun oleh:
1.   Diyah Ayu Noorlita
2.   Fais Fahrudin
3.   Rafika Defi
4.   Esa Mei Handayani


SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
SMP NEGERI 2 NALUMSARI
TAHUN 2011/2012

PENGESAHAN


Laporan ini diterima dan disahkan di Nalumsari Jepara pada:
Hari           :
Tanggal     :




Oleh:
Pembimbing I




Drs. Edi Susanto
NIP. 19661225 199903 1 003
Pembimbing II




Nis Solikhah, S.Pd
NIP. 19760330 200801 2 004


Mengetahui
Kepala SMPN 2 Nalumsari




Drs. Noor Yadi
NIP. 19630519 198903 1 004






MOTTO
§  Kejarlah ilmu sampai ke negeri cina
§  Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda
§  Kesombongan adalah awal dari kegagalan





PERSEMBAHAN


Dengan diiringi kasih sayang yang tulus dari hati yang terdalam, karya tulis ini kami persembahkan untuk:
1.   Bapak Drs. Noor Yadi Kepala SMPN 2 Nalumsari
2.   Bapak dan Ibu guru beserta staf TU SMPN 2 Nalumsari
3.   Adik-adik kelas tersayang
4.   Pembaca yang budiman

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas menyusun laporan karya wisata dengan baik.
Karya tulis ini kami buat semaksimal mungkin agar dapat kami ajukan untuk memenuhi syarat menempuh Ujian Nasional dan Ujian Akhir Sekolah tahun pelajaran 2011/2012.
Karya tulis ini kami susun berdasarkan data yang kami peroleh melalui observasi secara langsung dan rujukan dari beberapa sumber ketika kami melaksanakan karya wisata ke beberapa objek wisata di Jakarta pada tanggal 26 – 28 Juni 2011.
Dalam melakukan kegiatan observasi di objek-objek wisata yang kami lengkapi dengan catatan yang kami sertai data objektif dan foto yang berhasil kami ambil.
Kami sampaikan rasa terima kasih pada pihak yang telah membantu menyelesaikan karya tulis ini, khususnya pada guru pembimbing kami.
Akhir kata, seperti pepatah mengatakan “Tiada gading yang tak retak” demikian juga dengan buku ini. Oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritikan yang membangun demi kesempurnaan karya tulis ini.





Jepara,
Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL  .........................................................................................         i
HALAMAN PENGESAHAN ............................................................................        ii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ......................................................................       iii
KATA PENGANTAR .......................................................................................       iv
DAFTAR ISI ......................................................................................................        v

BAB I   PENDAHULUAN ................................................................................         
              A.    Latar Belakang Masalah ...............................................................
              B.    Tujuan Penulisan Laporan .............................................................
              C.    Teknik Pengumpulan Data ............................................................
              D.    Identifikasi Masalah ......................................................................
              E.     Sistematika Penulisan ....................................................................
              F.     Jadwal Kegiatan ...........................................................................

BAB II  DESKRIPSI OBJEK WISATA
              A.    Monas ............................................................................................
              B.    Pantai Marina Ancol .....................................................................
              C.    Gelanggang Samudra dan Dufan ...................................................

BAB III        PENUTUP
              A.    Simpulan .......................................................................................
              B.    Saran  .............................................................................................
              C.    Daftar Pustaka ...............................................................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

TUGAS AKHIR PROGRAM

WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA