PROBLEM PENDIDIKAN DI INDON



KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur penulis haturkan kepada Allah SWT, sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah yang membahas tentang problematika pendidikan yang dialami oleh bangsa Indonesia.

Kemudian shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah bagi Rasulullah SAW beserta keluarga, sahabat dan pengikut-pengikutnya. Amiin.

Dalam penyusunan ini penulis telah menggunakan materi dari berbagai literatur dengan berpedoman pada rambu-rambu pelaksanaan Mata Kuliah Pengantar Pendidikan, karenanya diharapkan dapat membantu pembaca untuk memahami problematika pendidikan yang sedang terjadi di Indonesia. Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada Drs. Sajad Abdi M.Pd selaku pembimbing.

Penulis menyadari penyusunan makalah ini masih dari sempurna, karenanya kritik dan saran sangat diharapkan.


Jepara, 6 Desember 2008


Penulis

BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan merupakan tulang punggung pembangunan suatu bangsa. Tak heran apabila kemajuan suatu bangsa dapat suatu bangsa dapat dilihat dari aspek yang satu ini, karena dari sinilah generasi bangsa berkualitas muncul, memandang pendidikan yang sangat vital tersebut, tentu wajib aspek yang satu ini dikelola dan diberi perhatian lebih bangsa ini.
Apalagi dewasa ini masalah – masalah yang terjadi di dalam dunia pendidikan di Indonesia saat ini sangat kompleks, rumit, bermakna ganda dan kait – mengait antara masalah satu dengan masalah lainnya. Sebab munculnya satu masalah akan diikuti oleh munculnya masalah lainnya bahkan seringkali masalah pendidikan saling berbarengan, masalah di definisikan sebagai kesenjangan antara apa yang senyatanya terjadi dengan apa yang seharusnya terjadi terjadi. Dengan pengertian ini, maka pembahasan tentang masalah pendidikan sangatlah luas khususnya pendidikan di Indonesia.
Kurangnya sarana prasarana merupakan salah satu masalah pendidikan di Indonesia, selain itu masih rendahnya mutu pendidikan di semua jenjang dan yang paling berpengaruh adalah mahalnya pendidikan.

B.   RUMUSAN MASALAH
Ada beberapa masalah – masalah pendidikan yang akan dibahas di dalam makalah ini, melalui beberapa rumusan, antara lain :
1.   Problematika pendidikan di Indonesia
2.   Faktor–faktor yang mempengaruhi berkembangnya permasalahan pendidikan
3.   Solusi untuk mengatasi permasalahan pendidikan

BAB II
ISI

A.   PEMBAHASAN
1.   Problematika Pendidikan Di Indonesia
Problematika pendidikan di Indonesia saat ini terdiri dari berbagai macam hal, antara lain :
? Rendahnya Kualitas Guru
Guru adalah orang yang sangat berpengaruh dalam pendidikan. Jadi apabila kualitas seorang guru itu rendah maka bisa bermasalah dalam kegiatan belajar mengajar.
? Kurangnya sarana dan prasarana
Kurangnya sarana dan prasarana, hal ini banyak terjadi di Indonesia terutama di luar Pulau Jawa dan desa-desa terpencil. Ini menyebabkan bakat di luar yang dimiliki oleh siswa tidak bida berjalan dengan maksimal. Dalam proses pembelajaran tidak bisa berjalan dengan maksimal.
? Mahalnya biaya pendidikan
Pemerintah boleh saja menganggarkan sebesar 20 % dari APBN untuk pendidikan seperti memberikan BOS (Bantuan Operasional Sekolah), BKMM (Bantuan Masyarakat Miskin) dan yang lainnya, tetapi dalam kenyataannya masih rancu alokasinya.
? Rendahnya prestasi siswa
Semakin rendahnya prestasi siswa maka semakin menurunnya kualitas pendidikan. Ini disebabkan karena rendahnya kualitas siswa.
? Pemerataan pendidikan belum terjangkau semua anak usia sekolah
Hal ini bisa terjadi karena di daerah tersebut belum memiliki fasilitas sekolah sehingga menghambat anak yang seharusnya sekolah tetapi tidak bisa.
? Rendahnya kualitas pendidikan
Ditinjau dari segi proses, pendidikan dikatakan berkualitas apabila proses belajar mengajar lebih bermakna, dan proses pendidikan yang berkualitas ini akan menghasilkan produk yang berkualitas pula.
? Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan
Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan peserta didik, keluarga dan pembangunan yang mencakup berbagai sektor dan sub sektor. Dalam kenyataannya tidak selamanya kebutuhan itu sejalan satu dengan lainnya.

2.   Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Berkembangnya Permasalahan Pendidikan
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pendidikan dan menjadi sumber masalah pokok pendidikan, diantaranya adalah :
@ Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Kecepatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta temuan-temuannya di masyarakat sudah sangat banyak sementara dunia pendidikan masih bergelayutan dengan masalah kemarin dan kekinian.
@ Laju pertumbuhan penduduk
Menumpuknya penduduk di suatu wilayah akan menimbulkan masalah-masalah di bidang pendidikan, seperti penyediaan gedung, sarana prasarana dan biaya yang tidak sedikit. Dan wilayah yang penduduknya kurang padat timbul masalah baru seperti sarana dan prasarana yang telah tersedia tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.
@ Aspirasi masyarakat
Aspirasi dan tuntutan masyarakat terhadap pendidikan yang sangat baik terus menerus berkembang sangat cepat untuk memenuhi tuntutan ini pendidikan harus memiliki idealisme yang diwujudkan dalam bentuk tindakan-tindakan nyata.
@ Keterbelakangan budaya
Faktor budaya paling adalah di bidang sistem nilai dan berbagai corak adat istiadat sehinggapendidikan harus mampu tanggapan terhadap tekanan – tekanan budaya.
3.   Solusi untuk mengatasi permasalahan pendidikan
a.    Solusi Sistematik
Solusi ini mengubah sistem – sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan.
ü  Pemenuhan kebutuhan individu peserta didik dan tenaga kerja melalui cooperative education (dua sistem)
ü  Perluasan investasi untuk infrastruktur dan tenaga kependidikan
ü  Peningkatan perhatian kepada daerah-daerah terpencil ataupun masyarakat miskin
ü  Memperbanyak pelajaran praktek lapangan (PPL) dan peningkatan program ketrampilan di luar sekolah
ü  Meningkatkan pengawasan dan pengendalian mutu

b.    Solusi Teknis
Solusi ini menyangkut hal-hal teknis yang berkaitan langsung dengan pendidikan, diantaranya :
ü  Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan
ü  Penataan sistem perjurusan di SMA dengan lebih menekankan kepada pilihan berdasarkan minat dan kemampuan
ü  Standarisasi dalam penyelenggaraan pendidikan
ü  Kendali mutu pendidikan pada tingkat makro, meso dan mikro melalui evaluasi pembelajaran.

BAB III
PENUTUP

A.   KESIMPULAN
Dewasa ini problematika pendidikan yang dialami di Indonesia sangatlah kompleks, padahal pendidikan merupakan tulang punggung pembangunan suatu bangsa. Salah satu masalahnya adalah kurangnya sarana dan prasarana & mahalnya biaya pendidikan. Untuk itu pemerintah harus pandai mengatsi masalah-masalah tersebut, walaupun dalam kenyataannya pemerintah sudah mengatasi masalah-masalah diatas akan tetapi dalam perwujudannya masih rancu.

Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan bagi kami selaku penulis pada khususnya. Dan apabila makalah ini ada kesalahan dalam penyampaiannya, kami mohon sarandan kritik pembaca untuk pembuatan makalah selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Bola Besar

TUGAS AKHIR PROGRAM

WISATA PULAU BALI DAN LAPORAN PERJALANAN WISATA